Tata surya di bintang IRAS 05413-0104 sedang membentuk tata surya dengan planet


Science | 21 April 2017

Bintang baru muncul dengan planet disekitar bintang IRAS 05413-0104

Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Tata surya IRAS 05413-0104 awalnya tidak terlihat jelas. Tapi mengunakan teleskop ALMA yang dibangun senilai 1,4 miliar dollar. Bentuk tata surya IRAS 05413-0104 dapat terlihat.

Tim peneliti mendapatkan resolusi gambar paling jelas dari gambar sebelumnya. Detil gambar lebih tajam dibanding gambara teleksop lain.

Bintang IRAS 05413-0104 sedang membentuk piring dan berputar. Disk diluar tengah bintang diyakini terkandung materi batuan atau debu silikat, besi dan bahan dari bintang serta menyediakan bahan untuk bintang sendiri.

Terlihat disk pada gambar dibawah ini memiliki lapisan luar lebih terang, layaknya seperti hamburger kata peneliti.

Tata surya di bintang IRAS 05413-0104 sedang membentuk tata surya dengan planet

Gambar kiri menampakan adanya jet yang terlontar dari aktivitasi protobintang. Tiang berbentuk garis diagonal dikenal sebagai jet.
Gambar kanan atas, bentuk gambar tata surya IRAS 05413-0104 terlihat jelas memiliki cincin dari debu atau gas dengan radius lebih jauh dari planet Neptunus.

Akresi disk yang tertangkap teleskop memiliki jarak sampai 200 AU (200x rentang jarak matahari ke Bumi)

Gambar kanan bawah, bentuk pendinginan suhu diluar akresi disk di tata surya tersebut. Bagian luar memperlihatkan sisi lebih dingin.

Disini kita melihat sebuah proto bintang atau cikal bakal dari lahirnya bintang. Termasuk protoplanet, tentu saja nantinya ada planet akan muncul disekitar bintang ini.

Artikel Lain

Ditemukan planet yang masih terus tumbuh, diperkirakan telah memiliki besar 2x dari planet Jupiter. Planet paling muda yang pernah di citrakan oleh teleskop Hubble. Planet PDS 70b masih aktif mengambil materi untuk pembentuk massa planet. Setidaknya 2 planet di telah ditemukan di tata surya PDS 70

Tata surya Trappist terlihat ada 7 planet. Tapi hanya 3 planet berada di zona habitat. Apakah bintang yang lebih kecil membuat planet layak huni. Peneliti mengatakan itu hanya salah satu faktor, komposisi planet terlihat mirip dengan beberapa kemungkinan interior mantel planet



Astronom telah mengamati sistem tiga bintang tapi yang uniknya karena tidak mengorbit seperti biasa. Melainkan melengkungkan dan membelah cakram planetnya menjadi bentuk baru yang aneh dan banyak cincin. Setidaknya ada 3 ring dari tata surya ini dapat terlihat. Mengapa cincin ditengah hilang, 2 hipotesa dari astronom

Di tata surya LTT 1445 tidak hanya memilki satu matahari , tapi 3 matahari. Jaraknya dari Bumi sekitar 22,5 tahun cahaya. Nama bintang beberapa bintang di tempat yang disebut LTT 1445 juga dikenal dengan nama TIC 98796344, TOI 455, L 730-18. Disana diperkirakan ada sebuah planet dengannama LTT 1445Ab, sebuah planer berbatu walau bobotnya lebih besar dari Bumi.

Di abad ke 17 Charles Messier astronom menemukan banyak benda di ruang angkasa. 93 nama masuk daftar di katalog Messier. Hubble membuat daftar benda ruang angkasa. Dari kelompok bintang, galaksi dan tentu saja yang baru ditemukan. Tentu dengan detil gambar dari teknologi di abad ke 20.

Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6. Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.

Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari. Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta



Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi

Disebut Quintubple star system atau tata surya dengan 4 bintang. Diberi nama 1SWASP J093010.78+533859.5 dan terletak 250 tahun cahaya dari Bumi. Lokasinya ada di daerah Ursa Major, ke empat dari 5 bintang bintang tersebut sudah di pelajari sejak tahun 20113 oleh Marcus Lohr

Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya



Youtube Obengplus

Trend