Galaksi Antennae atau NGC 4038 NGC 4039 sedang bertabrakan


   Science | 24 January 2017

2 galaksi bertabrakan memicu starburst atau munculnya bintang baru

Galaksi antennae atau 2 galaksi NGC 4038 NGC 4039 adalah sepasang galaksi yang terletak di konstelasi Corvus.

Foto ini diabadikan ketika terjadi masa fase starburst atau terbentuknya banyak bintang tingkat tinggi.

Letak kedua galaksi berada 65 juta tahun cahaya dari Bumi.

Mengapa tabrakan galaksi dapat memicu bintang baru.
Galaksi terbentuk dari gas dan debu, menjadi kumpulan bintang, planet dan lainnya.

Bila kumpulan gas raksasa mulai bergerak, lalu terakumulasi akan membentuk bintang.
Bumi memiliki bintang disebut Matahari, dan jarak bintang terdekat adalah Proxima dengan jarak 4,5 tahun cahaya.
Tapi di beberapa tempat dimana gas dan debu terakumulasi dalam jumlah sangat besar. Dapat melahirkan area dengan kepadatan bintang dalam jumlah besar.

Tentang semua gas di kedua galaksi tersebut sedang di konsumsi atau memicu menjadi bintang dalam waktu lebih singkat. Akibat gaya tarik atau gravitasi dari kedua galaksi.

Rata rata terjadinya Starburst dipicu oleh pengabungan 2 galaksi atau lebih, terlebih ketika keduanya mulai bertemu. Termasuk galaksi Starburst seperti M82 dan IC10 ini.

Galakasi Antennae terletak di grup NGC 4038 dimana  ada 5 galaksi lain yang saling berdekatan.
Sedangkan 2 galaksi yang disebut galaksi Antennae terlihat membuat buntut panjang, terbentuk dari cahaya bintang, dari akumulasi gas dan debu yang terlempar keluar.
Itulah nama unik yang dinamai antena, karena galaksi seperti membentuk antena serangga.

Akibat dua galaksi yang sedang bertabrakan, akan terbentuk kelompok bintang muda atau dikenal dengan globular cluster.

Cerita 2 galaksi ini dimulai sejak 1,2 miliar tahun lalu ketika terbentuknya antena di dua galaksi.
Keduanya adalah galaksi spiral.

Sebelum bertabrakan, NGC 4039 memiliki ukuran lebih besar dari NGC 4038. Sekitar 900 juta tahun lalu, keduanya mulai saling mendekat.

600 juta tahun lalu akhirnya keduanya saling bertemu. Setelah pertemuan tersebut, 400 juta tahun nanti kedua inti galaksi akan bertemu, serta orbit semua bintang, debu dan gas akan kembali membentuk galaksi yang baru.
Melihat pertemuan kedua galaksi, nantinya akan membentuk sebuah galaksi tapi tidak spiral, melainkan memiliki bentuk elips tapi ukurannya lebih besar.

Bila dilihat foto dibawah ini, galaksi Antennae akan terlihat banyak warna biru.
Warna biru disamakan mewakili miliaran bintang muda yang sangat panas, terlihat berada di sisi tepi galaksi.

Foto kiri diambil dari camera WFC3 dari teleskop Hubble pada tahun 2013. Gambar kanan diambil dari teleskop Atacama Large Millimeter dengan sensor teleskop radio, gabungan gambar Hubble

2 galaksi bertabrakan disebut galaksi Antennae

Info Nasa Hubble ESA

Artikel Lain

Teleskop Euclid mengirim gambar gugus galaksi Abell 2390. Apa yang dilihat disana, ada 5000 galaksi di satu area saja. Gambar terlihat seperti ada corengan kecil, yang lain melingkar. Efek dari gravitasi lensa di ruang angkasa.

Sebuah supernova SN2018gv tertangkap teleskop Hubble. Walau kilatan cahaya dari ledakan bintang setara miliaran kecerahan Matahari. Hubble berhasil mengamati selama 1 tahun lebih. Ketika kecerahan meningkat di awal bintang meledak, akibat terganggu dengan bintang pasangannya bintang katai putih



Galaksi XMM-2599 disebut sebagai monster galaksi. Ketika alam semesta baru kurang dari 1 miliar tahun. Disana terus membentuk bintang baru yang sangat cepat. Mencapai 1000 bintang pertahun. Masalahnya kemana galaksi tersebut sekarang, terhintung waktu saat ini adalah 13,8 miliar tahun setelah big bang

Bagian luar galaksi olahraga lengan spiral besar yang membentuk pseudoring yang mengelilingi galaksi. Sementara bagian dalam yang unik, Di bagian dalam galaksi ditemukan tidak stabil terlihat dalam bentuk warna seperti kabut. Bertentangan dengan bagian luar yang terlihat sudah membentuk lengan galaksi.


El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.

Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.



Sebuah galaksi NGC 7674 ini bukan memiliki 1 lubang hitam, tapi 2 lubang hitam atau black hole. Dan bukan lubang hitam kecil, tapi lubang hitam ukuran supermasif seperti yang ada di tengah setiap galaksi.. Galaksi NGC 7674 berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi.

Nebula NGC 2438 atau nama lain Rotten Egg diabadikan teleskop Hubble. Awan kuning yang terlihat pada gambar adalah semburan materi dari sebuah bintang. Mengapa benda ini disebut Planetary Nebula

Walau teleskop Hubble sudah berumur 24 tahun, kemampuan teleskop ini masih handal untuk melihat apa benda yang terjadi di alam semesta. Salah satunya foto dibawah ini. Diambil selama 841 kali mengorbit dari bumi, dan menangkap gambar dari 10 ribu galaksi. Foto ini mengambarkan galaksi yang sangat jauh

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip



Youtube Obengplus

Trend