Hakko Presto 981 dan komponen solder klasik


Stuff | 19 July 2016

Memperbaiki peralatan elektronik atau sekedar hobi, umumnya kita tidak lepas dari peralatan solder listrik.

Seperti memperbaiki kapasitor kembung di perangkat elektronik, memasang baterai paralel dengan kabel, membuat lampu dengan power baterai, memperbaiki jalur board yang rusak atau memperbaiki kabel mouse yang rusak dan lainnya. Pasti peralatan utama yang dibutuhkan adalah solder, dan multitester

Kali ini menceritakan solder Hakko 981 salah solder umum dengan usia pemakaian yang lama.

Solder Hakko 981 mungkin solder elektronik legendaris, di pasarkan sejak 10 tahun lalu atau mungkin lebih. Desain solder ini tidak berubah, tapi kemampuannya dengan kualitas komponen baik, dan tidak cepat rusak.

Banyak solder murah dan berkualitas, rata rata harga solder berkualitas kurang lebih 100 ribu. Dengan desain single power antara 20W - 30W, setelah di aktifkan, maka solder akan panas dengan power 20-30W.

Satu rekan penulis kami masih mengunakan solder tua model Hakko 981. Karena sudah lama banget dipakai tapi masih awet.
Hanya bagian mata solder atau tip soldering Hakko 981 mulai terkisis. Bukan rusak tapi salah pemakaian, karena mata solder dianggap kotor dan sering digosok.

Solder untuk antisuas elektronik seperti model Hakko 981 memiliki fitur tambahan, memiliki switch power 20W dan 130W.  Terdapat sebuah tombol untuk memberi  peningkatnan power 20W ke 130W, fungsinya meningkatkan panas mata solder.

Solder Hakko baru tidak murah, bila anda dahulu masih mengunakannya, misalnya 10-15 tahun lalu tidak sampai 200 ribuan, sekarang jangan ditanya, karena sudah 2x lipat.
.
Untuk mengetahui harga komponen penganti dapat dilihat di dealer resmi di Singapura Hakko SG, disana akan tertera harga komponen asli.
Itulah pemasaran Jepang, barang 15 tahun lalu masih tersedia spare-part. Harganya ngak mahal mahal banget dibanding harga baru..



Karena mata solder memiliki disain berbeda-beda.
Disini perbedaan mata solder biasa dengan solder khusus seperti produk Hakko.

Lapisan luar ujung mata solder atau "tip" Hakko 981 dibuat lapisan sebelum bagian tembaga penghantar panas. Coating tersebut perlahan dapat terkikis atau kita sering mengosok untuk membersihkan di bagian permukaan crhome..

Sebagai referensi dapat dilihat perbedaan disain mata solder biasa dengan mata solder khusus di kalangan antusias.
Berbeda dengan mata solder biasa, mata solder "tip" Hakko memiliki inti dengan bahan tembaga, dan di bagian luar dengan lapisan khusus..

Bila mengunakan solder dengan komposisi bahan seperti ini, sebaiknya tidak membersihkan dengan bahan yang merusak dan dapat mengikis permukaan solder.
Karena dapat merusak pelapis chrome di mata solder bagian luar sampai akhirnya muncul bagian tembaga di bagian dalam.


Bila mata solder sudah muncul tembaga, timah sering menempel dan tidak mudah lepas. Menganggu proses penyolderan, seperti itulah.

Seperti bagan dibawah ini, mata solder Hakko 981 mengunakan pelapis dibagian luar, disusul besi dan bagian dalam tembaga.



Bagaimana bila tip solder yang dipakai ternyata rusak, atau terkikis.
Tentu membeli komponen Tip penganti yang baru.

Suku cadangnya tidak masalah, Hakko memiliki perwakilan di Indonesia. Bahkan menjual unit solder sampai kelas industri, atau mencari di Marketplace..

Mencari penganti tips solder, ada yang dijual terpisah.
Tip lengkap termasuk slongsong mata solder, atau tip / bagian ujung solder saja (lebih murah)
Pastikan nomor seri mata solder yang tepat, mengingat Hakko memiliki beberapa model mata solder. Kelihatannya sama, tapi berbeda.

Seperti gambar dibawah ini sebuah solder Hakko 981, entah dibeli tahun 2026 dan masih bekerja dengan baik sampai 2023.
Bagian thermal panas berbentuk keramik hanya mengalami sedikit kerusakan di bagian ujung mata solder.

Bila anda ingin memeriksa keramik untuk panas solder
Selama bagian heater atau pemanas solder berbahan keramik tersebut masih terlihat putih (tidak menghitam) dan memiliki panas yang cukup. Artinya solder masih memberikan panas yang baik.
Kerusakan heater /  pemanas solder biasanya muncul warna menghitam sampai ke seluruh bagian batang pemanas tersebut.

Gambar tip yang sudah dipasang di heater (kiri), slongsong / cover solder yang baru (tengah), dan kanan mata solder terkisisi (kanan)



Dibawah ini konstruksi solder elektronik Hakko 981

Part replacement Hakko 981



Dibawah bagian mata solder Hakko 981 dibuka seluruhnya.
Dari kiri adalah heater ceramic sebagai elemen pemanas, slongsong penutup solder, tip atau mata solder Hakko yang biasanya mengalami kerusakan, pelapis dari selongsong mata solder dan terakhir penahan bagian belakang serta baut penutup.




Terlihat solder tua tampil seperti baru, kecuali bodi yang lawas.



Di toko online dijual tip saja, dan paket slongsong + tip.
Bila membli tip saja, pastikan mengetahui cara mengeluarkan tip solder lama.
Umumnya tip solder yang akan diganti macet dibagian penahan slongsong solder.




Perawatan soldering tipe ini atau soldering antusias.
Perhatikan bahan mata solder yang dipakai. Bila disain mata solder seperti produk Hakko, jangan menjatuhkan mata solder ke permukaan keras, karena mata solder dapat bengkok.
Tidak membersihkan mata solder dengan benda keras seperti amplas dan bahan metal karena dapat merusak lapisan pelindung chrome.
Bersihkan mata solder setelah dipakai.
Buka mata solder secara periodik, seperti bagian Element Cover. Agar tidak macet ketika dibuka.

Semoga informasi ini bermanfaat pagi penguna Hakko soldering. Tertarik melihat pelajaran soldering, dapat dilihat di website Hakko Jepang.
Untuk mata solder atau tip sudah tersedia via marketplace. Pastikan model solder yang digunakan, cocok dengan kepala solder / tip penganti.


Artikel Lain

Jam dinding rumah mati atau rusak, yakin itu rusak. Ada 2 cara perbaikan, dengan melihat kerusakan dari jam dinding. Bila detik bergerak tapi tidak berputar, jam tidak rusak, hanya macet dan mudah diperbaiki. Bila jam di pasang baterai tapi tidak ada suara jam, masalah di konektor baterai jam dinding.

Jangan mengunakan camera langsung  ke cahaya matahari, hanya untuk membuat foto matahari. Bukan gambar yang di dapat, kemungkinan terjadi kerusakan sensor camera. Karena sensor camera akan terkena cahaya yang fokus dari  lensa sampai membakar bagian dalam camera.



Bagi kita yang tidak pernah menjalankan atau mengamati secara seksama, tanda DE sering terlihat di layar panel mesin cuci Samsung. DE - Door Error. DE adalah pesan bahwa pintu mesin cuci belum ditutup. Samsung Error LE, Le, lE, le, 1E, 1e level air mengisi terus. Error 4E masalah sensor tidak menditeksi air dengan benar, mudah di perbaiki.

Kerusakan modem router suka putus sambung, mati mendadak salah satu ciri kerusakan di kapasitor. Monitor LCD model lama mati hidup. Tidak semua komponen tahan, maklum di produksi dengan komponen murah. Bagaimana memperbaiki kerusakan kapasitor dan menganti dengan kapasitor baru.

Memiliki AC dirumah, biasanya memberikan udara dingin. Setelah lebih dari setahun , AC menjadi tidak dingin lagi. Namanya saja mesin, tentu perlu perawatan. Tapi tidak semua memerlukan perbaikan seperti AC kurang dingin, bahkan bisa menghemat listrik. Intensitas pengunaan AC meningkatkan suhu dalam kota walau malam hari.



Youtube Obengplus

Trend