Cool Chip Kinetic heatsink pendingin teknologi Kinetik


Hardware | 5 July 2016

Penelitian Sandia National Laboratories di tahun 2011 membuat disain cooler untuk CPU yang tidak biasa. Mengunakan heatsink dengan fan yang berputar. Disain heatsink tersebut mampu mendinginkan procesor lebih baik, dan mengurangi debu yang menumpuk dibagian heatsink

Tahun 2015 lalu, produsen Cooler Master menampilkan teknologi yang sama dengan nama Kinetic Cooling.

Sampai akhirnya Cool Chip membuat dan memasarkan disain pendingin CPU untuk Skylake procesor. Untuk disain awal, heatsink tersebut dirancang untuk procesor Skylake sampai 70W.

Bagian tengah heatsink memiliki bentuk rotari sebagai fan. Udara fan akan mentranfer panas di sirip heatsink dalam proses pendingan.

Model 1U Kinetic Cooler hanya memiliki berat 27g. dirancang sebagai pendingin server computer model 1U. Putaran fan hanya bekerja pada kecepatan 1500-2500 rpm. Memberikan suara fan antara 13-25dBa. Untuk kinerja, fan dapat dipakai selama 100 ribu jam pada suhu 65 deg.C

Model lain dari HPC Kinetic Cooler. Yang satu ini lebih canggih dengan teknologi heatpipe. Memiliki diamter 140mm dan tinggi 55mm. Memberikan arus udara sampai 30CFM.

Bagaimana cara kerja fan Kinetik. Bagian fan dibuat dari bahan metal. Membantu mendinginkan sirip heatsink termasuk fan heatsink bersamaan.

Heatsink fan dengan teknologi Kinetik

Artikel Lain

Produsen cooler model Watercooler tidak mengunakan material sesuai spesifikasi. Ada beberapa model tidak mengunakan bahan tembaga murni, tembaga dengan campuran seng. Tes Igor bukan untuk tes kemampuan pendingin, tapi kritik bagi merek agar mereka memeriksa produk sebelum dijual.

Seasonic MagFlow 120 ARGB saling terhubung mengunakan magnet. Konektor otomatis menyatukan koneksi antara fan seperti bagian power konektor. Lampu LED membuat tampilan fan lebih menarik, kemampuan Fluid Bearing yang tahan lama.



Tim Berkeley menemukan teknik baru pendingin yang sangat efisien bagi chip semikondutor, penghantar panas bahan tembaga yang ditingkatkan sampai 700 persen dari heatsink konvensional. Teknik lebih murah tapi sangat efisien.

Intel memiliki paket heatsink Intel RH1 Intel RM1 dan Intel RS1. Disain heatsink baru cukup baik, disertakan dalam paket. Performa CPU Core i5 12400 dapat bertahan sekitar 73 deg.C. Tapi hanya diberikan untuk paket CPU seri standar.

Xiaomi kembangkan Loop LiquidCool pendingin CPU smartphone dengan sistem pasif cairan. Mempertahankan suhu CPU bekerja lebih rendah 8 deg.C dari lain. Prinsip kerja meniru pendingin di dunia penerbangan. Mengabungkan evaporator, kondensor dan ruang pengisian.

Raijintek Eris Evo menawarkan disain case dengan banyak tempat fan. Mungkin kita kewalahan untuk membeli fan, 20 unit dapat dipasang. Tidak hanya pendingin, dengan 8 tempat slot untuk perangkat computer, dan 2 tempat untuk pendingin water cooler CPU. Kalau butuh case bling bling dengan fan warna warni, yang ini pasti kelihatan di segala sudut.

Cooler Master MasterAir MA620M heatsink dengan 6 heatpipe, disain untuk modder PC. Pendingin procesor Intel atau AMD, lampu RGB, dan single fan saja. Heatsink dirancang lebih tengah dan bodi tertutup case cooler yang menjadi bagian lampu. Berat heatsink sendiri mencapai 1,6kg



Heatsink pendingin Cooler Master MA621P tampil dengan 6 heatpipe. Ditawarkan dengan harga budget untuk kelas cooler performa. Ditampang bling bling lampu RGB LED, dan sistem pendingin fan yang rendah noise. Walau disainnya sederhana, kontak heatpipe ke heatsink procesor langsung di dinginkan pada bagian pipa tembaga

Dua cooler atau pendingin CPU ditawarkan oleh perusahaan CoolerMaster. CoolerMaster MasterAir MA620P dan MA621P, mengunakan 2 fan dengan lampu RGB. CoolerMaster mengatakan fan baru seri 600 ini dapat digunakan untuk procesor dengan TDP 200W.

Gelid Phantom cooler untuk procesor dengan disain tower. Mengunakan heatpipe besar di beberapa bagian dengan ukuran 8mm. Total 7 heatpipe untuk menghantar panas procesor ke bagian sirip pendingin. 5 heatpipe terhubung bagian kontak di bagian tembaga ke bagian kepala procesor

Gigabyte Aorus ATC700 tampil dengan penutup plastik serta menyalakan lampu. Dan menampilkan lampu LED RGB dengan tren modder case saat ini. Semakin tinggi kecepatan putaran fan akan berhubungan dengan warna lampu RGB di logo Aorus.

Corsair tampilkan fan untuk builder computer. Mengunakan teknologi Maglev atau Magnetic Levitation fan. Memiliki ukuran fan 120mm dan 140mm. Keunggulan fan ada di teknologi performa fan tapi rendah noise.

Enermax DF Fan adalah fan pendingin, tapi memiliki putaran di awal bekerja dengan kipas terbalik. Bukan kipasnya dibalik, tapi putaran kipasnya mengarahkan udara mundur selama 10 detik baru kembali bekerja normal.



Youtube Obengplus

Trend