Membeli lensa dengan merek sama, atau berbeda merek


Product | 6 January 2013

Ingin membeli lensa untuk camera DSLR, tunggu dulu. Pengalaman dari Joson bisa menjadi saran yang baik.

Bila harus mengambil keputusan antara, membeli lensa dari merek tabg sama, atau membeli lensa berbeda merek dengan merek camera. Ada beberapa saran dari Joson D, seorang photographer. Bagaimana bila Nikon mengunakan lensa Tamron, Tokina atau Sigma, atau lebih baik mengunakan Nikon dengan lensa Nikon.

Lensa asli dari pabrik camera

Keuntungan

  • Kekuatan dan kualitas yang di uji oleh pabrik sesuai camera mereka.
  • Fitur sudah pasti sama dengan kebutuhan camera yang mereka buat.
  • Kompatibel.
  • Produk camera dengan lensa yang sama, tidak pernah error atau malfunction.

Kekurangan

  • Mahal

 

Mengunakan lensa berbeda dari merek camera (misalnya Canon camera dengan lensa Tamron)

Keuntungan

  • Relatif lebih murah. Alasannya pabrikan lensa tidak memiliki biaya iklan yang besar.
  • Menjadi pilihan bila merek camera tidak memiliki lensa yang dibutuhkan, dan hanya tersedia dari merek lain

Kekurangan

  • Terkadang masalah pada kualitas, bodi plastik yang lebih rendah
  • Fitur teknologi masih tertinggal dibanding lensa asli. Seperti Canon sudah mengunakan USM, sementara lensa kompatibel baru keluar dengan teknologi yang mirip.
  • Lensa non pabrikan camera, terkadang baik disatu sisi. Tetapi kurang disisi lain

Tidak semua lensa non produsen camera kurang baik. Contoh Tamron 17-50mm memiliki kualitas gambar sangat baik. Jangan terburu buru melihat lensa murah dan membeli bila tidak ada kebutuhan untuk pemakaian tertentu. Bila harga tidak banyak berbeda, sebaiknya memilih lensa dengan merek camera yang sama. Kecuali beberapa lensa khusus yang dibuat pabrikan papan atas seperti Carl Zeis, biasanya memiliki fitur yang tidak bisa di dapat oleh lensa asli bahkan tidak tersedia.

Saran lain adalah menanyakan kepada mereka yang sudah pernah memakai, mencari informasi dari sumber berbeda dan melihat hasil foto dari lensa tersebut melalui situs penyimpan gambar seperti Flikr. Disana banyak sekali hasil foto dan bisa mencari data jenis camera dan lensa yang dipakai.


Artikel Lain

Apa kata penting tentang fotographer. Lensa atau bodi camera, pastinya lensa. Bodi camera akan usang dalam 3-5 tahun. Apakah lensa kit yang diberikan ketika membeli camera DSLR kurang berkualitas, karena harganya memang murah.

Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.



Metabones Speed Booster adapter sebuah perangkat adapter dilengkapi sebuah lensa di dalamnya. Bukan adapter biasa, tetapi membantu lensa utama menjadi lebih tajam, dan lebih lebar mengambil objek. Tetapi Speed Booster menurunkan focal pada gambar yang tertangkap oleh lensa dengan x0.71.

Tidak salah Lensa canon 85mm 1.2. Lensa besar. Harga lensa Canon EF 85mm f1.2L II USM sekitar $1.700. Kecil tapi sangat mantap untuk foto close up.



Youtube Obengplus

Trend