Dampak harddisk dipasang vertikal, apakah berdampak dengan umur pemakaian


   Hardware | 10 November 2012

Akhirnya ada sebuah berita yang menjelaskan cara dan dampak pemasangan harddisk vertikal dan horizontal.

Apakah pemasangan berbeda posisi harddisk dapat mempengaruhi umur harddisk.

Jawabannya tidak.

Mungkin sedikit berpengaruhi dengan umur harddisk tetapi tidak signifikan.

Dari superuser mengatakan pihak produsen mengijinkan pemasangan harddisk baik vertikal dan horizontal.

Apakah perbedaan bila harddisk dipasang mengarah ke atas dan mendatar. Ini perlu di perhatikan.

Harddisk yang di pasang mendatar / horizontal memberikan transfer panas lebih baik.

Udara panas akan naik ke arah atas dan bodi harddisk lebih efektif menurunkan panas dibanding dipasang secara vertikal (posisi ke atas). Seperti harddisk server, banyak dipasang dengan cara keduanya, baik horizontal atau vertikal. Storage computer besar mengunakan sistem slot bay posisi vertikal, sedangkan server lebih kecul U2, posisi harddisk horizontal karena bentuk server lebih kecil

Satu kutipan dari Rusia pernah mengeluarkan pendapat berdasarkan kumpulan data dari kerusakan harddisk. Bila membeli sebuah harddisk, pilihlah harddisk dengan jumlah platter atau piring lebih sedikit.

Rahasia penting kekuatan harddisk. Semakin sedikit jumlah platter maka umur hardisk semakin lama. Apa alasannya dengan jumlah piring lebih sedikit lebih baik.

Misalnya sebuah model harddisk mengeluarkan seri berbeda, misalnya seri A memiliki kapasitas 3TB sedangkan seri B dibuat sampai 2.5TB. Bila menginginkan kapasitas 2TB, pilihlah dari seri A. Karena memberikan platter atau piring harddisk lebih sedikit.


Alasannya, semakin banyak jumlah platter mempengaruhi umur motor pemutar platter, karena semakin banyak platter maka semakin banyak jumlah head harddisk dengan kapasitas harddisk lebih besar. Dampak akan memperberat kinerja motor, jumlah head harddisk lebih banyak akan menahan putaran piring harddisk. Hal lain menghasilkan panas lebih tinggi.


Bila jumlah Platter / piring harddisk lebih sedikit, kinerja motor semakin ringan. Membuat umur harddisk lebih lama. Khususnya bagian poros harddisk tidak mudah aus.

Contoh dari produk harddisk Seagate terbaru menawarkan kapasitas 4, 3, dan 2TB.

4TB mengunakan 8 head dengan 4 piring harddisk, sedangkan 3TB 3 piring. Bisa memilih kapasitas 3 atau kapasitas lebih kecil 2TB.



Benar atau tidak argumen diatas, ada satu lagi cara yang lebih penting untuk menjaga harddisk lebih awet dan panjang umur.

Sistem pendingin yang baik dan pasang harddisk dengan benar serta kebutuhan power harddisk yang baik akan menjaga kinerja harddisk.

Power supply yang baik, sangat penting bagi harddisk. Hardisk yang sedang bekerja rentan terhadap getaran. Produsen mmemberi besar getaran yang terjadi. Solusi aman menempatkn computer di bagian bawah atau dekat dengan lantai. Beberapa penguna mungkin tidak memiliki meja yang cukup stabil menahan geteran.

Tentu kualitas harddisk juga ditentukan dari produsen, apakah masuk sebagai harddisk performa dan berkualitas atau produk untuk konsumen biasa. Terakhir lihat keluhan penguna dan data teknis yang diungkap ke media. Beberapa model harddisk ditemukan antara 1/2 model di seri yang sama, dan gagal dipasar. Memiliki cacat kerusakan lebih tinggi dari model lain walau satu merek. Umumnya produsen harddisk seperti Toshiba, WD, Seagate tidak lagi melanjutkan produksi harddisk dengan kegagalan tinggi. Dan merevisi produk dengan model baru. Masalahnya kerusakan baru tampak dalam periode tahunan, penguna harddisk data center untuk kinerja 24 jam umumnya memberi catatan tipe model kapasitas yang mengalami gagal kerja.

Bila perangkat harddisk dipasang dengan cara yang benar, seperti power yang baik, tidak di hajar secara kasar. Maka masa usia pemakaian harddisk dapat mencapai diatas 10 tahun lebih.

Artikel Lain

Berapa RAM rusak, sebenarnya tergantung merek. Produsen ternama memberi garansi RAM Lifetime. Kerusakan dapat terjadi, dari berbagai faktor. Tapi unit modul RAM dapat bekerja lebih dari 12 tahun, bila dipasang dengan perangkat yang benar.

Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,



Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk di pasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa. Yang pasti garansi berbeda.

Masyarakat IT sering melihat kemampuan hardware berdasarkan angka. Angka didapat dari sejumlah test, angka terbaik diartikan hardware terbaik. Umumnya lebih cepat, tentu lebih bagus. Apakah angka tersebut menunjukan kualitas.

Dijawab debu tidak menyebabkan short di sirkuit board computer, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung

Motherboard B660M model paling murah. Tetapi produsen tidak mengunakan komponen yang sama untuk VRM. Dampaknya harga motherboard sedikit lebih mahal malah lebih baik, karena mengunakan chip yang berkualitas.



Youtube Obengplus

Trend