Apakah debu computer bisa menyebabkan short sirkuit


   Hardware | 19 October 2012

Ribuan jam computer bekerja, di dinginkan dengan fan.

Bertahun tahun tidak dibersihkan, akan membuat debu menumpuk.

Khususnya daerah dengan kondisi berdebu seperti di tepi jalan, ruang kerja di lapangan.

Udara kotor bisa terbang ke dalam ruangan dan kotoran akan terhisap oleh fan pendingin computer.

Menjadi pertanyaan apakah debu di dalam computer bisa mengakibatkan short atau korsleting.

Jawabnya tidak, kecuali terjadi kondensasi atau adanya lapisan air dari bagian debu.

Tanpa keberadaan debu, ketika terjadinya kondensasi bisa terjadi masalah di komponen computer dimana terbentuk air dari embun dingin.

Apa yang terjadi bila computer tidak pernah dibersihkan dan debu menumpuk di antara sela chip.

Atau sampai menutup semua permukaan board, sirkuit dan heatsink pendingin.

Peralatan seperti chip bekerja baik, bila digunakan di suhu lebih rendah, dan beberapa perangkat seperti CPU diperlukan fan atau kipas untuk mendinginkan udara.

Debu akan memblok dan menghalangi udara lepas dari komponen.

Baik chip, heatsink, kapasitor sampai fan yang tertutup debu akan terjadi overheating. Karena chip tertutup debu, pelepasan panas tidak optimal.

Bila suhu ruang bisa dijaga dengan suhu lebih dingin, komponen tidak masalah walau sudah tertutup debu.

Dalam arti seperti rancangan ruangan data center, memiliki filter debu dan udara dingin. Tujuannya menjaga perangkat bekerja dengan suhu lebih stabil dan dingin.

Solusi, jaga computer tetap bersih dan membersihkan bila terlihat kotoran sangat menumpuk. Menjengkelkan bila harus mengeluarkan kotoran dari case computer.

Khususnya bagian heatsink VGA, bagian fan computer atau heatsink sampai fan power supply.

Tetapi membersihkan debu pada computer masih lebih murah biayanya dibanding membeli komponen yang rusak karena harus terus bekerja dengan panas berlebihan.

Hal lain, penyebab chip overheating pada bagian thermal paste.

Seperti lapisan kontak antara heatsink dan pendingin, bila kering maka transfer panas tidak optimal. Membuat suhu GPU dan CPU meningkat, sampai terjadi kerusakan akibat bekerja terlalu panas.



Membersihkan peangkat elektronik apapun yang memiliki ventilasi, termasuk computer.

Hanya mengunakan kuas dan blower, itu sudah cukup untuk membersihkan debu di atas permukaan board, heatsink pendingin, atau debu yang mengumpal di sisi chip.
Itu saja, kuas, tiup, biarkan debu keluar.

Tidak perlu melepas heatsink di atas procesor, kecuali anda ingin melakukan Deep Cleaning atau membersihkan secara menyeluruh, termasuk menganti thermal paste procesor.

Artikel Lain

Disable CEP memperbaiki PC dari Crash. PC gaming procesor Intel Core i7 Core i9, error out of video memory. Nvidia dan mengembang game menyelidiki masalah procesor Intel Gen 13 dan Gen 14 membutuhkan power sangat besar dengan beban berat. Perbaikan dengan underclock sejauh ini solusi awal.

Produsen computer membuat desain motherboard tapi tidak memiliki port di atas motherboard. Colorfull 3 slot SSD NVMe bila tidak mengunakan port SATA. MSI B650M Project Zero tertutup plat. Praktis kabel tidak tampak di atas motherboard.



Perkembangan ukuran VGA semakin besar, disain case membuat VGA dipasang horizontal. Hati hati dengan beban cooler VGA, berjalan waktu dapat retak. Salah satu yang disebut tahun ini yang seharusnya kerusakan VGA dapat dihindari. Retak PCB, membuat jalur board putus, dan VGA mati total

Board Intel procesor Alder Lake dan Raptor Lake, bekerja di chipset seri 600. Tidak semua board mahal. Intel Z690 model high end, Intel H670 dan B660 untuk kelas menengah /  pemula, dan H610 untuk board hemat tanpa PCIe 4.0. November 2022, sebagian board lama bekerja dengan Intel Gen13

Update Des 2020 CHKDSK bikin Windows 10 Crash. Microsoft mengirimkan errata (bug aneh) yang mungkin memperpendek umur SSD. Bila anda sering melakukan Reboot computer, dan mengunakan Windows 10 Built 2004 dan storage SSD.

Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,

Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas. Mengapa SSD kapasitas lebih kecil untuk model yang sama, memiliki performat lebih lambat. Sedangkan kapasitas besar memiliki kecepatan transfer maksimum



SSD mengunakan chip NAND Flash, memiliki usia pemakaian. Semakin banyak di write maka chip akan lebih cepat rusak. Seandainya di write sebanyak 40GB setiap hari, maka sebuah SSD minimum dapat bekerja lebih dari 12 tahun. Hanya SSD yang intensif melakukan Write dapat mengalami kerusakan dini.

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

Motherboard B660M model paling murah. Tetapi produsen tidak mengunakan komponen yang sama untuk VRM. Dampaknya harga motherboard sedikit lebih mahal malah lebih baik, karena mengunakan chip yang berkualitas.

Monitor LCD TFT memiliki umur lebih panjang dari monitor tabung. Tapi bagian yang sering rusak ada di bagian power. Salah satunya elco atau kapasitor. Pabrik mengunakan komponen kelas 2, untuk keseimbangan daya tahan dan harga. Kita dapat menganti komponen kapasitor bila terjadi kerusakan. Karena dapat terlihat ciri seperti kapasitor bengkak



Youtube Obengplus

Trend