Pluto masuk daftar planet di tata surya lagi


Science | 3 October 2014

Setelah 8 tahun dikeluarkan dari daftar planet di tata surya. Karena dianggap bulan planet yang berasal dari tata surya sendiri, dengan ukuran terlalu kecil. Pluto kembali masuk daftar, dan menjadi planet ke 9.

Awalnya planet Pluto terlalu kecil untuk masuk daftar planet.  Dengan alasan
  • Planet ini mengitari matahari.
  • Memiliki masa yang cukup dengan bentuk bundar.
  • Planet ini membersihkan orbitnya dan membentuk menjadi planet besar.

Dari Harvard Smithsonian baru baru ini meninjau kembali keputusan IAU dengan definisi planet. Alasan paling kuat untuk memasukan Pluto sebagai planet, karena planet ini juga terbentung dari benjolan kecil dengan materi berasal dari sisa bintang atau materi disekitarnya.

Terserah para ilmuwan mengatakan apa. Pastinya planet Pluto memang mengelilingi matahari.



Artikel Lain

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi

Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik



Planet Jupiter jarak terdekat 26 September 2022 selama 59 tahun. Planet dengan titik spot merah dan ratusan bertahun tahun sudah ada memiliki lebar 16.500km. Apa isi planet raksasa ini, apakah sebesar seperti tampilannya. Jupiter memiliki 4 bulan paling besar akan terlihat di tahun 2018, tapi total 79 bulan di Jupiter (Juli 2018).

Bulan adalah bagian dari planet Bumi. Dan pembentukan Bumi dan Bulan memiliki umur yang sama, setidaknya setelah kehancuran Bumi ditabrak oleh planet lain. Sehingga atom di Bulan dan Bumi memang identik

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.



Youtube Obengplus

Trend