Seperti apa bumi di jarak 11 milyar km, gambar dari Voyager 1 melihat bumi dari jauh


   Science | 3 September 2012

Seperti apa gambar bumi pada jarak 11 milyar km.

Pesawat Voyager 1 mengirim  foto posisi bumi pada jarak tersebut. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

Pesawat Voyager akan meninggalkan tata surya setelah bertugas mengambil gambar planet di tata surya.

Dan tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi setelah itu. NASA akan mengumumkan kembali temuannya setelah Voyager 1 meninggalkan magnet matahari.

Pesawat Voyager terus melaju meninggalkan planet di tata surya. Sampai tahun 2018 masih terditeksi pesawat ini aktif.

Bahkan sempat merekam Bowshock atau wilayah dimana mulai terjadi tabrakan antara gelombang angin matahari dengan gelombang antar bintang.

What Earth Looks Like from Interstellar Space 11-Billion Miles Away

Video dibawah ini adalah insinyur yang terlibat di proyek Voyager sejak 35 tahun lalu.

Semua yang membuat ketika pesawat diluncurkan masih berusia muda

Sudah melewati usia manula, dan menceritakan bagaimana pesawat Voyager bekerja.

Ed Stone menceritakan memberikan informasi seperti apa gelebung matahari, dan kemana arah voyager.

Ketika angin matahari mulai melambat artinya sudah berada di wilayah antar bintang.

Ed Stone menceritakan setiap bit data yang dikirim ke bumi adalah data baru dari pesawat Voyager.

Tapi membutuhkan 16 jam baru tertangkap sinyal di antena penerima.

Sekarang di tahun 2017 , sinyal voyager baru tertangkap 19 jam 5 menit. Karena jauhnya sudah berada 20,6 miliar km dari Bumi

Pesawat ruang angkasa Voyager hanya mengirim data dengan kecepatan 160bps, dan amerekam data 115kbps.

Voyager 2 masih sedikit lebih dekat, membutuhkan waktu 16 jam 15 menit berita yang dikirim dari pesawat ke bumi.


Artikel Lain

Teleskop JWST kembali membuka misteri alam semesta. Menemukan 2 galaksi sangat dekat dengan ke waktu terbentuk awal alam semesta. Mengeser teori lahirnya bintang pertama di alam semesta. Galaksi ini kok sudah muncul, dengan di usia 350 juta tahun. Teori, bintang lahir pertama berada pada rentang 400 juta tahun.

Rocket VasiMR adalah propulsi berbasis plasma. Mengunakan sumber listrik untuk mengionisasi bahan bakar ke bentuk plasma yang amat panas. Bidang listrik yang di panaskan tersebut akan mempercepat plasma. Masih butuh tahapan untuk VasiMR dapat digunakan astronot  ke planet lain.



Seberapa besar alam semesta, dapat dilihat dengan membagi beberapa bentuk struktur raksasa. Dari planet yang dikira sebuah bintang, kumpulan galaksi yang bergabung menjadi kluster galaksi, cahaya ditengah galaksi yang disebut Fermi Bubble, sampai Supervoid atau wilayah dingin yang berada di tengah alam semesta tapi ilmuwan tidak tahu mengapa tempat tersebut relatif kosong.

Suhu terpanas dan terdingin. Dimana kondisi tersebut dapat tercapai. Dan bagaimana para ilmuwan melakukan percobaan. Intinya mencari pembuktian teori yang pernah dikemukakan, dari teori pembentukan alam semesta dan penyebabnya.Salah satu tempat dengan temperatur suhu terdingin tidak jauh dari Bumi.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman

Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar



Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi. Apakah bintang terdekat memang sangat dekat

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.



Kalangan radio amatir sering menangkap suara tersebut, baru diketahui asalnya. Akhirnya ditemukan sumbernya saat ini.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.



Youtube Obengplus

Trend