Taman di atap rumah boleh mengikuti ide usaha ini


   Green | 4 July 2014

Tanaman di atap rumah sudah terbukti membuat penahan panas yang baik. Termasuk cat putih di genteng rumah dapat memantulkan cahaya panas. Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Salah satu perusahaan di Boston membuat usaha dengan nama Recover Green Roof.



Pemiliknya Mark Winterred dan Brendan Shea, mereka melakukan one stop shopping bagi pelanggan. Dari disain, pembangunan sampai perawatan. Sejauh ini sudah 25 tempat dibangun mereka. Ada yang dibuat untuk rumah biasa, sebagian besar dibuat di atap gedung kantor. Seperti gedung di Whole Food di Lynnfield Massachusett mengkontrak mereka untuk merapihkan atap rumah seluas 5000 meter.

Ide perusahaan Recoer Green Roof memang menarik bahkan terlihat asik. Ketika musim panas, atap gedung dapat menahan panas dan mengurangi pemakaian AC sampai 75%.

Artikel Lain

Tanaman membutuhkan proses fotosintetis untuk menghasilkan oksigen. Tanaman di rumah atau gedung kantor juga membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan kita. Ada beberapa tanaman menghasilkan oksigen pada malam hari. Pohon Empress Splendo jenis pinus tumbuhan paling efisien di dunia, mampu menyerab 103 ton karbon per hektar

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.



Berkebun bukan kegiatan orang tua saja, tapi bisa dilakukan untuk yang muda. Manfaatnya dapat melatih otak karena kegiatan rutin untuk menyiram tanaman, setara olahraga, melakukan diet sampai menurunkan tingkat stress

2 orang penemu dari Australia katanya merancang sarang lebah dan dapat mengambil madu tanpa mengeluarkan lebah dari sarangnya. Dipasang satu pipa kecil, nantinya madu akan turun sendiri ke botol penampung.

Ketika sebuah negara dengan cadangan minyak terbesar di Dunia memutuskan untuk berinvestasi dengan energi terbarukan. Mungkin kita bertanya, apakah ini akhir era minyak dunia. Sementara Amerika masih memfokus pengeboran miyak, sampai mengimpor bahan bakar.

Barang bekas seperti botol dapat dibuat menjadi sendok plastik, kotak permen bekas tic tac bisa untuk wadah penyimpan, membuat kompor kecil untuk camping dari kaleng minuman, atau botol susu untuk diffuser. Atau anda tertarik memanfaatkan botol bekas menjadi penyiram tanaman.

Solar cell adalah energi alternatif yang lebih menjanjikan. Tidak berisik, sederhana dan bersih. Tapi solar cell bisa saja tidak efisien ketika bekerja. Masalah solar cell adalah panas, membuat kinerja solar cell akan menurun bila overheating



Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.



Youtube Obengplus

Trend