Infografik gunung tertinggi di tata surya


Science | 5 May 2014

Gunung Everest paling tinggi di bumi, tapi gunung paling tinggi dari titik dasar ada di gunung Mauna Kea.

Menjulang dari dasar laut sampai keatas setinggi 10km, tapi ketinggian dari permukaan laut hanya 4200 meter.

Bagaimana gunung tertinggi di seluruh tata surya, apakah ada yang lebih tinggi dari Everest atau nomor 2 gunung K2-Savage Mountain

Gunung paling tinggi ada di tata surya ada di gambar dibawah ini.



Tingginya tidak tanggung tanggung, bahkan kita tidak mungkin kesana dengan teknologi sekarang.

Dibawah ini perbandingan gunung Olympus, bukan di Bumi sih. Tapi ada di planet Mars.


  • Mars yaitu Olympus Mons dengan ketinggian 21-25km ( gambar atas dari Wikipedia). Memiliki lebar 7.5 km diatasnya, luas dasarnya mencapai 600km.
  • Bulan Iapetus di Saturnus  dengan ketinggian 20km
  • Satu lagi ada di Asteroid Vesta dengan ketinggian 22km.
  • Disusul satu gunung Boosaule Montes di bulan Jupiter 18km.

Dibawah ini gunung di bulan Saturnus Iapetus.

Gambar diambil oleh pesawat tanpa awak Cassini 31 Desember 2004. Wikipedia.org

Gunung tertinggi di Mars

Data infografik dibawah ini berdasarkan catatan yang sudah ada.
Bisa dilihat perbandingan ketinggian gunung yang ada di tata surya.



Data infographic Lillian Steenblik Hwang, May 2014 issue Popular Science. Gunung tertinggi di bumi tidak ada separuh dari gunung di planet lain.



Mendaki ke Everest saja sangat beresiko. Bagaimana mendaki gunung Olympus dengan ketinggian 20Km lebih.

Artikel Lain

Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.



Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.


Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari. Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas. Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan. Mengapa bulan tidak pernah menabrak Bumi

Nasa menditeksi signal misterius dari jarak 240 juta tahun cahaya dari bumi. Letaknya di cluster Perseus, salah satu objek paling besar di alam semesta. Signal tidak dikenal tersebut memiliki gelombang X-ray yang sangat spesifik. Jangan jangan signal dari alien.

Mengapa pegunungan Himalaya membentang sampai 2.900 km. 2 puncak tertinggi di dunia ada disana. Daratan India dahulunya berada di bawah lalu bergerak naik ke arah utara sejauh 6000km. Akhirnya bertabrakan dengan lempeng Asia pada 40-50 juta



Youtube Obengplus

Trend