Kapan dunia berakhir, masih lama menurut para ahli


   Science | 12 May 2012

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi.

Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta.

Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun, dan sampai sekarang masih mengalami perkembangan.

Perkiraan lahirnya tata surya sampai saat ini baru berumur 4 milyar tahun. Sedangkan manusia baru muncul sekitar 200 ribu tahun lalu.

50 ribu tahun nanti, asumsi terjadi pemanasan global, bukan hanya panas yang terjadi. Tetapi bumi mungkin mengalami jaman es kembali.

Lebih jauh ke masa depan, 50 juta tahun kedepan, ujung pantai California menyatu dan bertabrakan dengan palung Aleutian. Afrika  akan bertemu Euroasi dan di Mediterania yang muncul pengunungan seperti Himalaya. Sampai 250 juta tahun kedepan, semua benua akan bergerak bisa menjadi satu kembali.

Sementara selama 250 juta tahun sampai 800 juta tahun. Jumlah gas CO malah menurun, dampaknya tumbuhan tidak bisa berfotosintesis. Jauh 1 milyar tahun kedepan, cahaya Matahari akan meningkat 10%. Membuat suhu bumi naik mencapai 47 deg.C. Air lautan dapat menguap ke luar angkasa, lalu semua kehidupan akan selesai. Itu perkiraan dimasa mendatang ketika bumi tidak layak lagi di tinggali.

Nasib Matahari di masa depan

Bagaimana kehidupan matahari sendiri sebagai sumber energi di bumi. Panas matahari yang mengerakan cuaca dari angin, panas, hujan termasuk badai. Matahari akan berubah dan meredup setelah 7.9 milyar tahun lagi. Matahari adalah benda di ruang angkasa berbentuk gas. Dan gas disana sangat besar volumenya. Matahari akan semakin membesar sampai 256 x ukuran saat ini, karena Matahari mulai kehabisan gas yang perlu dibakar dan inti matahari mulai runtuh atau melemah untuk mempertahankan gas yang ada. Pada kondisi tersebut, Matahari akan akan membengkak sangat besar dan menyerap planet Merkurius dan Venus bahkan planet Bumi ke dalam gas raksasa.

Akhir hidup matahari sekitar 10 miliar tahun kedepan. Berdasarkan usia matahari di abad ini telah 4,6 miliar tahun.

Tetapi dalam rentang 5 miliar tahunkedepan akan banyak hal yang terjadi.

1.1 miliar tahun kedepan. Cahaya matahari akan lebih terang 10% dari cahaya saat ini. Semakin terang, semakin panas.

Setiap 1 miliar tahun, matahari akan semakin terang 10%

3,5 miliar tahun kedepan. Cahaya matahari akan lebih terang lagi mencapai 40% dari sekarang. Disini lautan akan mendidih dan menguap. Es di bumi total lenyap, dan air semuanya akan mulai menguap ke ruang angkasa. Bumi menjadi panas dan kering seperti planet Venus.

5.,5 miliar tahun kedepan. Matahari mulai berevolusi menjadi raksasa merah. Disini dimulai fase semua hidrogen habis terbakar. Dan materi helium mulai terbakar di matahari. Membuat matahari semakin tidak stabil, di dalam inti matahari terjadi peningkatan panas serta membuat ukuran matahari terus membesar. Matahari akan terus membengkak mencapai 2 planet di depan Bumi, atau mungkin lapisan luarnya akan mencapai Bumi akan masuk da terus meluas mencapai planet Mars. Waktu tersebut, Bumi tidak akan bertahan.

7,58 miliar tahun kedepan, massa matahari secara total menjadi raksasa merah. Ukurannya menjadi 256x dari ukuran sekarang. Dan menyisakan massanya hanya 67%.

Bumi tidak akan selamat ketika matahari kehilangan massa. Walau terdorong menjauh sampai 50% dari orbit saat ini, Matahari akan terus membesar.

Berita baiknya, Manusia akan dipaksa pergi dari Bumi. Posisi habitat di tata surya kita yang awalnya 1AU dengan posisi Bumi, akan bergeser lebih jauh, mungkin mencapai 49 -71 AU atau berada di daerah sabuk asteroid Kuiper. Disana es dari sisa pembentukan tata surya akan mencair. Dan melahirkan air di luar orbit Pluto.

Mungkin planet Eris akan menjadi dunia baru, setidaknya sementara. Dan planet Pluto menjadi planet Venus Baru. Serta planet Make Make, Haumeau yang lebih jauh menjadi bagian tata surya.



Kapan manusia harus pergi dari Bumi
Matahari sebagai sumber energi Bumi tidak akan mati setelah 5 miliar tahun, tapi manusia harus pergi dari Bumi 1 miliar tahun kedepan
1 miliar tahun lagi, matahari akan semakin panas bahkan cukup panas untuk merebus air di lautan. Sejauh ini matahari menjadi bintang paling stabil setelah urutan teratas setelah bintang kerdil merah yang hidupnya lebih lama dari matahari. Matahari masuk kategori bintang G, cukup besar tapi tidak terlalu panas.

Selama membakar, matahari merubah helium dari gas hidrogen di intinya. Perubahan fase ini berlangsung selama 8 miliar tahun sejak tata surya terbentuk. Dibanding usia tata surya kita sekitar 4,5 miliar tahun. Jadi usia matahari sudah mencapai sedikit lebih dari setengah usianya, dan matahari berada di usia remaja sebelum mencapai usia tua yang akan meledak.

8 miliar tahun kedepan adalah masa bahagia bagi matahari untuk membakar gas hidrogen menjadi helium. Ketika matahari telah kehabisan gas hidrogen di intinya. Yang tersisa adalah gas helium. Masalahnya matahari tidak cukup panas atau tidak cukup padat untuk membakar helium di masa mendatang.

Dalam sebuah bintang, gravitasi menarik semua gas ke bagian tengah. Ketika bintang mulai membakar hidrogen, dampaknya ada gas helium yang dihasilkan. Dan membuat tekanan keluar untuk mengimbangi tekanan gravitasi ke arah dalam. Ketika tidak ada lagi yang tersisa di dalam untuk dibakar, maka gravitasi akan mengambil alih. Akhirnya kekuatan tekanan pusat bintang mulai membakar bagian helium ditengah, termasuk gas hidrogen akan semakin banyak dibakar. Disinilah fase matahari menjadi raksasa merah, kekuatan gravitasi dari dalam yang mendorong lebih kuat membuat matahari semakin besar karena tekanan dari dalam semakin kuat.

Selama proses membengkak, matahari juga semakin panas. Disinilah masalah bagi manusia tidak akan bertahan di planet Bumi. Bahkan sebelum matahari membakar habis sisa gas hidrogen. Tingkat cahaya matahari semakin tinggi mencapai 10% setiap satu miliar tahun. Naiknya intensitas panas cahaya matahari 10% mungkin tidak siginifikan, tapi bagi Bumi adalah masalah.
Posisi bumi saat ini berada di zona aman akan berubah, seperti memajukan planet kita lebih dekat ke matahari. Dengan putaran bumi yang ada saat ini, bumi akan semakin panas dan air laut mulai menguap.Ketika matahari menghabiskan gas hidrogen, planet yang layak huni adalah Mars dengan posisi lebih jauh.
Sedangkan 4 planet dibelakang Mars tidak mungkin di tinggali manusia, dan Pluto terlalu kecil dan belum mencapai panas yang cukup.

Bumi adalah sistem yang komplek dan menjadi model paling sempurna untuk kehidupan. Tapi manusia yang tinggal tidak akan lebih lama dari 1 miliar tahun lagi, dan manusia harus memikirkan untuk pergi dari Bumi.

Artikel Lain

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. . Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Seperti apa gerhana matahari di planet Mars

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman



2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.

Dreadnoughtus adalah penemuan baru dari dinosaurus berukuran besar. masuk kategori Titanosaurian karena bobotnya diperkirakan mencapai 60 ton. Fosil dinosaurus berusia 110 juta tahun juga diumumkan ditemukan di Alberta

Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk

Sebuah video tentang Accelerating Universe atau pembuktian apakah benda di alam semesta terus menjauh. Bila ada benda berada di ruang hampa seperti alam semesta ini, apakah semua akan diam ditempatnya. Dijawab semakin cepat menjauh dan terus bergerak semakin menjauh.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.



Foto dari artisl Roberto Ziche memberikan gambaran lebih jelas sebesar apa matahari dan planet di tat surya. Ditambah 4 planet kerdil dari Pluto, Huamea, Makemake dan Eris.

How Big Is The Universe sebuah video tentang pelajaran seberapa besar alam semesta ini. Kirim SMS ke Andromeda baru sampai 2.5 juta tahun nanti. Diberikan gambaran bahwa tata surya kita adalah sebuah kamar kecil, galaksi Bima Sakti seukuran kota London. Berapa luas alam semesta sebenarnya

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Ada ada saja rekaan gambar dari Ron Miller. Membuat ilustrasi bila Bumi memiliki ring seperti Saturnus. Cincin di Saturnus adalah debu yang gagal membentuk bulan

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

Paling tua mencapai 140 tahun. Manusia paling beruntung dibanding mahluk lain di bumi. Menjadi mahluk hidup paling panjang umurnya. Usia anjing peliharaan hanya antara 15-20 tahun, dan tertua adalah kura kura sebagai mahluk dengan usia terlama



Youtube Obengplus

Trend