Bagaimana membangun satelit sekali diluncurkan dan dilupakan


   Technology | 28 December 2013

Bagaimana membangun sebuah satelit. Setelah diluncurkan akan digunakan tapi dilupakan. Bila gagal tidak bisa di servis , bila rusak akan menjadi sampah di ruang angkasa.

BBC menceritakan bagaimana merancang sebuah satelit agar satelit bisa bekerja setelah tiba diruang angkasa.

Inggris masih memegang teknologi satelit dan ditangani perusahaan Astrium. Disusul Boeing sebagai perancang disain satelit

Di ruang angkasa, sebuah satelit harus bertahan dalam kondisi ekstrim, termasuk suhu dingin dan panas ekstrim.

Setidaknya satelit bisa bekerja selama 15 tahun. Sebuah satelit modern memiliki ukuran 5x3 meter, dilengkapi komponen mekanik dan elektronik.

Satelit memiliki sistem servis modul berisi tabung gas untuk mengatur posisi satelit setelah diluncurkan, ditambah power solar cell untuk sumber power selama bekerja.

Sebuah satelit tidak hanya berisi rangka metal, Tapi pelapisan mengunakan carbon ringan dan kuat.
Bagian aluminium dibuat ringan dengan lempeng tipis sedangkan tangki dibuat dari bahan titanium.

Satu satelit setidaknya membutuhkan 20kg emas. Emas murni sebagai bagian dari komponen sirkuit, karena lebih tahan dibanding materi lain dan digunakan untuk perisai.

Setelah sirkuit dibuat, sirkuit baru dimasukan ke unit test, memastikan sudah tahan gunjang seperti simulasi dibawa dengan roket.

Selesai pengujian, akan masuk ke tahap payload modul untuk menerima dan memancarkan signal. Diluar satelit akan ditutup dengan pelindung agar tidak menerima panas matahari berlebihan dan lebih hangat ketika dingin.



Perusahaan satelit
Airbus Defence and Space, milik Eropa dengan gabungan Perancis, Jerman, Spanyol dan Inggris.
OHB SE juga dari Eropa, konsorsium bersama Italia, Luxembourg, Swedia, Perancis, Beliga dan Jerman.
Boeing, Amerika
Lockhead Martin, Amerika
Orbital ATK Amerika
Space System / Lorarl Amerika
Thales Alenia Space, dari Eropa, Perancis, Italia, Inggris, Spanyol, Belgia, Jerman dan Polandia.



Dari pabrik satelit, masih melibatkan beberapa perusahaan lain.
Komponen dibuat dari berbagai perusahaan. Astro Feinwerktechnik membuat sistem buses satelit, roda, GPS dan magnetometer.

Solar cell satelit dibuat oleh Tethers Unlimited Amerika. Clyde Space dari Inggris khusus merancang sistem power elektronik, baterai, panel surya dan kontrol ketinggian satelit.
Solar MEMS perusahaan yang membuat sensor matahari untuk satelit dari Spanyol.

Roket pendorong satelit
Salah satunya Moog ISP dari Inggris dan Amerika, membuat roket pendorong satelit seri Leros, Moarc Trhuster dan LTT Thruster. Dan masih banyak lagi perusahaan yang menrancang roket pendorong. Terbagi dari berbagai bidang. Beberapa perusahaan terbanyak ada di Rusia, untuk merancang mesin pendorong roket bahan bakar cair.

JSC Rusia




Artikel Lain

Perkembangan ukuran VGA semakin besar, disain case membuat VGA dipasang horizontal. Hati hati dengan beban cooler VGA, berjalan waktu dapat retak. Salah satu yang disebut tahun ini yang seharusnya kerusakan VGA dapat dihindari. Retak PCB, membuat jalur board putus, dan VGA mati total

Melihat kualitas VGA tidak seperti yang digambarkan produsen. Data nyata ada di tingkat pengembalian toko retail. Satu penjual di Jerman memberikan data seberapa besar kerusakan VGA terbaru, dari model Nvidia dan AMD. Agustus 2023 data kerusakan VGA dari penjual Digitec Galaxus.



Samsung tidak akan mengembangkan procesor seri M. Setelah bagian pengembangan produk di Amerika Austin ditarik. Core M ada di procesor Exynos, seperti 8 core procesor, 2 core dipasangkan Custom procesor M untuk memberikan performa lebih baik. Samsung sepertinya kembali ke rancangan ARM procesor, harga lebih murah dibanding mengembangkan procesor sendiri.

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Data center atau pusat server computer umumnya dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Karena operator tidak mau orang lain melihat isi dari server perusahaan. Google berbeda, boleh dilihat bahkan mengunakan teknologi VR.

Video ini direkam di pabrik KPZ yang mengkhususkan untuk memproduksi baut ukuran besar. Satu video ini memperlihatkan teknologi membuat baut tanpa perlu waktu lama untuk menjadi sebuah sekrup seberat 2,6 ton. Proses awal dimulai dengan pembakaran besi menjadi lunak, dan tekniknya sama seperti menempa.

America sebelumnya melarang teknologi pencitraan satelit foto high res. Yang mampu mengabadikan sampai 50cm. Sekarang kita bisa menikmati foto satelit dari Google dan Bing berkualitas tinggi, setelah aturan foto resolusi tinggi dari satelit dicabut. Masih ada lagi yang lebih tajam.



Melihat lebih dekat pabrik Canon, dari rancangan dan pembuatan lensa. Sensor di kemas ke dalam sirkuit. Disatukan di camera, dan procesor untuk mengolah gambar. Teknologi camera tidak hanya mengambil gambar manual, tapi sudah mendukung pengenal wajah. Teknologi camera juga mendukung recording video.



Youtube Obengplus

Trend