Kilas Kepler, melihat ke belakang pencarian planet kembar bumi


   Science | 8 October 2015

Update video tentang Kepler

Satelit teropong Kepler dikabar NASA sudah bermasalah. Meskipun tidak menyerah untuk di perbaiki dari bumi, misi yang dijalakan oleh teropong Kepler ini sulit tercapai karena kemampuan gerakan teropong Kepler sudah terganggu. Banyak penemuan di dapat dari Kepler.



Penemuan kelompok bintang NGC 6791 dan  bintang dengan planet yang dikenal sebagai TrES-2



Melihat ukuran kotak diatas, bila tidak di zoom seperti gambar dibawah ini



Dibawah ini satelit teropong Photometer dari Kepler



Bagaimana cara teropong Kepler bekerja. Kepler mengunakan cermin dan pantulan gambar pada cermin di ambil oleh sensor camera untuk dirubah kembali dalam file digital. Dan dikirim ke bumi untuk di analisa.

28 Agustus 2012, NASA mengumumkan Kepler 47. Pencarian kembaran bumi yang bisa di tinggali manusia harus berada di area habitat atau wilayah dimana manusia bisa hidup. Posisinya tidak terlalu dekat bintang karena panas, dan tidak terlalu jauh dari bintangnya karena akan dingin dan memiliki air serta oksigen. Planet Kepler 47 c dan b yang ditemukan berada pada area habitat. Walau ukurannya tidak persis sebesar bumi.



Satu lagi seri planet 62, dan ditemukan dengan berbagai ukuran, ada 3 kandidat sebagai planet kembar bumi.



Menjadi pertanyaan, dimana saja planet yang diteliti. Apakah sudah sedemikian jauh satelit Kepler mencari planet kembaran bumi. Bila jauh sekali, apakah manusia bisa mencapainya. Penelitian planet Kepler tidak keluar dari jalur galaksi Bima Sakti dan baru mencapai jarak 3.000 tahun cahaya. Kelihatannya yang dekat dekat saja. Tetapi jarak itu adalah jarak tahun cahaya.
Seberapa besar penemuan dari satelit kepler ini. Dari 100.000 bintang, baru 0,5% yang diamati lebih jauh.

Seperti apa galaksi Bimasakti atau Milky Way dan keberandaan tata surya dengan matahari dan bumi, dibawah ini



Dengan Kepler, peneliti bisa menemukan ratusan planet yang mewakili, tetapi tidak diketahui kemana orientasi orbitnya. Ada 132 planet yang sudah dikonfirmasi, dan 2.740 planet lagi memiliki potensi diamati lebih lanjut

Kepler mungkin sudah memiliki pencapaian yang akhirnya satelit tersebut harus rusak dan perlu diganti. Setidaknya penelitian ini dapat memberikan persepsi tentang alam semesta, kata Borucki peneliti utama Kepler.

Mei 2015
Kepler 6 tahun di ruang angkasa, setidaknya sudah 2200 hari lebih disana. Melakukan 2 misi Kepler dan K2. Melihat 406.604 bintang untuk di observasi, menemukan 4501 kandidat exoplanet.
Mengukur 12,5 miliar cahaya bintang, sejauh ini baru 1024 planet sudah dikonfirmasi masuk daftar Exoplanet.
Menghasilkan data 20,9TB yang dipublikasikan, tapi baru 8 planet saja yang benar benar berada di zona habitat.

Oktober 2015
Planet pertama yang ditemukan diluar tata surya kita adalah planet 51 Pegasis B pada 6 Oktober 1995. 2 peneliti melihat sebuah planet berukuran 1,5x dari besar planet Jupiter. Tapi planet Pegasi B sangat dekat dengan bintangnya. Dan mengorbit 4 hari saja. Suhu di planet tersebut diperkirakan mencapai 1000 deg.C, dan letaknya dari bumi sekitar 50 tahun cahaya.
Ditemukan oleh Michael Mayor dan Didier Queloz mengunakan Elodie Spectrograph, dikonfirimasi leh Geoff marcy dan Paul Butler mengunakan Hamilton Spectograph dari observasi Lick
Sejak penemuan tersebut sudah 1800 planet ditemukan oleh astronomi, dan 1000 planet lebih diantaranya ditemukan mengunakan teleskop Kepler yang diluncurkan tahun 7 Maret 2009

Planet pertama diluar tata surya Pegasi B ditemukan 6 Oktober 1995

www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
Artikel Lain

Tugas Kepler telah berakhir mencari planet. Terkumpul 678GB data, mendokumentasikan 61 supernova, menemukan 2662 planet, dipublikasikan hampir 3000 dalam dokumen jurnal sain. Setelah bertugas hampir 10 tahun di ruang angkasa. Tugas Kepler selesai, dan terbang di ruang angkasa mengorbit ke matahari, baru kembali ke dekat bumi tahun 2071

Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Untung bulan itu jauh, tidak jauh sekali sih. Jaraknya 384 ribu km dari bumi. Stasiun ISS yang mengitari bumi setiap 90 menit berada diatas dengan ketinggian 420km. Kalau orbit ISS digantikan bulan apa yang terlihat di bumi.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari



Youtube Obengplus


Trend