Green | 18 May 2013

Menanam pohon di ruang sempit, cukup untuk kebun mini

Dengan kreativitas sebuah tempat ruang sempit dapat dijadikan kebun mini

Banyak pemilik rumah ingin memiliki kebun kecil atau tanaman bunga di rumah.

Tetapi kondisi rumah yang terbatas atau tempat tinggal seperti apartemen akan sulit menanam pohon sendiri.

Terkadang pemilik rumah ragu apakah tanaman bisa tumbuh karena posisi cahaya matahari tidak banyak masuk disekitar rumah.

Tumbuhan bisa hidup hanya dengan sinar lampu saja.

Bukan alasan tidak menanam pohon kecil karena tidak ada tempat atau kurangnya cahaya matahari.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah.

Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya.

Atau seperti tumbuhan lidah buaya lebih mudah, karena tumbuhan tersebut tidak mengotori lantai. Bila ruang terbatas bisa menanam pohon yang tumbuhnya tidak terlalu besar. Seperti apa cara menanam pohon di ruang sempit. Beberapa gambar diambil dari Habitat


Pohon dengan pot dan keranjang untuk pot bisa ditaruh / dikait di dekat pagar balkon dan pagar rumah.



Sudut rumah bisa ditanam pohon yang lebih besar.



Posisi pot dekat dengan jendela




Tanaman bisa ditanam di pinggir lantai balkon rumah atau apartemen







Baca juga bahan untuk menanam pohon di rumah untuk lahan sempit, dengan berkebun di rumah memanfaatkan barang bekas

Artikel Lain

Perusahaan Coca-cola terbesar, dan nama Indonesia masuk nomor 1 penghasil sampah plastik global. Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Penyumbang sampah plastik ada di layanan pemesanan makanan online.

Wereng di anggap hama pertanian. Peneliti Penn State menemukan permukaan badan hama ini memiliki teknologi anti UV. Bentuk brokosom bola kecil ukuran nanometer, membuat serangga kasat mata bagi predator. Di dunia sain, dapat membuat bahan anti panas, anti infrared, bahkan anti UV.

Kebun sayur atau pertanian vertikal mencapai 86 luas lapangan tenis. Dalam 10 tahun perusahaan JFC dapat mengirim sayur, buah ke toko retail serta mengurangi impor dari luar negeri. Memangkas perjalanan pengiriman, membuat sayur datang lebih segar ke toko retail dan piring konsumen.

Bila seseorang mulai mengurangi pemakaian kendaraan, mengecilkan AC, rajin mematikan lampu yang tidak terpakai. Dia tidak sendirian. Para ahli sudah mengatakan jauh hari, negara di Asia Selatan paling terkena dampak dan tidak dapat dirubah. Indonesia rangking 34. Prediksi buruk dari tahun 1912 sangat akurat yahg awalnya dikira palsu.

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.

Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Jangan dikira kegiatan berkebun seperti gaya feminim. Menanam pohon tidak harus mahal tapi perlu akal. Dapat mendaur ulang barang bekas untuk pot, dan mengambil bibit tanaman dari sampah kita sendiri. Membuat kegiatan berbeda dibanding menonton TV atau hanya duduk di rumah.Beberapa tip untuk mulai berkebun dari media tanah sampai jenis pot.

Membuat pupuk organik dapat mengunakan bahan sederhana. Kulit pisang, kulit telur, ampas kopi, air aquarium sampai cuka dapat dijadikan pupuk untuk penyubur dan menjaga tanaman lebih sehat. Sampah dirumah anda adalah pupuk untuk tanaman.

Berada di Assam India tempat kelahirannya. Ketika masih muda, dia mengingatkan departemen kehutanan untuk menanam pohon disana. Tapi departemen kehutanan bersikeras tanaman tidak akan tumbuh. 30 tahun perjuangan membuat hutan sendiri, mendapat gelar Forest Man of India dari Presiden Abdul Kalam

Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.

Sering menemukan plastik bekas tempat telur dan suka berkebun kecil. Keduanya bisa disatukan. Tempat telur dari plastik biasanya dibuang setelah isinya habis. Bila menyukai menanam pohon, bisa memanfaatkan tempat telur bekas untuk bibit baru.

Masyarakat Amerika terlalu banyak membuang makanan. Terkait dengan tanda label tanggal kadaluwarsa. Lalu apa fungsi tanggal kadaluwarsa di makanan supermarket Amerika. Bagaimana mengetahui daging busuk, atau susu formula. Percayakan pada indra kita.

Membuat meja untuk foto kecil bisa dilakukan dikamar sendiri. Selama ruang foto mendapatkan pencahayaan yang bagus. Peralatannya sederhana, kertas, karton, dan tape perekat sudah bisa digunakan untuk meja foto kecil

Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.

Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung.

Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol

Dibawah ini beberapa tip mendaur ulang barang bekas dan lebih kreatif mengunakan barang di kehidupan sehari hari.

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Pohon sequoia sebagai pohon terbesar kedua, diperkirakan berumur 2.300 tahun. Diabadikan ketika musim salju

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari



Youtube Obengplus


Trend