Green | 18 September 2024

Uni Emirat Arab panel-surya kredit ke tagihan rumah

Listrik solar cell dikirim ke jaringan listrik dapat kredit

Warga di Uni Emirat Arab utara kini dapat menghemat tagihan listrik bulanan dengan memasang panel surya atap, menghasilkan energi bersih dan terbarukan.

Melalui inisiatif baru, pelanggan layanan listrik EtihadWE, termasuk pelanggan perumahan, industri, dan pertanian, diberi sistem fotovoltaik (PV) atap yang memungkinkan mereka menghasilkan tenaga surya.

Ini bagian dari inisiatif Distributed Solar Systems (DSS), kolaboratif Kementerian Energi dan Infrastruktur (MoEI) dan EtihadWE yang menangani listrik dan air Uni Emirat Arab.
Bertujuan untuk mempromosikan penggunaan energi berkelanjutan di Emirat utara.

Energi surya yang dihasilkan di rumah akan diserap kembali ke jaringan listrik, berkontribusi pada keseluruhan pasokan energi terbarukan di seluruh Emirat utara.
Meskipun konsumen tidak secara langsung menggunakan energi yang dihasilkan panel surya, warga akan mendapatkan keuntungan dari tagihan energi yang lebih rendah sebagai imbalan atas kontribusi sistem energi terbarukan.

Saat ini, tiga sektor utama dapat mengajukan permohonan untuk pemasangan semacam ini. Dari industri, unit perumahan, dan bisnis pertanian.
Warga dapat memasang panel surya, dan kelebihan pasokan listrik di alirkan ke grid jaringan listrik nasional.

Berbicara di media Khaleej Times di Abu Dhabi pada hari Selasa, Eng Sharif Al Olama 16 Maret 2024.
Wakil Menteri Urusan Energi dan Perminyakan di MoEI, mengatakan, apa pun investasi yang ditanamkan pada panel-panel ini, konsumen akan mendapatkan keuntungan atas investasi mereka dalam waktu dua hingga tiga tahun.
Hal ini akan tercermin dalam tagihan listrik rumah, dan mereka akan melihat pengurangan yang wajar dalam tagihan listrik mereka.

Menyoroti proses dan alur kerja yang dikembangkan untuk inisiatif ini, Olama lebih lanjut menjelaskan terinspirasi dari program Dewa's Shams Dubai solar programme, beroperasi pada konsep pengukuran bersih.

Pelanggan memasang panel surya dan menghasilkan listrik, menurunkan tagihan listrik bulanan mereka. Eng Sharif Al Olama (Kiri)

Olama menambahkan, target tahun ini adalah 20 MW.
Jika sudah mencapai level itu, kami akan berhenti menerima permintaan aplikasi.


Shams Bay telah berjalan selama beberapa tahun, program yang sukses di bidang energi terbarukan.
Jadi, kami berkomunikasi dengan Dewa Shams.

Kami mendapat daftar kontraktor yang disetujui, susunan yang disetujui, inverter, dan lainnya dan menerapkan pendekatan yang hampir sama untuk wilayah Emirat utara.

Bagi kami, kesehatan dan keselamatan pelanggan adalah yang utama.
Selain itu, pemohon harus mematuhi daftar kontraktor dan peralatan yang disetujui ini.
Pada saat yang sama, warga harus berkomunikasi dengan otoritas terkait untuk mendapatkan NOC seperti kotamadya.

Pelanggan akan memiliki dua meteran
Bagaimana cara pemasangan instalasi listrik rumah yang di distribusikan ke jaringan listrik nasional.
Pelanggan yang berpartisipasi dalam inisiatif ini akan memiliki dua meteran

Satu untuk melacak energi yang diekspor ke jaringan dan satu ybtyj untuk mencatat energi yang digunakan.
Setiap bulan, energi keduanya dibandingkan.

Jika energi listrik yang dihasilkan masuk ke jaringan listrik nasional lebih banyak, maka akan di kredit ke akuun pelanggan untuk digunakan dalam tahun yang sama.

Seluruh proses, dari tahap aplikasi hingga pemasangan, diharapkan memakan waktu tidak lebih dari dua hingga tiga minggu.

Lokakarya dan sesi kesadaran akan diberikan untuk memandu pelanggan yang berminat dalam memperoleh NOC dan memastikan mereka memiliki semua dukungan sampai instalasi.

Kami menetapkan batas 10 persen dari total beban tersambung dengan maksimum 1MW.
Alasannya untuk tahun pertama, kami ingin menilai berbagai hal secara teknis dan ekonomis serta memahami dampaknya.

Apakah jaringan stabil selama satu tahun itu, atau kita melihat adanya gangguan.
Dari perspektif ekonomi, bagaimana hal itu memengaruhi EtihadWE, dan bagaimana hal itu menguntungkan pelanggan terkait tagihan mereka.

Jadi, setelah satu tahun, kami akan melakukan studi komprehensif dan akan mengambil keputusan lebih lanjut, kata Olama.
Proyek untuk mendukung tujuan jangka panjang Strategi Energi UEA 2050, termasuk meningkatkan kontribusi pembangkitan energi bersih hingga 32 persen, memastikan negara tersebut berada di jalur yang tepat untuk memenuhi melipatgandakan pangsa energi terbarukan pada tahun 2030 sesuai dengan Konsensus UEA.

Proyek ini diluncurkan pada bulan Juli 2023 dengan studi kelayakan dan penilaian dampak finansial dan teknis dari menghubungkan DSS ke jaringan listrik.
EtihadWE telah mengembangkan peraturan dan pedoman teknis untuk sistem tersebut bekerja sama dengan MoEI.

Sebagai pemasang bersertifikat, EtihadWE akan menyediakan kontraktor bersertifikat untuk memasang panel surya, memastikan mereka mematuhi standar keselamatan terkini.

Indonesia memiliki program listrik panel surya
Aturan pemasangan solar tahun 2024 berubah, dan PLN tidak membeli listrik dari pelanggan.
PLTS atap terbagi dengan on-grid dan off-grid.

Off-grid tidak memerlukan ijin, karena tidak tersambung ke jaringan PLN.

On-grid diatur  Permen ESDM Nomor 130/2024.
Harus mendapat ijin dengan instalasi yang terdaftar.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024 tentang PLTS Atap, di antaranya:
Kapasitas pemasangan PLTS Atap tidak dibatasi 100% dari daya terpasang PLN tetapi berdasarkan ketersediaan kuota PLN.
Kuota kapasitas sistem PLTS Atap dalam clustering (di tingkat PLN UP3) yang dipublikasikan oleh PLN melalui laman, aplikasi, dan/atau media sosial resmi milik PLN. Kuota ini ditetapkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan setiap 5 (lima) tahun.
Peniadaan mekanisme ekspor impor. Nilai kelebihan energi listrik dari sistem PLTS Atap pelanggan ke jaringan pemegang IUPTLU tidak diperhitungkan dalam penentuan jumlah tagihan listrik pelanggan.
Peniadaan biaya kapasitas untuk semua jenis pelanggan PLN.
Pengaturan dan penyederhanaan waktu permohonan pemasangan PLTS Atap oleh Pelanggan PLN dan pengajuan dilayani oleh PLN berdasarkan mekanisme FIFS (First In First Serve).
Biaya pengadaan advanced meter sebagai pengganti meter kWh ekspor impor ditanggung Pemegang IUPTLU.
Mekanisme pelayanan berbasis aplikasi untuk kemudahan penyampaian permohonan, pelaporan dan pengawasan program PLTS Atap.
Tersedianya Pusat Pengaduan PLTS Atap untuk menerima pengaduan dari pelanggan PLTS Atap atau Pemegang IUPTLU.

Artikel Lain

Turbin angin Mingyang MySE18.X-20MW dengan output 20MW. Turbin angin CSSC memiliki diameter 260 meter, dengan bilah raksasa sepanjang 128 meter. Turbin angin Sany SI-270150 di darat paling ramping. Bisa dibayangkan sebuah generator pembangkit listrik berada di ketinggian lebih dari 128 meter. Menghasilkana energi MegaWatt.

Ketika energi terbarukan dengan panel surya digunakan, dan pemerintah memberi insetif. Warga mulai memasang solar cell di rumah, karena lebih hemat biaya listrik. Tetapi hampir 20 tahun, panel surya yang usang harus diganti. Kemana sampah energi hijau tersebut pergi, ini masalah besar di negara maju.

Pakistan sebelumnya memiliki masalah, dari jaringan listrik yang kurang memadai. Dan pembangkit milik swasta yang diperlukan untuk masyarakat. Sekarang berbalik, warga lebih memilih membeli panel surya, dibanding menghadapi masalah dengan listrik byarpet

Tidak hanya Eropa, negara di Afrika mengambil langkah pasti mengunakan energi terbarukan. Nigeria dengan jumlah penduduk terpadat di Afrika, melakukan subsidi kendaraan listrik dalam negeri, infrastruktur pengisian, pembiayaan yang ringan bagi pemilik kendaraan. Semua aturan menguntungkan dan di kebut untuk dekarbonisasi

Peneliti universitas Dalian membuat jenis baterai yang disebut Flow Battery. Memiliki siklus lebih dari 800 pengisian dapat kapasitas tidak banyak berubah atau tidak mengalami degradasi, bahkan dapat dipasang di luar ruangan sampai terkena udara biasa.

Dengan formula khusus, rancangan peneliti Notre Dome membuat kaca tembus pandang dan menolak panas infrared serta ultra violet. Aplikasi kaca untuk rumah, kantor bahkan kendaraan tetap sejuk. Hemat biaya AC sampai 1/3 pertahun, menurunkan suhu 9,7 - 13 derajat F,  menolak spektrum cahaya dari segala sudut.

Lampu LED akan lebih efisien digunakan untuk bisnis. Satu toko sepeda mengunakan lampu LED dengan sistem sensor gerak. Lampu hanya aktif ketika seseorang masuk ke dalam. Membuat lampu tidak perlu dinyalakan.

Baterai lithium berbasis LifePO4, lebih handal dan dapat di jadikan baterai Accu dengan voltase nominal 12,8V. Rata rata rumah dapat memasang 2 baterai untuk mencapai kapasitas 2560Wh x 2 unit. Baterai memiliki kinerja seperti baterai Deep Cycle, dengan proteksi power minimum 10V/DC.

Membangun pembangkit dari cahaya matahari tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk skala industri dirancang sebuah sistem untuk mengoptimalkan produksi listrik. Bila di rumah dipasang panel surya pada bagian atap dan panel berada di posisi tetap. Industri tidak demikian. Bagaimana industri merancang panel surya agar menghasilkan listrik paling optimal.



Youtube Obengplus


Trend