Label sticker garansi itu ilegal giliran produsen motherboard


   Stuff | 4 July 2024


FTC badan konsumen Amerika kirim surat tentang stiker garansi Juli 2024
Pernah melihat salah satu stiker warranty void if removed yang menutupi lubang sekrup pada gadget

FTC mengingatkan ASRock, Gigabyte, dan Zotac bahwa stiker tersebut ilegal.

Setiap surat memberitahu produsen untuk mengubah garansinya dan meninjau praktik support pelanggan untuk memastikan mereka tidak mengancam garansi secara ilegal.

Saat ini, masing-masing jaminan perusahaan mencakup dengan stiker.
Baris pertama dalam garansi

ASRock berbunyi, “Garansi pabrikan akan batal dan tidak berlaku jika produk dimodifikasi, rusak, atau dirusak, misalnya, casing luar dibuka atau suku cadang/komponen opsional tambahan dipasang/dilepas.
Gigabyte mencakup: Jika stiker pabrikan di dalam produk telah dilepas atau rusak, maka stiker tersebut tidak lagi tercakup dalam garansi.

Undang-undang hak Repair yang diminta FTC di sini bukanlah undang-undang negara bagian yang sekarang mulai berlaku.
Tetapi Undang-Undang Jaminan federal lebih luas, dimana mencegah perusahaan memberikan jaminan yang buruk dan salah mengartikan.


“Undang-undang Garansi melarang penjamin produk konsumen yang harganya lebih dari lima dolar untuk mengondisikan jaminan tertulis mereka atas penggunaan barang atau layanan apa pun oleh konsumen, seperti layanan perbaikan, yang diidentifikasi berdasarkan merek, dagang, atau nama perusahaan, kecuali (1) jaminan menyatakan bahwa barang atau layanan akan diberikan kepada konsumen secara gratis, atau (2) pemberi jaminan telah diberikan pengabaian oleh Komisi,” tulis FTC.

Penyelidik FTC telah menyalin dan menyimpan halaman online yang dipermasalahkan, dan kami berencana meninjau garansi tertulis dan materi promosi perusahaan setelah 30 hari, kata agensi tersebut ke setiap perusahaan.

Label sticker dan RMA produsen untuk konsumen

Tahun 2018, FTC memberi peringatan kepada Nintendo, Sony, dan Microsoft karena melakukan hal yang sama dengan konsol game mereka, serta Asus, HTC, dan Hyundai. Nintendo, Sony, dan Hyundai untuk memperbarui kebijakan.
Asus juga baru-baru ini memikirkan kembali dukungan pelanggan dan garansinya setelah penyelidikan Gamers Nexus, namun hal itu tidak ada hubungannya dengan garansi yang dibatalkan.
Aturan ini berbeda beda di setiap negara.

warranty-void-if-removed stickers Agustus 2016
Produsen perangkat elektronik suka menempatkan label warranty-void-if-removed stickers.

Stiker yang menutup di lubang baut, di selipan plastik sebuah perangkat elektronik.

Bila label tersebut rusak, maka garansi tidak diberikan lagi oleh produsen. Karena dianggap penguna membuka perangkat untuk membuka baut atau plastik, dan mengutak atik isinya.

Saat ini pengaman stiker yang menututup di lubang baut, di atas chip atau di garis belahan plastik sebenarnya ilegal dan dianggap tidak sah oleh undang undang konsumen

Tapi tetap saja produsen memaksakan untuk menutup bagian perangkat agar tidak dibuka oleh pemiliknya.

Xbox One S masih memasang warranty-void-if-removed stickers. Padahal di Amerika, badan FCC setingkat perlindungan konsumen melarang pemasangan stiker tersebut.

Juru bicara FTC mengatakan seperti ini “The stickers could be deceptive by implying consumers can’t use parts the warrantor doesn’t pre-approve, which violates the anti-tying provisions of MMWA,” Cornell University

Contoh mobil, tidak ada aturan pemilik kendaraan memodifikasi bagian kendaraan mereka. Karena akan bertentangan dengan hukum bila urusan membeli speaker audio di kendaraan harus membeli dari peralatan yang disediakan produsen mobil sendiri.

Batasan aturan garansi kendaraan hanya meliputi mesin, bila user memodifikasi dan merusak mesin mobilnya sendiri. Tentu itu tidak akan di garansi oleh produsen

Mengapa Microsoft masih memasang label stiker pengaman di peralatan dan mencegah orang membuka dan menambah peralatan di dalam perangkat Xbox. Jawabannya sederhana.

Mereka tahu penguna Xbox tidak akan melakukan apa apa dengan label yang dipasang. Ini adalah contoh yang baik, dimana perusahaan bisa lolos bermodalkan lembaran stiker. Menuntut  Microsoft ke pengadilan untuk mentaat aturan resmi tidak murah, di Amerika dibutuhkan biaya ratusan dollar dan lebih mahal dari satu perangkat Xbox. Dan Microsoft akan membawa pengacara mereka yang handal. Apple, Sony juga sama melakukan pemasangan label garansi.

Label sticker garansi itu ilegal tapi tetap saja dipasang produsen

April 2018
Badan regulasi produk Amerika mengatakan label garansi di produk adalah ilegal mulai tahun 2018.

FTC meminta perusahaan seperti Asus, Microsoft, Nintendo, Sony, Hyundai, dan HTC mematuhi aturan hukum atau badan negara akan memberikan tindakan hukum.

Alasannya sederhana, apakah garansi akan hilang bila kotak perangkat harus dibuka  ?.
Walau user hanya ingin membersihkan debu di dalam.

Masalah lain,
Tidak sampai disana, beberapa produsen menginginkan pengunaan perangkat original dari produk mereka sendiri.
Memang UUD dari langkah yang dilakukan distributor di Amerika tersebut.

Kasus lain seperti produsen camera. Tidak menjual beberapa komponen penting kepada pihak ketiga atau layanan servis diluar agen resmi yang ditunjuk dari perwakilan produsen. Sedangkan tempat servis yang sudah bertahun tahun akhirnya tidak mendapat suku cadang resmi lagi dari pihak perwakilan pemegang merek.
Membuat tempat servis harus mencari komponen diluar Amerika.
Padahal kebutuhan layanan servis yang dekat, tersedia komponen, dan perbaikan cepat dapat memberikan manfaat bagi nama produsen itu sendiri.
Masih ada saja produk yang mencari uang kecil untuk keuntungan yang tidak seberapa. Dan mengabaikan kenyamanan after sales.

Pelanggaran ini mungkin hanya mewakili sebagian kecil dari ketentuan garansi yang samar bagi konsumen.

Artikel Lain

Mengapa peralatan modern lebih rumit bahkan cepat rusak. Harian WP menanyakan ke teknisi dan penjual, perangkat modern menjadi rumit karena banyak komponen elektronik. Perangkat lama mengunakan teknologi analog dan mekanik lebih tahan lama,

Teknologi smartphone begitu cepat, kadang kita membaca dengan kagum. Melihat smartphone Android dari model terbaru dengan harga relatif lebih mahal. Bila kita cerdas dan melihat apakah semua fitur itu dibutuhkan. Bila tidak, ada baiknya melihat ponsel bekas yang dulu kita inginkan. Mungkin harganya sudah lebih murah.

Korea dengan kemajuan teknologi, juga membuat kepraktisan dari kebiasaan warga disana. Desain lampu penyebrangan, payung peneduh, membersihkan payung yang basah agar tidak membuat lantai licin, memanggil staf restoran, sampai meminta pengiriman makanan dimana saja anda berada.

Kendaraan listrik, mobil listrik tidak memiliki persneling. Sistem yang sulit di tangani oleh pemadam biasa. Perlu alat khusus untuk memadamkan di bagian baterai. Kendala kedua tempat parkir, setelah runtuhnya tempat parkir di kota New York. Ada ke khawatiran kejadian dapat terulang dimana  saja, ketika struktur gedung tua tidak siap

Bagaimana influencer mempengaruhi pengikutnya sampai menipu mereka. Agar mereka mempengaruhi orang untuk ikut, tapi dibelakang melakukan konspirasi. Tidak ada uang yang mengalir, tidak ada pengambilan dana. Bagaimana dengan latar belakang mereka.

Jam dinding rumah mati atau rusak, yakin itu rusak. Ada 2 cara perbaikan, dengan melihat kerusakan dari jam dinding. Bila detik bergerak tapi tidak berputar, jam tidak rusak, hanya macet dan mudah diperbaiki. Bila jam di pasang baterai tapi tidak ada suara jam, masalah di konektor baterai jam dinding.

Bila ke Jepang biasakan dengan budaya mereka. Tidak terlalu aneh tapi menarik. Antri, makanan porsi kecil, barang hilang, harga buah, barang ditinggal pemiliknya,  dan kebiasaan makan. Paspor asli akan mendapat potongan harga. Stasiun kereta MRT memiliki nada berbeda beda.



Youtube Obengplus


Trend