Gunung terbesar Olympus ini benar benar besar


   Science | 1 July 2024

NASA merayakan pengorbit Odyssey yang menyelesaikan orbit Mars. Sekaligus merayakan pesawat ruang angkasa Odyssey yang telah 100.000 kali mengorbit di planet Mars.
Pesawat luar angkasa tersebut mencapai tonggak sejarah tersebut pada tanggal 30 Juni sebagai misi terlama di planet merah.

Diluncurkan pada tahun 2001, Orbiter diberi nama berdasarkan novel '2001: A Space Odyssey' karya Arthur C. Clarke dan memberikan kontribusi yang sangat berharga dalam menjelajahi Mars.

Menurut NASA, pengorbit berusia 23 tahun itu telah mengambil 1,4 juta gambar dan menjadi pendukung enam misi Mars lainnya.

Sebagai bagian dari perayaan tersebut, NASA telah membagikan gambar luar biasa dari Olympus dan gambar yang didapat terlihat gunung ini benar benar besar.
Gunung Olympus tercatat jauh lebih besar dari gunung yang ada di Bumi.

Subjek dari citra Olympus Mons terbentang sepanjang 600 kilometer dan tingginya 27 kilometer.
Tidak salah, 27.000 meter di atas permukaan tanah Mars.
Atau sekitar 21.9km dan setara 2,5x lebih tinggi dari gunung Everest.
Berapa tepatnya, ketinggian tidak kurang darai 21,9km. Karena sulit mengukur dari sudut mana.

Gunung Olympus adalah gunung terbesar dan termuda di planet Mars.
Terbentuk selama periode Hesperian Mars dan berlanjut sampai periode Amazon.

Gunung Olympus Mons terbesar di tata surya

Di sekitar lereng gunung terdapat tebing, tapi ini juga bukan tebing biasa.
Memiliki ketinggian sampai 8km, sedangkan sebagian telah tertutup aliran lava. Tebing tersebut kemungkinan longsor yang sangat besar.
Bila digambarkan, ukuran gunung tersebut sebesar negara Italia atau Filipina.

Disana terdapat kawah Karzok besar dengan diameter 15,6 km dan kawah Pangboche dengan diameter 10,4km.
Kemungkinan kedua kawah diakibatkan tumbukan meteor yang jatuh ke Mars.

Biggest mountain Olympus vs Everest


Gunung Olympus memiliki ukuran besar disebabkan planet Mars tidak memiliki lempeng tektonik yang bergerak seperti Bumi.

Biasanya kita melihat Olympus dalam bentuk garis-garis sempit dari atas, namun dengan mengarahkan pesawat ruang angkasa ke arah cakrawala dapat melihat dalam satu gambar betapa besarnya gunung ini termasuk ke seluruh bidang,” kata Jeffrey Plaut, ilmuwan proyek Odyssey di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA ) yang mengelola pesawat ruang angkasa.

Melihat ketinggian gunung dapat dibedakan dengan peta topografi.

Sisi tengah adalah bagian paling tinggi menjulang ke atas. Sedangkan bagian yang relatif datar diberikan warna hijau.

Gunung Olympus ketinggian dari peta topografi

Para ilmuwan mengatakan hal ini juga akan membantu dalam mempelajari lebih lanjut tentang awan dan debu di udara Mars dan dengan memecahkan kode atmosfer di planet Mars.



Celah tebing Mars.
Di planet Mars terdapat retakan seperti celah Grand Canyon di Amerika.

Jurang atau lembah tersebut gerlihat gelap disertai garis aneh seperti pola zebra.
Kemungkinan dampak dari aktivitas vulkanik ekstrem jutaan tahun lalu.

Paling mencolok disebut celah Aganippe Fossa.
Celah sepanjang 600 km, lebih panjang dibanding Grand Canyon 446km.
Tapi celah Aganippe Fossa masih lebih pendek dibanding celah lain yang dinamai Valles Marineris sebagai garai terbesar sepanjang 400km.
Nasa belum dapat memperkirakan, kapan Aganippe Fossa terbentuk. Namun para ahli memperkirakan, ada bukti letusan di Mars sekitar 50 ribu tahun lalu.
Kemungkinan aktivitas gunung api Mars tidak setua perkiraan sebelumnya.

Aganippe Fossa

Artikel Lain

Pesawat ruang angkasa membuktikan adanya jejak air di planet Mars. Penemuan pesawat Mars Express menemukan es di atas kawah Korolev. Mungkin di planet Mars dahulu memiliki atmofer cukup tebal. Dan planet lebih hangat dibanding saat ini.

Tim Alberta 2016 mundur setelah nyaris dihantam guguran es. Film pendakian gunung Breathtaking K2 dari Carla Perez dan Adrian Ballinger. Mengapa puncak K2 bisa menelan korban. Puncak K2 bukan puncak pendakian biasa, hanya pendaki gunung profesional kata Pemba Gyalje seorang sherpa pahlawan.

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. . Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Seperti apa gerhana matahari di planet Mars

Yuichiro Miura 80 tahun dan putranya mendaki gunung Everest. Ayahnya pernah memecahkan rekor sebagai orang paling tua yang mencapai puncak. Setelah rekornya dikalahkan oleh pendaki Nepal dan berhasil. Posisi manusia kedua tertua mencapai Everest oleh Sherchan Nepal, gagal 6 Mei 2017 karena menderita sakit jantung.

Semua gunung paling berbahaya bagi pendakian memiliki puncak yang berada di 8000 meter. Seluruh gunung tertinggi memiliki resiko kematian, tapi 4 gunung ini memiliki resiko di atas gunung Everest. Artinya rasio yang tidak pulang dibanding yang berhasil mencapai puncak dan kembali ke rumah akan lebih banyak

Gunung tertinggi di Asia Tenggara baru tercatat di tahun 2014 oleh tim Nat Geo dan Northface. Gunung Hkakabo Razi memiliki ketinggian 5881 meter, 1000 meter diatas Puncak Jaya. Untuk mendaki kesana disebut Anti Everest. Tidak ada porter pendukung pendakian. Bahkan mencapai ke basecamp harus berjalan kaki di tengah hutan

Film pendakian gunung K2 Siren Himalaya ini menceritakan pendakian paling menantang. Bukan pendakian ke puncak tertinggi di gunung Everest, tapi di puncak gunung tertinggi ke 2 yaitu K2. Pendakian Everest 20 orang 1 tidak pulang, tapi di pendakian K2 rasio 4 pendaki 1 tidak pulang

Mengapa pegunungan Himalaya membentang sampai 2.900 km. 2 puncak tertinggi di dunia ada disana. Daratan India dahulunya berada di bawah lalu bergerak naik ke arah utara sejauh 6000km. Akhirnya bertabrakan dengan lempeng Asia pada 40-50 juta

Film dokumenter tentang pendakian ke puncak paling berbahaya di pengungan Himalaya yaitu puncak K2. Diceritakan dari awal perjalanan sampai tantangan selama persiapan dan kesulitan dari basecamp. Resiko pendakian disini 4 berbanding 1



Youtube Obengplus


Trend