SSD Gigabyte AI Top 100E NVMe daya tahan write jauh lebih lama 100x


   Hardware | 22 June 2024


SSD memiliki 2 garansi untuk masa pakai. 1 garansi waktu, ketika penguna membeli dan dihitung sampai 2, 3, 5 tahun. Bila terjadi kerusakan SSD, produsen dapat memberi pengantian.
Garansi kedua untuk Write, disebut TBW (TerraByte Write), produsen tetap menjamin bila SSD mengalami masalah ketika tertera penulisan belum mencapai batas pemakaian.
Tetapi ada salah satu garansi TBW, bila penguna mengunakan write data terlalu besar diluar pemakaian. Garansi tidak berlaku walau SSD belum melewati waktu garansi.

SSD dapat mencatat berapa kali diaktifkan, berapa banyak data disimpan dan lainnya. Kita maupun produsen dapat memeriksa catatan log dari SSD.
Untuk mengetahui informasi berapa lama lagi SSD sudah masuk masa usang dengan persentase yang menurun. Walau nanti angka 0 tercapai, bisa saja SSD masih dapat bekerja baik.

SSD memang berdampak seberapa besar data di Write ke dalam sel memory. Tapi tidak berdampak dengan membaca data. Bila kita mengunakan SSD untuk beberapa kali penyimpan/

Ke khawatiran penguna SSD terkait pemakaian intensif Write data. Juga kapasitas SSD yang tidak boleh di isi terlalu penuh, mengingat distribusi data akan terpusat di sisi are yang tidak terpakai. Banyak penguna dan kalangan teknik, minimal SSD harus menyisakan sekitar 25-30% kapasitas. Kecuali penguna mengetahui, SSD yang digunakan hanya untuk membaca / Read data saja.

Daya tahan SSD saat ini banyak mengunakan chip 3D NAND tipe TLC yang dianggap lebih handal dibanding chip QLC.
Tetapi beberapa produk SSD premium seperti Samsung Pro, malah mengunakan SSD dengan chip MLC yang jauh lebih kuat. Sayang harganya mencapai 2x lipat dari SSD TLC.
Intel sebelumnya menawarkan chip SSD XPoint 3D, dan itu adalah chip SLC yang amat sangat handal. Jangan heran beberapa produk yang tersisa di SSD ini sangat mahal, 400GB saja setara $500, itu 10 x lipat harga SSD TLC model NVMe. Bahkan interface SATA yang ditawarkan Intel di tahun 2008.


Gigabyte AI Top bulan Juni 2024 tiba tiba tampil.
Kali ini dirancang untuk beban Ai yang berat. Tapi SSD seri Ai Top menempatkan kemampuan 1TB setingkat 109.000 TBW. atau 109PBW.
Bandingkan dengan SSD NVMe TLC dipasaran, rata rata hanya sekitar 1PTW untuk kapasitas 1TB.
Model Gigabyte AI Top 2TB jauh lebih kuat, setara 219 PB, jadi lebih kuat 100x dari SSD standar.

Model SSD yang dirancang untuk daya tahan Write lain
Micron 7450 Max memiliki daya tahan 70PBW, tapi kapasitasnya dirancang untuk 12,8TB. Bila dibagi untuk kapasitas 1TB, sekitar 5,5PTW

Sejauh ini daya tahan SSD dipegang oleh Intel Optane tapi produksi telah dihentikan karena terlalu mahal. Dan Intel berpindah ke 3D Xpoint yang lebih kuat dibanding chip NAND.
Intel Optane SSD PX5800X 1,6TB memiliki daya tahan 292TBW.

Kadang angka TBW tidak mewakili pengunaan di dunia nyata. Kadang penguna sendiri yang salah menempatkan kinerja SSD, dan TBW sekali lagi menjadi salah satu parameter garansi yang relevan.

Gigabyte AI Top 100E SSD mengunakan form M.2 panjang 80 mm.
Tebal diatas 3,5 mm artinya ada chip lain yang ditanam pada memory di kedua sisi.

Gigabyte AI Top 100E
M.2 2280, PCle 4.0 x4 interface, NVMe 1.4?
Expand memory pool for AI models or contents?

Outstanding TBW (Terabytes Written) for workload scenarios of Al training.?
SMART & TRIM support?
LDPC (Low Density Parity Check) of ECC algorithm supports?
5 years limited lifetime warranty

SSD daya tahan Write Gigabyte AI Top 100E

Bagaimana cara kerja SSD Gigabyte AI Top 100E belum disebutkan
Mungkin Gigabyte merancang chip QLC dengan kelipatan misal 1TB SSD NVMe sebenarnya berisi 4 TB chip agar distribusi data dapat merata sebagai chip SLC 1bit.
Gigabyte telah memberi pernyataan chip yang dipakai tipe tLC BicS5 buatan Kioxia.
Hanya pengoperasian seperti perkiraan media hardware.
Dengan mode pSLC untuk mengurangi kapasitas sampai 1/3 dan sisanya sebagai chip backup.

Artikel Lain

SSD Teamgroup T-FORCE G70, G70 PRO, G50, G50 PRO, untuk storage PCIe 4 NVMe. Model Pro dilengkapi cache dengan DRAM dan SLC. Model tertinggi T-Foce G70 Pro memiliki varian dengan heatsink, model standar dengan heatsink graphene.

Kalau SSD 1 slot sudah 12GB/s bagaimana dengan 4 slot bekerja RAID 0. Asus Hyper M2 x16 Gen5 menawarkan slot NVMe SSD ke PCIE. Langsung dipasang 4 dengan sistem RAID 0. Speed naik 4x lebih cepat dari PCIe 5.0

Kingston DC600M SATA masuk di kelas kebutuhan storage Enterprise SSD. Ditujukan untuk pengunaan data center atau data server. Walau tertinggal untuk kecepatan dibanding NVMe, SSD SATA sepertinya menjadi alternatif untuk kinerja.

Corsair MP700 Pro lengkap dengan pendingin aktif. Corsair MP700 PCIe Gen5 harga terjangkau. Tapi ada persyaratan, model standar diperlukan cooler SSD terpisah, dan Corsair update Firmware mencegah overheating NVMe standar PCIe 5.

MSI Spatium M461 NVMe menawarkan SSD tanpa DRAM. Mengunakan controller Phison E21T. Kecepatan chip controller mampu menangani kecepatan transfer sampai 5GB/s dengan jalur PCIe 4. Tersedia untuk kapasitas storage 500GB, 1, 2 dan 4TB. Chip NAND yang digunakan tipe QLC.

Transcend tampil dengan 4 model SSD, dari kapasitas 64GB sampai 2TB. Model NVMe, SSD standar dan mSata atau Mini SATA. Model NVMe mengikuti standar PCIe x4 dengan kecepatan tranfer 2GB/s dan write 1GB/s. Target storage SSD harga hemat

SSD terbaru Samsung 860 Pro memiliki kapasitas sampai 4TB. Kemungkinan Samsung 860 Pro mengunakan chip terbaru. Update harga SSD Samsung 860 Pro dan Samsung 860 EVO, kapasitas 512GB turun lagi

Samsung PM983 M.3 adalah SSD dengan disain M.3 atau NF1. Generasi baru untuk ukuran NGSFF. Disain modul M.3 memiliki board PCB lebih panjang dan lebih lebar sampai 50%. Dibuat dengan 2 baris chip modul, tentu kapasitas dapat menampung data 2x lebih besar.



Youtube Obengplus


Trend