Film Life Beyond menceritakan kemungkinan kehidupan di luar tata surya


   Stuff | 14 June 2024

Film Life Beyond seri dokumenter yang mengeksplorasi kemungkinan adanya kehidupan di luar bumi dan implikasi dari penemuannya.
Dikumpulkan berdasarkan data dan teori tentang astrofisika.

Dari catatan Will Crowley dan menampilkan wawancara dengan ilmuwan seperti David Christian dan Michelle Thaller

 LIFE BEYOND Visions of Alien Life menjadi versi remaster dari serial dokumenter di sebelumnya, menggabungkan semua episode dengan visual dan narasi yang diperbarui.

Di bagian pertama dalam film ini paling menarik.
Pertanyaan terbesar yang dihadapi umat manusia – Apakah kita sendirian di alam semesta?
Kemajuan terkini dalam penelitian ilmiah dan teknologi semakin mendekatkan kita menemukan jawabannya.
Para ahli mendiskusikan kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi dan apa yang bisa diungkapkan oleh penemuan tersebut tentang alam semesta.

Bintang pertama lahir di alam semesta, tapi tidak ada mahluk hidup yang melihat. Alam semesta kemungkinan belum memiliki kehidupan, setidaknya 13 miliar tahun lalu.

Film dokumenter ini menggali implikasi filosofis dan sosial dari penemuan kehidupan di luar bumi.

Mengubah pemahaman kita tentang diri kita sendiri dan tempat kita di alam semesta, katanya.

Planet terbentuk dari benda padat, cair dan gas.
Tapi yang menarik ada di cairan seperti air adalah satu keunikan. Sedangkan padat memiliki atom yang saling mengikat erat, gas memiliki atom yang bergerak bebas.
Cairan berada di keduanya, dapat bergerak bebas, tapi saling mengikat tapi tidak kuat. Disana dapat muncul kehidupan sederhana.

Berapa banyak planet di sebuah galaksi.

Berapa banyak jumlah planet di galaksi berapa besar kemungkinan berada di habitable zone

Dalam satu perhitungan, jumlah planet yang memungkinkan menampung atau lahirnya kehidupan, setidaknya ketika planet berada di wilayah layak huni.
Tapi itu teori umum, beberapa teori baru mengungkap ketika planet ada di wilayah ekstrem. Bisa saja kehidupan lahir disana bila dimungkinkan.

Di galaksi Bima Sakti, diperkirakan memiliki 50 miliar (50.000.000.000) planet seperti Bumi.
Bila dihitung, kemungkinan jumlah planet berada di posisi tersebut. Jumlah planet mencapai 100 x miliar x miliar dari seluruh isi alam semesta saat ini

Para ahli dapat mempertimbangkan kemungkinan adanya kehidupan di tempat lain di alam semesta.
Bukti apa yang kita cari, dan seberapa dekat kita untuk menemukannya.

Planet yang ditemukan kemungkinan seperti kondisi bumi dimasa lalu


Sebelumnya, dari sisi agama dimana Tuhan yang meletakan manusia di Bumi.
Dari sisi sain, mahluk hidup dimulai dari sel atau molekul sederhana. Tapi perkembangan sel membutuhkan miliar tahun menjadi struktur jauh lebih komplek.

Semua bahan pembentuk kehidupan ada di planet sendiri, kadang terbentuk dengan kondisi ekstrem. Seperti kehidupan awal di Bumi, mulai terbentuk sebelum Bumi stabil.
Tentu bukan manusia, bahkan lahirnya dinosauris, melainkan sel.

Mempelajari alat dan teknologi ilmiah yang digunakan dalam pencarian kehidupan di luar bumi (SETI, teleskop, eksplorasi planet).
Pembicaraan dengan para ilmuwan dapat menunjukkan kemajuan terbaru dalam penelitian mereka dengan berbagai kemungkinan.
Kita dapat mengetahui, kira kira seperti apa bentuk kehidupan alien, yang pasti belum tentu sama seperti kita.

Bagaimana manusia mencari planet yang mungkin dapat di tinggali.
Dahulu Bumi dipenuhi air bahkan permukaan es, sekarang tidak.
Sebagian menguap menjadi atmofer, sebagian ada di dalam permukaan, dan suhu Bumi memanas.
Peneliti dapat mencari planet yang memiliki ciri dengan kondisi awal bumi dahulu, dan ada beberapa kandidat planet ditemukan seperti kondisi tersebut.

Selanjutnya proses bagaimana mahluk hidup bertahan, dan seperti apa kehidupan primitif sampai menjadi mahluk cerdas.
Apakah planet diluar sana akan mirip seperti Bumi, kemungkinan tidak.

Atau alien ada yang sudah sedemikian maju, dan memasuki tahap peradaban tingkat 3. Ketika tingkat peradaban setinggi tersebut mampu menguasai alam semesta dengan teknologi, seperti membangun megastruktur. Atau kita masih sendiri, karena mereka belum menjadi peradaban cerdas, jangan jangan mereka sendiri gagal dan punah.
Tentu itu hanya perkiraan, dunia nyata saat ini sering terlihat penampakan.

Tumbuhan beradaptasi dengan cahaya bintang
Bila ada planet seukuran Bumi, mungkin lebih besar atau lebih kecil. Apakah kehidupan disana sama.
Tumbuhan di Bumi mengunakan warna hijau, menangkap spektrum cahaya matahari.
Karang laut cenderung berwarna cerah, seperti merah karena menangkap spektrum berbeda ketika cahaya matahari melewati air.
Tumbuhan di Bumi mampu beradaptasi dengan cahaya bintang (Matahari).

Bagaimana bila sebuah planet bila cahaya bintang disana terlalu redup, seperti bintang katai merah. Apa yang terjadi dengan kehidupan tumbuhan.
Tanaman bisa saja membentuk daun warna lebih gelap. Untuk beradaptasi dengan kondisi planet, dan menangkap semua spektrum cahaya untuk kehidupan tumbuhan sendiri.

Tumbuhan mengikuti warna dari bintang di Bumi cenderung hijau

Bagaimana kehidupan tanaman bila ada di planet dengan orbit sangat elips.
Orbit Bumi ke matahari relatif stabil. Hanya terjadi pergeseran sudut Bumi dan membentuk musim panas dan dingin.
Bila orbit Bumi tidak tepat dengan lingkaran, misal sudut lebih elips. Apa yang terjadi.

Ketika planet menjauh, suhu turun, ketika planet mendekat ke bintang maka suhu meningkat.
Proses orbit planet ke bintang dapat mempengaruhi kehidupan yang ada, khususnya sebuah planet yang mengorbit dalam rentang beberapa tahun untuk menyelesaikan satu putaran.

Tumbuhan bisa saja beradaptasi dengan perlakukan tersendiri.
Ketika jauh dari cahaya bintang maka tanaman akan tertidur, ketika cahaya bintang memanasi planet maka tumbuhan kembali berkembang untuk tumbuh.
Bentuknya sangat jauh berbeda tanama yang ada di Bumi saat ini.

Gravitasi planet

Membayangkan lebih rumit. Bumi pernah memiliki mahluk terbesar dinosaurus.
Bagaimana dengan planet dengan kehidupan yang berbeda dengan Bumi.

Planet dengan gravitasi rendah, mungkin sulit kehidupan muncul disana, bila planet terpapar radiasi sinar bintang dapat merusak perkembangan semua kehidupan.
Alasannya, kekuatan magnet planet mungkin terlalu kecil.

Bila terjadi keseimbangan dan kehidupan dapat terjadi, disana akan menjadi dunia dengan bentuk lebih kecil.
Bila planet berhasil mempertahankan atmofer, planet dengan perbedaan gravitasi mempengaruhi ukuran tumbuhan bahkan kebalikannya memiliki bentuk raksasa.
Itupun perlu diperhitungkan, bagaimana atmosfer planet. Yang jelas tidak sepenuhnya berisi oksigen seperti di Bumi.

Bumi membutuhkan 3 miliar tahun membentuk kehidupan sederhana yang sangat kecil lalu menjadi kehidupan komplek sampai hadirnya manusia.
Kehidupan ditandai dari adanya oksigen, juga elemen paling penting Metana dimana sebagai jejak adanya kehidupan.

Alien, kehidupan di dunia berbeda juga membentuk tubuh berbeda. Tidak berharap melihat wajah, jari tangan, bentuk tubuh seperti kita.
Kondisi sebuah planet yang melahirkan peradaban cerdas akan sangat berbeda dari yang kita bayangkan.
Banyak lagi yang diceritakan dengan dunia kosmos dalam film Life Beyond.


Artikel Lain

Film UFO rilis 2018, menceritakan bagaimana komunikasi dengan alien. Jangankan berbicara, alien memberi pesan dari sinyal radio dalam bentuk sinyal statis. Apakah manusia dapat menerjemahkan kode sederhana tersebut. Bila ya, anda dapat melihat kami.

Penampakan UFO terkait dengan Amerika, khususnya bukti yang dirilis Pentagon. Netflix menayangkan film Encounters, tidak hanya membawa apa yang diungkap Pentagon. Tapi di beberapa negara dan menceritakan ketika orang melihat UFO, dan apa yang terjadi.

Film penampakan UFO yang tertangkap camera F18 Hornet dari tahun 2004, 2015 dengan istilah Gimbal, GoFast, Tic Tac dan terakhir kubus. Kejadian, lokasi dan tahun berbeda, dari pilot yang melihat. Penampakan juga terlihat warga sipil sampai tahun 2019. Di Italia terjadi pertemuan dengan helikopter, bagaimana helikopter diserang UFO.

Akses unik di belakang layar ke misi ambisius NASA untuk meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST). Tim pembuat film mengikuti tim insinyur dan ilmuwan saat mereka melakukan lompatan raksasa berikutnya dalam upaya untuk memahami alam semesta.

Tahun 1947 setiap penampakan UFO tapi dibantah militer AS dan dianggap sebagai fenomena biasa. Awal publik percaya, selanjutnya mulai curiga. Semakin banyak orang melihat, dan jawaban militer semakin tidak masuk akal. Konspirasi apa yang terjadi selama 20 tahun lengkap dengan rekaman dan saksi terungkap kembali.

Film dokumenter The First Wave, liputan sebuah rumah sakit di awal pandemi. Kota New York memiliki tingkat terburuk infeks.. Seperti yang tidak diberitakan, bagaimana pasien harus ditangani oleh tim medis. Diliput oleh tim National Geographic

Film serial Top Secret UFO Projects: Declassified tampil di streamin video Netflix Juni 2021. Tidak menceritakan penampakan UFO, tapi mengungkap dari kejadian di masa lalu, rahasia militer dan membuka potongan cerita yang tidak lengkap. Diungkap oleh nara sumber yang diam puluhan tahun, atau membuka konspirasi baru

Sebuah film BBC menceritakan apa yang luput dari perhatian kita selama 1 tahun pandemi. Menceritakan alam kembali ke kota besar di luar Indonesia. Bila menonton film ini, kita dapat menebak, jangan jangan kesempatan seperti ini tidak akan terulang sepanjang hidup.

Film Stowaway menceritakan 3 astronot untuk persiapan misi pendukung di planet Mars. Tapi ada 1 penumpang tidak sengaja ikut pergi. Tetapi instrumen penarik karbon dioksida rusak, kondisi menjadi berbahaya karena cadangan oksigen hanya cukup untuk 2 astronot.

Film Passenger menceritakan perjalanan pesawat ruang angkasa Avalon. Membawa 5000 orang untuk pindah ke planet baru Homestead 2. Perjalanan selama 120 tahun, bagaimana awak pesawat berumur panjang di dalam pesawat. Apakah peralatan semua baik. Bagaimana bila sistem pesawat gagal bekerja atau awak pesawat sakit.

Film Arrival menceritakan kedatangan alien ke Bumi. Tidak berkomunikasi dan benda seperti batu raksasa tersebut duduk tenang mengambang. Untuk apa benda itu datang. Ilmuan mulai mendatangi benda tersebut dan dipastikan datang dari luar angkasa, dan kita mencoba berkomunikasi dengan mereka. Arrival juga tiba di situs Torrent

Film Voyage Of Time menceritakan perjalanan alam semesta sampai akhirnya muncul manusia seperti sekarang. Menampilkan perjalanan waktu dari kelahiran sampai muncul planet.  Film dari pengarah Malick mengembangkan proyek untuk Paramount berjudul Q.

Film The Martian bercerita dengan petualangan astronot yang berhasil mendarat di planet Mars. Tapi kondisi Mars yang ekstrim membuat para astronot harus kembali keluar dari planet. Seorang astronot tertinggal, karena hilang diterjang badai. Ternyata masih hidup, bagaimana cara penyelamatan astronot.

Cerita film ini adalah seorang anak yang kurang baik di sekolah, dan kesulitan belajar karena harus harus bekerja. Seorang ibu guru sangat memperhatikan muridnya, apakah sang murid berhasil atau tetap menjadi pelayan restoran

Kaya raya bukan berarti berapa banyak yang kau miliki, tapi berapa banyak yang bisa kau beri. Dengan memberi kamu akan merasa bahagia. Salah satu film pendek Gift antara perbedaan kaya dari ayah dan anak

Menceritakan seorang pencuri cilik, dia mencuri untuk ibunya.30 tahun berlalu, si tukang sup masih sama saja. Selalu memberikan makan kepada pengemis. Sayang si penjual sup ternyata sakit dan koma. Apa yang diberikan pesan dari film pendek ini



Youtube Obengplus


Trend