Harga panel surya turun drastis 2024 akibat perang harga dan kapasitas produksi


   Shortstory | 13 June 2024


Bagi mereka yang ingin menghitung biaya instalasi panel surya, ada sesuatu yang berbeda di tahun 2024
Kira kira harga panel ukuran besar terlihat lebih murah.

Karena kapasitas produk panel surya telah melebihi kapasitas dari permintaan. Investasi pabrik panel surya terus tumbuh, memicu produksi lebih banyak.

Banyak produk panel surya sebelumnya mengunakan tipe panel Polysilicon, sekarang harga Monosilicon yang lebih mahal dahulu mahal, sudah tidak berbeda jauh.

Bulan Juni 2024, produsen panel surya China meminta bantuan pemerintah untuk menghentikan jatuhnya harga panel.
Berita dilansir dari harian Reuter, produsen panel surya China mengatakan mereka sedang meminta campur tangan pemerintah agar menahan investasi dan kolaborasi industri guna menahan anjloknya harga sel dan modul surya, karena industri menghadapi kelebihan kapasitas.

Beberapa tahun lalu, ketika terjadi tingginya permintaan panel surya. Banyak produsen baru membuat kapasitas pabrik pembuatan panel surya.
Membawa pertumbuhan dari industri panel surya meningkat. Industri panel surya akhirnya terlalu banyak dibangun.
Sampai pemerintah China mengatakan sebaiknya produsen kecil bergabung untuk membangun industri lebih besar.

Tahun 2024 kembali terjadi. Insentif finansial dan dorongan pemerintah telah membantu China menjadi pabrik panel surya kelas dunia.

China menyumbang sekitar 80% dari kapasitas modul surya global, tetapi harga panel surya anjlok sampai titik terendah.
Dari sisi konsumen, ini kabar baik karena dapat memasang instalasi energi terbarukan lebih murah.

Amerika baru saja memberlakukan tarif impor sampai 150% untuk menjaga industri dalam negeri.
Karena panel surya China begitu murah juga membawa teknologi baru dengan panel lebih efisien.

Teknologi baterai penyimpan dikembankan dengan bahan baru. Disebut baterai sodium yang lebih murah dan lebih aman.
Perkembangan teknologi energi terbarukan terus berkembang, tapi dari industri panel surya sendiri terlalu banyak produsen.

Analis memperkirakan pabrikan China akan menambah kapasitas hingga 600 gigawatt (GW) tahun 2024, cukup memenuhi kebutuhan pasar global hingga tahun 2032 dari panel surya buatan China saja.

Masalah utama, penurunan harga solar cell belum menunjukan akhir.
Persaingan ketat industri dalam negeri sekarang mengancam industri panel kecil menuju kebangkrutan.
Bertambahnya kapasitas industri panel surya, memicu produk lebih banyak, dampaknya telah turun 42% tahun 2023 lalu.

Bertahan hidup itulah tujuannya, kata Li Gang, ketua Seraphim Energy Group pada konferensi Internasional Solar Photovoltaic dan Smart Energy pada hari Selasa 11 Juni 2024.

Antara Juni 2023 dan Februari 2024, setidaknya 8 perusahaan membatalkan atau menangguhkan kapasitas pabrik lebih dari 59 GW untuk pabrik produksi baru, setara dengan 6,9% dari total kapasitas produksi panel jadi China pada tahun 2023, menurut Asosiasi Industri Fotovoltaik Tiongkok (CPIA).

Penurunan harga panel tidak hanya tipe low cost, juga harga panel menengah bahkan model high efficiency.

trend harga panel surya 2023-2024

Kita perlu menggabungkan kekuatan untuk menghindari investasi berlebihan,” kata Gao Jifan, Chairman dan CEO Trina Solar.
Gao meminta peraturan pemerintah mengatur investasi baru di sektor ini untuk menutup kerugian lebih lanjut

Presiden SiNeng Electric Duan Yuhe meminta perencana negara China untuk campur tangan.
Gongshan Zhu, ketua Asosiasi Industri Fotovoltaik Asia, memperingatkan perusahaan-perusahaan baru agar tidak terburu-buru memasuki sektor ini, dan mengatakan keuntungan industri telah anjlok 70% karena kelebihan kapasitas dan penurunan harga.
Sementara ekspor dibatasi oleh hambatan perdagangan yang diberlakukan Amerika Serikat.

Jika anda hanya peniru, hal ini tidak akan berkelanjutan bagi usaha anda,” kata Zhu, seraya menambahkan situasi ini telah diperburuk oleh pemerintah daerah yang melakukan investasi demi meningkatkan lapangan kerja.

Para eksekutif industri yang berbicara pada konferensi tersebut juga menyerukan diakhirinya persaingan harga yang bersifat race to the bottom, dan menyarankan mempertimbangkan tingkat penelitian dan pengembangan, bukan hanya sekedar penetapan harga.

Beberapa pejabat perusahaan, seperti Chairman Wuxi Suntech Power Fei Wu, mengatakan konsolidasi sudah dimulai.
Prospek industri ini diperkirakan akan memburuk tahun 2024 dan lebih banyak perusahaan kecil kemungkinan akan gulung tikar

Artikel Lain

Ketika masyarakat berlomba menurunkan emisi karbon. Eropa mengenakan tarif kendaraan listrik China hampir 50%. Sebelumnya harga mobil listrik China terkenal murah. Lucunya merek mobil listrik Eropa yang diproduksi di China, dikenakan tarif bea tetap

Sayuran beku apakah sama sehat dengan sayuran baru, termasuk sayuran beku dalam kaleng. Bila ada sisa sayur, sisihan dan di bekukan. Mengurangi belanja sayur dapat dikurangi dengan menanam. Ketika tidak musim, atau harga naik, kita memiliki persediaan

Polusi kendaraan bukan lagi fokus penelitian, partikel ban lebih besar disebarkan kendaraan dibanding asap knalpot. Ban mengunakan senyawa 6PPD yang berubah ketika terbang di udara. Penelitian dampak ban terkait dengan kesehatan masyarakat, campuran apa yang dipakai produsen.

Baterai Tener baterai dengan kapasitas terbesar di dunia. Berukuran 1 kontener, menampung kapasitas 6MWh. Keunggulan baterai Tener disebut tidak mengalami degradasi setidaknya selama 5 tahun. Dapat di isi ulang sampai 15 ribu kali dan pengoperasian 20 tahun.

Dengan formula khusus, rancangan peneliti Notre Dome membuat kaca tembus pandang dan menolak panas infrared serta ultra violet. Aplikasi kaca untuk rumah, kantor bahkan kendaraan tetap sejuk. Hemat biaya AC sampai 1/3 pertahun, menurunkan suhu 9,7 - 13 derajat F,  menolak spektrum cahaya dari segala sudut.

Penurunan panel surya sampai 25%, perkotaan 15%. Peneliti NREL melakukan uji coba agar memberikan masukan industri faktor X. Ketika panel surya terpasang, debu yang tidak dapat diperhitungan dengan pasti. Terlalu sering dibersihkan akan memakan biaya, tidak dibersihkan dapat menurunkan panel memberi listrik.

Lahan terbatas membuat pertanian vertikal, tanpa pestisida dan luas lahan 1 persen. Industri pertanian membawa teknologi untuk proses produksi, menghasilkan sayuran dan buah lebih sehat bahkan di produksi sepanjang tahun. Mengapa banyak investasi hadir disana.



Youtube Obengplus


Trend