Power Supply Infineon untuk server sangat efisien 97 persen


   Technology | 30 May 2024

Pusat data dan server yang dirancang untuk machine learing dan Ai menghabiskan power sangat besar.

Begitu besarnya power yang dipakai, banyak perusahaan teknologi raksasa berusaha untuk meminimalkan pemandaman listrik.
Yang lain memberikan sistem kuota untuk pengerjaan data ketika membutuhkan power besar.

Perusahaan Jerman Infineon menawarkan solusi untuk sistem power baru, dan dapat beradaptasi dengan tipe server modern.
Setidaknya dapat mengurangi konsumsi energi listrik ketika beban terjadi pada server GPU Ai.

Produsen semikonduktor asal Jerman, Infineon Technologies, baru-baru ini mengumumkan power supply generasi baru, menjanjikan kemampuan penyaluran daya yang belum pernah ada sebelumnya untuk pusat data dengan fokus server cloud dan algoritme AI.

PSU server baru Infineon dapat menghasilkan daya hingga 12 kW, mengintegrasikan tiga material semikonduktor berbeda ke dalam satu modul.

Menurut Infineon, PSU baru, mampu menyalurkan daya hingga 12 kW.
Model pertama memiliki peringkat daya 8 kW dan tersedia awal tahun 2025.
Model 12 kW adalah generasi power selanjutnya.


Jangan membandingkan power supply computer 1000W di rumah, ini skala power supply untuk server.

Infineon mengintegrasikan 3 bahan chip, dari silikon (Si), silikon karbida (SiC), dan galium nitrida (GaN) ke dalam modul yang sama.
Meningkatkan eifisneis rancangan power supply sangat efisien.
PSU 12 kW akan mencapai tingkat efisiensi 97,5 persen
PSU 8 kW mendatang dapat mendukung "server AI" dengan output 300 kW atau lebih.

Gambar power supply generasi peratma mengunakan komponen Si dan SiC.
Setelah 3.3kW power supply generasi baru, menambahkan bahan Gan

Power supply paling efisienn untuk server tingkat 97,5%

Chip yang digunakan seperti desain charger genearsi baru yang disebut bahan Gallium.
Gallium nitrida adalah bahan yang telah membantu menghemat pemakaian listrik dengan charger output besar konsumen dalam beberapa tahun terakhir

Silikon karbida memberikan efisiensi yang lebih tinggi pada tingkat tegangan yang lebih tinggi.

SiC digunakan untuk rancangan inverter DC-ke-DC pada kendaraan listrik, tetapi juga dapat bekerja di PSU yang dirancang untuk menyalurkan lebih banyak energi listrik ke GPU akselerasi algoritma AI.

Menjamurnya layanan chatbots dan layanan AI, pusat data mengalami pertumbuhan pesat, termasuk kebutuhan kebutuhan energi listrik
Infineon menyatakan PSU baru ini akan membantu server besar ini mengurangi konsumsi daya dengan peningkatan efisiensinya, sekaligus mengurangi emisi rumah kaca dan menurunkan biaya pengoperasian data center

Menurut prediksi terbaru, pusat data dapat menyumbang 7% dari konsumsi listrik global pada tahun 2030.
Dan GPU server modern dan berperforma tinggi memerlukan hingga 1 kW per chip, dan kemungkinan besar akan mencapai 2 kW dan seterusnya.

Sekarang perusahaan teknologi dan AI besar sudah merasakan dampak dari melonjaknya pemakaian listrik yang terus meningkat ini dengan begitu banyak proses dari GPU
Bahkan  Amazon terpaksa menjatah sumber daya untuk menghindari pemadaman jaringan listrik pusat data di Dublin.

Artikel Lain

Tiba tiba perusahaan raksasa membangun pusat data center di berbagai tempat. Agar tidak tertinggal pasar, nama Amazon, Google, Microsoft bersaing memberi layanan Cloud Compute. Untuk apa infrastruktur yang boros listrik tersebut, tentu untuk Ai. Secara global konsumsi listrik server Ai setara 1 negara.

Siapa yang tidak ingin listrik gratis, bila dapat disimpan di baterai. Baterai sodium atau natrium terus dikembangkan. Harga lebih murah, dengan kepadatan energi 70 persen dari baterai lithium berbahan kobal dan nikel. Tapi itu tidak masalah, walau baterai lebih berat, cocok untuk penyimpan energi listrik di rumah.

Sebuah kota kecil ini di tinggali 149 orang, di tengah zona radio 13 ribu mil persegi. Semua peralatan yang memancarkan emisi radio dilarang. Dari radio pemancar, WIFI, ponsel dan bluetooth tidak boleh masuk. Apa yang ada di kota ini, disebut terisolasi tapi tidak sepenuhnya di tutup.

Tim Berkeley menemukan teknik baru pendingin yang sangat efisien bagi chip semikondutor, penghantar panas bahan tembaga yang ditingkatkan sampai 700 persen dari heatsink konvensional. Teknik lebih murah tapi sangat efisien.

DSN 43 tangani misi Mars 2020 Perseverance Feb 2021. DSN 43 menjadi antena paling kuat dari 14 antena komunikasi pesawat ruang angkasa. Yang ini bukan antena komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara.

Teknologi terkadang membuat sesuatu yang WoW. Tim dari Australia memiliki teknologi laser yang disebut LIDAR. Teknologi LIDAR adalh teknologi scanning 3D untuk memetakan kontur permukaan tanah. Ditemukan lagi candi di Tabasco

Harddisk ePMR bertahan sebelum diganti sepenuhnya dengan teknologi storage baru MAMR dan HAMR. Kapasitas harddisk 18TB atau 20TB. HAMR tahun 2018 mulai dari 18TB. Seagate siap dengan harddisk HAMR pertama memundukan jadwal teknologi harddisk HAMR. Seagate telah mencapai  kerapatan 3TB di satu plat harddisk. WD mengatakan MAMR lebih murah

SolidEnergy sistem mengunakan anode bebas untuk baterai lithium. Membuat baterai lithium double capacity. Teknologi baterai lebih murah kurang dari 80% adalah Natrium-Ion, mengunakan bahan garam yang berlimpah di Bumi

MediaTek Pump Express 3.0 mengisi baterai smartphone dari 0%-70% kapasitas untuk 20 menit, 5 menit cukup untuk 4jam bicara. Kecepatan pengisian baterai smartphone dengan MediaTek Pump Express 3.0 dua kali lebih cepat dari sistem pengisian cepat produsen lain, dan lima kali lebih cepat dibanding charger standar.

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron

Bagaimana reaktor fusi nuklir bekerja. Mengapa lebih aman dan menjadi energi masa depan. Rekor EAST capai 1000 detik dengan 70 juta derajat Celcius. Reaktor fusi nuklir Wendelstein 7-X di  Jerman, dan reaktor ITER rampung 50 persen. Mengapa fusi nuklir sangat penting, atau harapan energi.

Kaca smartpone dengan pelindung baru dari CU dan Nanofiber dikembangkan oleh universitas Akron. Kendala kaca smartphone saat ini hanya tahan gores, tapi tidak anti pecah ketika terjatuh.



Youtube Obengplus


Trend