Baterai natrium menyimpan 10MWh power listrik sudah terpasang


   Green | 15 May 2024

Baterai natrium seperti benda ajaib. Setelah pengujian sekarang mulai diterapkan untuk penyimpan listrik skala besar. Baterai dengan biaya lebih murah, daya tahan lebih baik dan dapat di isi ulang lebih besar.

Transisi mobil listrik seperti produsen BYD sudah menyiapkan baterai jenis natrium sebagai penganti baterai lithium yang mahal.

Untuk energi terbarukan atau penyimpan cadangan listrik, sudah digunakan untuk 10MWh cadangan listrik di China
Stasiun penyimpanan energi baterai natrium-ion berkapasitas 10 MWh telah dioperasikan di Guangxi, China barat daya.
Penyimpanan energi skala besar pertama di negara itu yang menggunakan baterai natrium generasi baru.

Baterai natrium kapasitas besar 10MwH

Baterai natrium seperti benda ajaib. Setelah pengujian sekarang mulai diterapkan untuk penyimpan listrik skala besar. Baterai dengan biaya lebih murah, daya tahan lebih baik dan dapat di isi ulang lebih besar. Sudah digunakan untuk 10MWh cadangan listrik di China

China telah mengoperasikan stasiun penyimpanan baterai natrium-ion berskala besar yang pertama, menandai dimulainya penerapan baterai baru berbiaya lebih rendah penggunaan skala besar.

Stasiun penyimpanan baterai natrium-ion berkapasitas 10 MWh dioperasikan 11 Mei 2024 di Nanning, Guangxi di China barat daya, kata China Southern Power Grid Energy Storage, cabang penyimpanan energi dari operator jaringan China , China Southern Power Grid.

Stasiun penyimpanan energi, dibangun perusahaan China Southern Power Cabang Guangxi, menjadi tahap pertama dari keseluruhan proyek 100 MWh.

Ketika proyek selesai, proyek ini mampu menyediakan 73 juta kWh listrik bersih setiap tahunnya.
Memenuhi kebutuhan listrik 35.000 pelanggan perumahan dan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 50.000 ton

Pada akhir kuartal pertama, kapasitas terpasang proyek penyimpanan energi baru China telah mencapai 35,3 juta kWh.
Termasuk sistem penyimpan energi listrik yang kelebihan kapasitas dengan bahan elektrokimia.
Yang disebut Flow Battery, sistem cairan yang disimpan dengan sistem sirkulasi, dan dapat menyimpan serta melepas listrik ke jaringan nasional.
Sistem penyimpan baterai listrik juga mengunakan baterai li-ion.
Total sistem penyimpan mencapai 95%/

Namun, baterai lithium-ion memiliki kekurangan, termasuk kekurangan bahan baku, sehingga sulit mendukung perkembangan industri penyimpanan energi baru China yang berkelanjutan.
Tentu saja bahan lithium adalah salah satu sumber elemen langka di Bumi.

Baterai natrium-ion dan baterai lithium-ion memiliki mekanisme elektrokimia serupa, keduanya sebagai baterai penyimpanan dan pelepasan energi melalui pelepasan yang dapat dibalik dan penanaman kation antara elektroda positif dan negatif.



Anoda kedua jenis baterai tersebut adalah karbon
Perbedaannya bahan katoda baterai litium-ion mengandung ion litium, sedangkan bahan katoda baterai natrium-ion mengandung ion natrium atau sejenis garam.

Saat mengisi daya, ion natrium dikeluarkan dari elektroda positif baterai dan masuk ke elektroda negatif melalui elektrolit dan diafragma, dan prosesnya untuk menyimpan energi ke dalam baterai.
Saat pemakaian, ion natrium bergerak berlawanan arah dengan proses pengisian, melepaskan energi dalam baterai ke sistem tenaga.

Cadangan bahan baku baterai natrium-ion berlimpah, mudah diekstraksi, berbiaya rendah, kinerja lebih baik pada suhu rendah, dan memiliki keunggulan nyata dalam penyimpanan energi skala besar.

Ketika penyimpanan energi baterai natrium-ion memasuki tahap penerapan skala besar, biayanya dapat dikurangi sebesar 20 persen hingga 30 persen untuk konstruksi baterai.
Dan biaya per kWh listrik dapat dikurangi menjadi RMB 0,2 ($0,0276).


Hal tersebut penting sesuai arah penerapan energi terbarukan, khususnya baterai untuk penyimpan energi.

Stasiun penyimpanan energi yang baru digunakan ini mengunakan baterai natrium-ion 10 MWh.
Tetapi ukuran sel baterai natrium-ion memiliki kapasitas sangat besar, mencapai 210 Ah.
Baterai dapat di isi sampai 90 persen dalam waktu 12 menit saja.

Tim R&D proyek membangun sistem manajemen termal untuk menjaga perbedaan suhu.
Untuk mengkontrol lebih dari 22.000 sel baterai natrium dalam 3 derajat Celcius antar sisi baterai.
Mengapa, karena dengan suhu baterai yang stabil pada rentang panas tertentu, usia baterai menjadi lebih awet.
Juga panas baterai dapat disebarkan perlahan dari 30 menit sampai 2 jam.

Dibawah ini tipe baterai untuk menampung energi yang nantinya akan dikembalikan sebagai power listrik.

Artikel Lain

Baterai Tener baterai dengan kapasitas terbesar di dunia. Berukuran 1 kontener, menampung kapasitas 6MWh. Keunggulan baterai Tener disebut tidak mengalami degradasi setidaknya selama 5 tahun. Dapat di isi ulang sampai 15 ribu kali dan pengoperasian 20 tahun.

Perusahaan Nybolt menyebut telah memecahkan masalah baterai kendaraan / EV. Baterai dapat di charge berulang sampai penuh, kurang dari 6 menit. Pengisian lebih cepat akan memungkinkan EV untuk menutup celah dengan mobil bensin dalam hal kenyamanan sehari-hari.



Teknologi penyimpan energi listrik tampil dengan Flow Battery cair. Tidak berbentuk baterai dalam bentuk fisik, tapi baterai dengan cairan. Pertama di Jerman, tapi powerbank terbesar ini ada di China. Baru beroperasi September lalu memberikan power hitungan MegaWatt. Bahan Beta Cyclodextrin yang lebih murah untuk penganti Vanadium Flow.

Baterai natrium-sulfur yang dibuat para insinyur di The University of Texas di Austin memecahkan salah satu masalah terbesar yang menuidan teknologi alternatif. Mengunakan 2 kombinasi material yang ramah lingkungan, biaya murah, rencana dikembangkan untuk baterai masa depan.

Fosfor adalah elemen penting untuk tanaman. Merupakan nutrisi yang dipakai pada produksi pertanian, tetapi bahan tersebut tidak bisa tergantikan. Petani telah lama tergantung dengan fosfor, dan kebutuhan bahan ini terus meningkat.



Youtube Obengplus

Trend