Energi terbarukan mencapai 30 persen pembangkit listrik dunia perlahan tapi pasti


   Green | 9 May 2024


Laporan baru dari lembaga  energi independen global Ember Mei 2024
Gambaran yang sangat optimistis mengenai masa depan energi.


Menurut Ember, sumber energi terbarukan telah mencapai rekor tertinggi untuk pembangkitan listrik, signifikan mengurangi emisi di beberapa wilayah yang paling membutuhkan energi di dunia.

Ember baru merilis laporan Global Electricity Review , merinci penggunaan sumber bahan bakar terbarukan vs fosil dalam menghasilkan energi listrik diberbagai kebutuhan individu dan bisnis.
Organisasi nirlaba Inggris mengatakan sumber energi terbarukan menyumbang lebih dari sepertiga listrik yang dihasilkan pada tahun 2023.

Sumber tenaga surya dan angin mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 23 persen dan 10 persen. Sebaliknya, sumber fosil hanya mengalami peningkatan produksi listrik sebesar 0,8 persen.

Ember mengumpulkan data dari 215 negara berbeda, termasuk data terbaru yang tersedia. Dari 80 negara yang mewakili 92 persen permintaan listrik global.
Data dari 13 wilayah geografis dan ekonomi, seperti Asia, Afrika, UE, dan G7, juga masuk dalam daftar mereka.


Perbandingan pembangkit listrik panel surya angin dan batu bara

Harga baterai anjlok hingga 90% dalam waktu kurang dari 15 tahun, seiring dengan pergeseran energi terbarukan

Ember menyatakan pertumbuhan sumber-sumber terbarukan, khususnya energi surya, akan mendorong dunia menuju "era baru" di mana pembangkitan bahan bakar fosil kurang penting.

Laporan tersebut menyoroti sumber energi terbarukan untuk pembangkit listrik hanya menyumbang 19 persen dari pasar global pada tahun 2000, sekarang jumlahnya sudah melampaui 30 persen. Namun, sumber tenaga air mencapai titik terendah dalam lima tahun terakhir di tahun 2023, digantikan pembangkit batu bara dan sumber bahan bakar fosil lainnya, sehingga mengurangi upaya emisi rumah kaca lebih lanjut.

Permintaan listrik global meningkat 2,2 persen tahun 2023, dan Ember memperkirakan permintaan listrik akan lebih tinggi lagi pada tahun 2024.
Selama dekade berikutnya, transisi energi diperkirakan akan memasuki fase baru yang ditandai dengan penurunan bahan bakar fosil dan penurunan emisi secara “permanen”.
Ember memperkirakan sektor ketenagalistrikan akan menjadi sektor pertama yang melakukan dekarbonisasi, meskipun sumber fosil seperti minyak, gas, dan batu bara masih mendominasi konsumsi energi primer dunia.



Progres pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah tahun 2024
Salah satunya Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Seberapa besar hasil power dari pembangunan energi terbaharukan.

Untuk pembangkit listrik dengan turbin angin mencapai 318 GW untuk tahun lalu saja. Tiongkok di urutan pertama yang menambah kapasitas turbin angin sebesar 90GW dan baru menambah kapasitas 16.1GW pembangkit listrik dari turbin angin, disusul Amerika, Jerman dan Spanyol
<

br/>

Pembangkit dari sinar matahari  Tiongkok masih kalah dalam menghasilkan listrik dari pembangkit solar, tapi tahun lalu meningkat 11,8GB. Jepang dan Amerika juga menambah kapasitas solar untuk listrik dari 6,9 dan 4,8GW. Negara Jerman tetap teratas walau hanya menambah kapasitas 3,3GW pada tahun 2013. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit solar cell secara global menghasilkan 138GW.
Data pembangkit diatas dihasilkan dari lembar panel surya, tidak termasuk sistem pembangkit dari panas cahaya matahari.


Untuk pembangkit energi terbarukan melibatkan teknologi bioenergi, geothermal, hydropower, solar dan angin. Sekitar 6,5 juta orang pekerja terlibat dibidang ini saja. Itupun diluar dari pekerja bendungan skala raksasa, bila dimasukan maka angka pekerja yang terlibat akan lebih besar

Artikel Lain

Polusi kendaraan bukan lagi fokus penelitian, partikel ban lebih besar disebarkan kendaraan dibanding asap knalpot. Ban mengunakan senyawa 6PPD yang berubah ketika terbang di udara. Penelitian dampak ban terkait dengan kesehatan masyarakat, campuran apa yang dipakai produsen.

Perusahaan Coca-cola terbesar, dan nama Indonesia masuk nomor 1 penghasil sampah plastik global. Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Penyumbang sampah plastik ada di layanan pemesanan makanan online.



Baterai Tener baterai dengan kapasitas terbesar di dunia. Berukuran 1 kontener, menampung kapasitas 6MWh. Keunggulan baterai Tener disebut tidak mengalami degradasi setidaknya selama 5 tahun. Dapat di isi ulang sampai 15 ribu kali dan pengoperasian 20 tahun.

Dengan formula khusus, rancangan peneliti Notre Dome membuat kaca tembus pandang dan menolak panas infrared serta ultra violet. Aplikasi kaca untuk rumah, kantor bahkan kendaraan tetap sejuk. Hemat biaya AC sampai 1/3 pertahun, menurunkan suhu 9,7 - 13 derajat F,  menolak spektrum cahaya dari segala sudut.

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion. Pabrik lain juga mengembangkan baterai Na-ion, itu hanya berbeda nama.

Penurunan panel surya sampai 25%, perkotaan 15%. Peneliti NREL melakukan uji coba agar memberikan masukan industri faktor X. Ketika panel surya terpasang, debu yang tidak dapat diperhitungan dengan pasti. Terlalu sering dibersihkan akan memakan biaya, tidak dibersihkan dapat menurunkan panel memberi listrik.

Zendure memperkenalkan sistem pengisian baterai untuk listrik. Menawarkan sistem pengisian baterai dengan unit inverter di loteng rumah. Kali ini perusahaan membuat sebuah sistem lebih pintar. Memanfaatkan pagar loteng rumah atau halaman di lantai yang tidak terpakai sebagai tempat panel surya dan cukup menghasilkan energi dari matahari.



Kita sering mendengar panel surya, sebenarnya ada beberapa jenis panel surya yang dijual dan spesifikasi berbeda. Masing masing panel memiliki kelebihan, harga, dan tingkat efisiensi dalam menghasilkan power listrik.

Tidak perlu repot memerangi pemanasan global, suhu panas dan perubahan iklim. Yang tersedia saat ini, cukup menanam pohon di permukaan bumi. Tidak perlu seluruhnya di tanam pohon, karena Bumi cukup mendukung untuk menanam 1 miliar pohon baru. Tidak menganggu kota atau lahan pertanian, hanya menanam pohon baru saja.

Sebuah produsen panel surya atau solar cell membuat rancangan unik, dengan panel surya yang tidak perlu peralatan untuk pemasangan. Beamreach membuat modul panel surya untuk menghasilkan listrik yang dapat disambung



Youtube Obengplus

Trend