Polusi partikel ban mobil kandungan 6PPD diteliti apa benar berbahaya


   Green | 3 May 2024

Ban terutama terbuat dari karet alam dan karet sintetis, namun mengandung ratusan bahan lain.
Sering kali mengunakan bahan lain dengan baja dan material logam berat seperti tembaga, timbal, kadmium, dan seng.

Bila kita tinggal di tepi jalan raya, mungkin akan melihat begitu banyak debu yang tidak ada di sekitar rumah.
Bisa saja partikel tersebut adalah potongan polusi ban kendaraan. Karena partikel tersebut dalam bentuk debu, dan bukan asap.

Kendaraan dengan bahan bakar tidak hanya menimbulkan polusi asap, tapi partikel kimia dari ban sendiri.
Ketika kita menanyakan mengapa ban akhirnya mulai habis terkikis, pertanyaaan kemana partikel ban yang hilang tersebut.

Selama beberapa dekade, kekhawatiran polusi mobil terfokus pada apa yang keluar dari knalpot.
Saat ini, para peneliti dan regulator mengatakan perlu lebih memperhatikan emisi beracun dari ban saat kendaraan melaju di jalan.

Kekhawatiran teratas adalah bahan senyawa 6PPD
Bahan tersebut ditambahkan ke ban karet untuk membantunya bertahan lebih lama.
Telah digunakan sejak tahun 1960an, untuk mempertahankan ban tetap kering dan menhindari retak.
Bahan tersebut dapat terlepas ketika kendaraan berjalan, sampai pengereman\
Senyawa 6PPD digunakan untuk mencegah ban cepat rusak, ketika partikel 6PPD terkena di udara, akan bereaksi menjadi 6PPDq atau Kuinon.

Saat ban aus di jalan raya, kimia 6PPD dilepaskan.
Bahan tersebut bereaksi dengan ozon menjadi bahan kimia lain, 6PPD-q dan perubahan tersebut bisa sangat beracun.
Perubahan sedemikian rupa, membuat penelitian dikaitkan dengan matinya ikan berulang kali di Washington.

Masalah ban tidak berhenti sampai disitu saja.
Saat ban mobil aus bergesekan, karet menghilang menjadi partikel-partikel, baik bagian yang terlihat dengan mata telanjang maupun mikropartikel.

Pengujian yang dilakukan Emissions Analytics, menemukan ban mobil mengeluarkan 1 triliun partikel ultrahalus per kilometer perjalanan.
Atau sekitar 5 - 9 pon karet per mobil dengan sistem pembakaran internal per tahun, jadi yang dimaksud 4 ban yang digunakan di jalan raya.



Dan apa yang ada di dalam partikel-partikel itu adalah suatu misteri, karena bahan-bahan ban merupakan rekayasa agar ban dirancang di satu kondisi.
Bagaimana produsen melakukan ramuan bahan, adalah rahasia dari perusahaan.

Ada kandungan bahan kimia dalam ban ini yang tidak dipahami siapa pun dan dijaga kerahasiaannya oleh produsen ban, kata Nick Molden, CEO Emissions Analytics
Kami kesulitan meneliti produk konsumen lain yang lazim di dunia dan digunakan semua orang, di mana kita hanya sedikit mengetahui kandungan di dalamnya.

Regulator baru mulai mengatasi masalah ban beracun, meskipun sudah ada beberapa tindakan terhadap pengunaan 6PPD.

Bahan kimia tersebut diidentifikasi oleh tim peneliti, yang dipimpin oleh para ilmuwan di Washington State University dan University of Washington.
Kedua tim mencari jawaban mengapa ikan salmon coho yang kembali ke sungai wilayah Seattle untuk bertelur mati dalam jumlah besar.



Bekerja di Washington Stormwater Center, para ilmuwan menguji sekitar 2.000 zat untuk menentukan zat mana yang menyebabkan kematian ikan.
Tahun 2020 mereka mengumumkan telah menemukan penyebabnya yaitu 6PPD.

Suku Yurok di California Utara, bersama dengan dua suku asli Amerika di Pantai Barat lainnya, telah mengajukan petisi kepada Badan Perlindungan Lingkungan untuk melarang bahan kimia tersebut. EPA mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan peraturan baru yang mengatur bahan kimia tersebut.

Kami tidak bisa berdiam diri sementara 6PPD membunuh ikan-ikan yang menghidupi kami, kata Joseph L. James, ketua Suku Yurok.
Racun mematikan ini tidak mempunyai tempat di daerah aliran sungai yang menghasilkan salmon.

California telah mulai mengambil langkah-langkah untuk mengatur bahan kimia 6PPD, tahun 2023 mengklasifikasikan ban yang mengandung bahan kimia tersebut sebagai “produk prioritas”, dan meminta  produsen mencari dan menguji bahan pengganti.

Apakah 6PPD
6PPD adalah bahan kimia organik yang banyak digunakan sebagai aditif penstabil (atau antidegradasi) pada karet, seperti NR, SBR dan BR; semuanya umum terjadi pada ban kendaraan. Meskipun merupakan antioksidan yang efektif, senyawa ini terutama digunakan karena kinerja antiozonannya yang sangat baik.

6PPD berperan penting dalam keselamatan ban di jalan raya tapi belum ada bahan lain untuk penganti, kata Karl Palmer, wakil direktur di Departemen Pengendalian Bahan Beracun di negara bagian tersebut.

Partikel ban 6PPD yang berbahaya mulai di teliti

Kerangka kerja kami tetapt untuk mengidentifikasi alternatif 6PPD yang menjamin keamanan ban di jalan-jalan sekaligus melindungi populasi ikan California dan komunitas yang bergantung pada ban jenis tersebut.

Asosiasi Produsen Ban AS mengatakan mereka telah memobilisasi konsorsium yang terdiri dari 16 produsen ban untuk melakukan analisis alternatif.
Anne Forristall Luke, presiden dan CEO USTMA, mengatakan hal ini akan melihat dengan tinjauan yang paling efektif dan menyeluruh mengenai apakah ada alternatif yang lebih aman untuk ban 6PPD saat ini.

Namun Molden mengatakan ada batasannya.
Jika mereka tidak meneliti , mereka tidak diperbolehkan menjual di negara bagian California.
Jika mereka meneliti dan tidak menemukan alternatif lain, mereka bisa terus menjual. Sementara produsen ban tidak perlu mencari penggantinya. Dan saat ini tidak belum ada alternatif selain 6PPD.

California juga sedang mempelajari permintaan California Stormwater Quality Association untuk mengklasifikasikan ban yang mengandung seng, logam berat, sebagai produk prioritas, sehingga mengharuskan produsen untuk mencari alternatif. Seng digunakan dalam proses vulkanisasi untuk meningkatkan kekuatan karet.

Namun terkait partikel ban, belum ada tindakan apa pun.


Artinya bahan lain di luar campuran 6PPD dengan bahan lain yang digunakan untuk produksi ban belum ditinjau ulang.
Yang menjadi masalah nanti, ketika mobil listrik menjamur.
Kendaraan listrik memiliki bobot lebih berat, juga mengunakan ban lebih keras dibanding ban kendaraan konvensional.
Ban kendaraan listrik juga lebih cepat habis untuk menahan bobot kendaraan yang di dominasi komponen baterai dan torsi motor pengerak yang besar.
Artinya ban kendaraan listrik, mencapai 20% lebih banyak membuang partikel di jalan.

Studi baru-baru ini di California Selatan menemukan emisi ban dan rem di Anaheim menyumbang 30% untuk partikel PM2.5
Sebuah polutan udara berpartikel kecil yang bertebaran di udara, kebalikannya yang paling dikhawatirkan dengan emisi gas buang hanya menyumbang 19%.
Jadi kendaraan bahan bakar tidak hanya 1 polusi dari gas buang, tapi partikel dari ban kendaraan dengan polusi partikel debu.

Pengujian yang dilakukan oleh Emissions Analytics menemukan bahwa ban menghasilkan polusi partikel 2.000 kali lebih banyak dibandingkan knalpot.

Partikel-partikel ini jatuh dan berakhir di air dan udara bahkan dapat tertelan.

Partikel ultrahalus bahkan lebih kecil dari PM2.5, juga disebarkan oleh ban dan dapat terhirup serta menyebar langsung ke otak.
Penelitian baru menunjukkan bahwa mikropartikel ban harus diklasifikasikan sebagai polutan yang sangat memprihatinkan.

Dalam laporan yang dikeluarkan tahun lalu, para peneliti di Imperial College London mengatakan partikel tersebut dapat mempengaruhi jantung, paru-paru, dan organ reproduksi serta menyebabkan kanker.

Orang-orang yang tinggal atau bekerja di sepanjang jalan raya, seringkali berpenghasilan rendah, mereka lebih banyak terpapar zat beracun.

Ban merupakan sumber utama mikroplastik.
Lebih dari tiga perempat mikroplastik yang masuk ke laut berasal dari karet sintetis pada ban, menurut laporan dari Pew Charitable Trusts dan perusahaan Inggris Systemiq.

Dan masih banyak hal yang belum diketahui mengenai emisi ban, mungkin sangat rumit untuk dianalisis karena panas dan tekanan dapat mengubah bahan-bahan ban menjadi senyawa lain.

Salah satu pertanyaan penelitian yang menonjol adalah apakah 6PPD-q berdampak pada manusia, dan masalah kesehatan apa.
Jika ada, apa yang dapat ditimbulkannya.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Environmental Science & Technology Letters menemukan tingginya kadar bahan kimia dalam sampel urin dari wilayah China Selatan, dengan kadar tertinggi pada wanita hamil.



Penemuan 6PPD-q yang terpapar di jalan raya, kata Molden, telah memicu minat penelitan dan dampak ban terhadap kesehatan dan lingkungan
Molden memperkirakan akan banyak penelitian baru di tahun-tahun mendatang.
Nanti satu satu pertanyaan sebagai rangkaian yang tidak terjawab akan saling menyatu.
Walau semua potongan pertanyaan tersebut tidak hanya 200 pertanyaan, bisa saja menjadi 1000 teka teki pertanyaan.
Sementara untuk pengaman masyarakat, ada baiknya mengunakan masker pelindung debu ketika di jalan raya.
Karena penelitian sendiri dengan dampak ban dan bahan 6PPD-q belum selesai.

KFF Health News
Publikasi California Healthline
Editorial California Health Care Foundation.

Artikel Lain

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion. Pabrik lain juga mengembangkan baterai Na-ion, itu hanya berbeda nama.

Pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah. Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Tahun 2024 laporan terbaru, energi terbarukan mencapai lebih dari 30 persen.



Beberapa negara di wilayah Asia Pasifik seperti Myanmar, Kamboja, Thailand, Filipina bahkan India. Telah mengalami suhu ekstrem jauh diatas rata rata. Indonesia belum mendapatkan suhu ekstrem seperti negara tetangga. Manila mencapai 38,8 degC, Kamboja dan Thailand mencapai 46 deg.C

Perusahaan Coca-cola terbesar, dan nama Indonesia masuk nomor 1 penghasil sampah plastik global. Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Penyumbang sampah plastik ada di layanan pemesanan makanan online.

Dengan formula khusus, rancangan peneliti Notre Dome membuat kaca tembus pandang dan menolak panas infrared serta ultra violet. Aplikasi kaca untuk rumah, kantor bahkan kendaraan tetap sejuk. Hemat biaya AC sampai 1/3 pertahun, menurunkan suhu 9,7 - 13 derajat F,  menolak spektrum cahaya dari segala sudut.

Penurunan panel surya sampai 25%, perkotaan 15%. Peneliti NREL melakukan uji coba agar memberikan masukan industri faktor X. Ketika panel surya terpasang, debu yang tidak dapat diperhitungan dengan pasti. Terlalu sering dibersihkan akan memakan biaya, tidak dibersihkan dapat menurunkan panel memberi listrik.

Apa yang pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan atap dengan warna putih. Lebih efisien memantulkan panas dari cahaya matahari, bahan cat penolak panas matahari mulai dikembangkan. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau atau mengunakan tanaman di atap rumah



Karet digunakan untuk campuran beton, membuat struktur lebih tahan terhadap radiasi cahaya matahari. Sekarang peneliti RMIT telah melakukan penelitian, bila aspal di campur dengan bahan karet, akan lebih tahan 2x jalan bertahan dari keretakan. Tapi formulanya harus tepat, tidak  boleh berlebih

Bumi mendapatkan suhu dari matahari. Tanpa cahaya yang cukup, bumi akan membeku. Bagaimana suhu bumi menjadi ideal, setidaknya sementara. Tetapi mengapa Bumi semakin panas, apa penyebabnya penjelasan dalam sain yang mudah di mengerti.

Memanfaatkan ban bekas sepeda untuk pengikat kabel adaptor atau kabel USB power. Pembuatannya sangat mudah, dan lebih fleksibel. Cukup mengunakan gunting, dan ukur lebar yang dibutuhka. Tidak perlu membeli Velcro pengikat kabel dan anda dapat memanfaatkan ban bekas sepeda di rumah



Youtube Obengplus

Trend