Baterai CATL Tener baterai terbesar ukuran kontainer 0 degradasi 5 tahun


   Green | 19 April 2024

Nama CATL

sebagai produsen kendaraan listrik terbesar asal China.

Meluncurkan baterai CATL Tener, tapi yang ini berukuran besar.

Baterai lithium seperti kendaraan listrik akan mengalamai degradasi dengan menurunnya kapasitas baterai sejalan pemakaian.

Berbeda baterai CATL Tener ini dirancang untuk menampung energi dari pembangkit listrik terbarukan.
Memiliki siklus pengisian sampai 15 ribu kali dengan pengoperasian 20 tahun.

Baterai Tener bersaing langsung dengan baterai Tesla MegaPack, yang dirancang untuk baterai besar untuk jaringan listrik.

Kepadatan daya baterai dan teknologi pengisian baterai, CATL merancang baterai yang tahan lama.
Setidaknya 5 tahun tanpa mengalami penurunan kapasitas.
Satu baterai menampung 6 MWh.
Tipe baterai LiPo bentuk bok.

Teknologi baterai LiPo yang dirancang dengan lapisan elektrolit padat di bagian elektroda dan dirakit sendiri agar pergerakan ion litium tidak mengalami penurunan daya.
Juga efektif menjaga baterai dari pelarian termal, seperti anomali baterai yang gagal dan meledak.

Pertanyaan kita untuk apa baterai sebesar itu.

Salah satunya untuk jaringan listrik, ketika energi terbarukan dapat mengisi baterai.
Dan malam hari dapat membantu sebagai sumber listrik.

Sistem keamanan juga ditempatkan pada storage, dengan berbagai jaringan listrik yang dikembankan dalam monitoring.
Termasuk proyek setelah instalasi dengan bantuan Ai.

CATL menyebut dapat mengurangi secara signifikan dari tingkat kegagalan kerja sel baterai di sistem Tener.
Juga menawarkan ke produsen dengan pengoperasian baterai dan perawatan lebih rendah, sekaligus lebih cepat mendapatkan pengembalian investasi.

CATL Tener Battery

Artikel Lain

Baterai natrium seperti benda ajaib. Setelah pengujian sekarang mulai diterapkan untuk penyimpan listrik skala besar. Baterai dengan biaya lebih murah, daya tahan lebih baik dan dapat di isi ulang lebih besar. Sudah digunakan untuk 10MWh cadangan listrik di China

Pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah. Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Tahun 2024 laporan terbaru, energi terbarukan mencapai lebih dari 30 persen.



Briggs & Stratton membuat baterai SimliPHI 6.6. 1 unit baterai pertama memiliki kapasitas 6kW, dan dapat ditumpuk sampai 3 unit mencapai kapasitas 19,7kWh. Sistem baterai dibuat modular, bisa dicicil 1 unit dahulu, dan ditambah unit kedua yang dipasang sendiri di rumah.

Siapa yang tidak ingin listrik gratis, bila dapat disimpan di baterai. Baterai sodium atau natrium terus dikembangkan. Harga lebih murah, dengan kepadatan energi 70 persen dari baterai lithium berbahan kobal dan nikel. Tapi itu tidak masalah, walau baterai lebih berat, cocok untuk penyimpan energi listrik di rumah.

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion. Pabrik lain juga mengembangkan baterai Na-ion, itu hanya berbeda nama.

Mobil listrik kecil Mitsubishi Minicab EV kendaraan untuk 4 penumpang, dapat dirubah sebagai kendaraan kargo 2 penumpang. Dengan pengerak 4 roda, mampu menempuh jarak 180km. Pengerak roda terintegrasi dengan inverter.

Ketika 2 bank terputus ke jaringan data center. Berdampak ke seluruh transaksi dari 2 nasabah dan layanan digital. Server kepanasan, mengakibatkan koneksi server offline. Kadang sistem otomatis tidak bekerja seperti apa yang direncanakan.



Baterai lithium berbasis LifePO4, lebih handal dan dapat di jadikan baterai Accu dengan voltase nominal 12,8V. Rata rata rumah dapat memasang 2 baterai untuk mencapai kapasitas 2560Wh x 2 unit. Baterai memiliki kinerja seperti baterai Deep Cycle, dengan proteksi power minimum 10V/DC.

Perusahaan Nybolt menyebut telah memecahkan masalah baterai kendaraan / EV. Baterai dapat di charge berulang sampai penuh, kurang dari 6 menit. Pengisian lebih cepat akan memungkinkan EV untuk menutup celah dengan mobil bensin dalam hal kenyamanan sehari-hari.

Layanan transportasi di Singapura mulai menguji coba panel surya untuk bus kota. Tahun ini akan dipasang di 52 bus, dengan tujuan mengurangi emisi karbon. Panel surya di atap bus dapat mengurangi beban mesin untuk sistem elektrik bus. Dampak yang baik, dapat menurunkan kebutuhan bahan bakar.

Sistem penyimpan listrik Tesla Megapack telah dibangun di Inggris. Memberikan power cadangan untuk 300.000 rumah selama 2 jam. Atau digunakan untuk power cadangan, dan menyimpan energi dari panel surya dan turbin angin sementara waktu.

Teknologi penyimpan energi listrik tampil dengan Flow Battery cair. Tidak berbentuk baterai dalam bentuk fisik, tapi baterai dengan cairan. Pertama di Jerman, tapi powerbank terbesar ini ada di China. Baru beroperasi September lalu memberikan power hitungan MegaWatt. Bahan Beta Cyclodextrin yang lebih murah untuk penganti Vanadium Flow.

Baterai Betavolt BV100 dapat menyimpan energi selama 50 tahun, tidak perlu di charge ulang. Pengembangan baterai dari limbah nuklir yang disebut baterai berlian dapat bekerja ribuan tahun. Mengurangi limbah nuklir dan memanfaatkan radiasi menjadi energi

Baterai dengan bahan garam dikembangkan perusahaan CTAL. Mampu menampung energi dengan bahan berlimpah, walau hanya mencapai 2/3 daya energi dibanding baterai lithium ion. Skala baterai natrium tersebut lebih tepat untuk kendaraan listrik ukuran besar atau menyimpan bagi energi power besar.



Bila suatu hari memiliki kendaraan mobil listrik, jangan khawatir dengan baterai. Data yang diambil dari kapasitas baterai mobil listrik 4 tahun lalu, masih mencapai 88%. Bahkan produsen membuat kapasitas baterai tidak sampai 100% penuh, untuk menjaga kondisi baterai tetap baik dan umur panjang. Apa yang menarik dari data kendaraan listrik.



Youtube Obengplus

Trend