Lubang hitam BH3 paling dekat ke Bumi dan terbesar ditemukan teleskop Gaia


   Science | 19 April 2024

Satelit observasi Gaia menemukan beberapa lubang hitam, dan ini sangat besar.

Tetapi lubang hitam tersebut tertidur dan tidak memberi jejak apapun.

Gaia adalah teleskop ruang angkasa yang memetakan langit dan melacak pergerakan miliaran bintang di galaksi kita.

Beberapa temuan tentang lubang hitam besar ini terkait dengan jejak bintang mati yang berubah menjadi Black Hole.

Lubang hitam Gaia BH3 memiliki massa 33 kali lebih besar dari Bumi.

Lubang hitam dalam dalam bentuk biner lain ditemukan di Cygnus / Cyg X1 dengan massa 20x lebih besar dari Matahari.

Rata rata lubang hitam yang terditeksi hanya 10x lebih besar dari Matahari.

Lubang hitam Gaia BH3 April 2024
Dimana letak lubang hitam Gaia BH3
Hanya 2.000 tahun cahaya dari Bumi.
Menjadi lubang hitam nomor 2 terdekat yang pernah diketahui (ESO).

Letak lubang hitam yang dekat ke Bumi (April 2024)

Lubang hitam dekat ke Bumi

Gaia HB3 masih jauh lebih kecil dibanding inti galaksi kita, dengan lubang hitam Sgr A.
Tapi di inti galaksi kita bukan lubang hitam yang terbentuk dari bintang mati.
Melainkan gabungan dari lubang hitam lain, atau mungkin saja gabungan 2 lubang hitam ketika galaksi Bima Sakti bertabrakan dengan galaksi lami.

Umum untuk melacak keberadaan lubang hitam, ada 2 kembaran dengan 1 bintang dan 1 lubang htaim
Dimana terlihat seperti pancaran radiasi sinar X yang kuat, dan jejak jet dari atmofer bintang yang ditarik oleh lubang hitam dapat dilacak sebagai sumber emisi cahaya.

Mengapa lubang hitam BH3 terlihat tidak aktif.
Karena tidak ada bintang pendamping, atau bintang didekatnya terlalu jauh, dan lubang hitam tersebut bergerak bebas sendiri tanpa terditeksi.

Teleskop Gaia dengan pintar dapat melacak benda ini.
Dengan melihat getaran atau gelombang gerakan bintang, dapat dipastikan ada sesuati benda yang sangat kuat disekitarnya.

Satuan ukur dengan Lubang hitam dapat mencari gerakan aneh yang tidak terkait dengan bintang atau planet.
Mengindikasi, ada pendamping atau satu benda dengan kekuatan gravitasi kuat disana, yaitu Black Hole.

Teleskop Gaia mengambil data di area bintang tua di konstelasi bintang Aquila, dengan jarak 1.926 tahun cahaya dari Bumi.
Tim menemukan gerakan di jalur bintang, menunjukan adanya gerakan orbital sebuah lubang hitam dengan masa sangat tinggi.

“Ini benar-benar unicorn,” kata ketua peneliti Pasquale Panuzzo dari CNRS, Observatoire de Paris di Prancis, dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah jenis penemuan yang anda buat sekali dalam penelitian. Sejauh ini, lubang hitam sebesar ini hanya pernah terdeteksi di galaksi jauh yang jauh, melalui kolaborasi LIGO-Virgo-KAGRA, yang mengkhususkan untuk pengamatan gelombang gravitasi.”

Tidak hanya BH1, BH3 dan Cygnus X1 dengan massa 10x, 33x, 21x lebihi besar dari Matahari.

Ukuran lubang hitam paling dekat ke Bumi April 2024

Dimana inti galaksi kita, tepat berada di atas langit.

Dengan mengambil gambar dengan camera cukup lama, kita dapat menangkap garis galaksi.
Durasi cukup lama dengan teknik long exposure, atau membuka lensa dalam 20 -30 detik dan ISO tinggi.



Black Hole Gaia BH2 April 2023
Lubang hitam dengan jarak 3.800 tahun cahaya dari Bumi. Berada di konstelasi bintang Centaurus dan ditemukan dari gerakan bintang oleh teleskop Gaia.
Sebelumnya baru masuk daftar kandidat lubang hitam terdekat.

Lubang hitam BH2 tidak ada cahaya yang terditeksi, peneliti mengunakan teleskop Chandra X-ray dan teleskop radio MeerKAT untuk memastikan lubang hitam BH2 ada disana.
Umum pasangan biner dengan lubang hitam akan memancarkan radiasi seperti sinar-X dan gelombang sinyal radio. Dampak dari aktivitas lubang hitam yang mulai menarik gas sebuah bintang.

BH2 tidak, keduanya damai dan aman aman saja, tapi saling mengorbit. Sampai kapan keduanya damai, tidak diketahui.
Sejauh ini keduanya mengorbit ke satu bintang pendamping tapi cukup jauh. Jadi keduanya unik, sejauh apa yang ditemukan oleh tim astronom.
Banyak partikel yang keluar dari bintang pendamping atau disana adalah biner atau bintang dan blackhole.

Black Hole Gaia BH1 November 2022
Lubang hitam Gaia BH1 diperkirakan memiliki 10x massa matahari kita.
Jaraknya sekitar 1.560 tahun cahaya dari Bumi, berada di konstelasi Ophiuchus.
2x lebih dekat dari perkiraan awal.

Black hole Gaia BH1 disana biner, dan satu pasangannya sebuah bintang yang mengorbit seukuran matahari dengan jarak cukup dekat.
Saling orbit setiap 186 hari sekali.

Lubang hitam Gaia BH1 menjadi menarik bagi peneliti, terlihat tidak aktif atau belum menelan / menarik bintang di sebelahnya.
Tidak terjadi tanda radiasi, tanpa percikan akresi yang biasa di lakukan sebuah lubang hitam ke bintang.
Kemungkinan BH1 tersebut memiliki ukuran relatif kecil dengan radius 28km.

Apa yang terjadi bila lubang hitam atau black hole lewat di dekat tata surya.
Seandainya sebuah lubang hitam melintas dalam jarak belasan tahun cahaya saja. Gravitasi lubang hitam dapat mengacaukan gravitasi sebagian planet. Entah menarik, mengeser dan lainnya.

Semua orbit akan bergeser perlahan, asteroid mungkin akan menabrak semua planet karena orbit ke matahari berubah
Bila lubang hitam mendekati bumi. Bumi tidak akan ditabrak, tapi perlahan ditarik oleh kekuatan gravitasi lubang hitam. Awalnya atmofer bumi akan ditarik keluar dari Bumi, lalu permukaan batuan, sampai seluruh isi bumi akan habis ditarik ke lubang hitam. Dan Bumi Tamat tidak tersisa.

Bila lubang hitam melintas terlalu dekat ke Tata Surya

Bila lubang hitam pernah melintas sebelum tentu manusia tidak akan hadir, dan manusia juga tidak akan ada seperti sekarang.

Apakah tata surya kita akan aman, sejauh ini yah. Tetapi jawabannya tidak terlalu yakin. Dan bahaya sebuah planet bukan datang dari gangguan lubang hitam yang lewat begitu saja. Bumi dan manusia bukan hal penting dari alam semesta dan bisa hancur oleh kejadian dari ruang angkasa atau ulah manusia sendiri.

Bila anda seorang astronom, kita  dan melihat sebuah bentuk benda seperti dibawah ini. Tidak perlu melapor ke siapa-siapa, karena tidak ada gunanya alias semua sudah terlambat.

Artikel Lain

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam ditengah galaksi bukan bentuknya saja yang sangat besar. Lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Putaran lubang hitam di rentang kecepatan cahaya tapi tidak dapat mencapai 1. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak selalu.

2 bintang biner, dengan nama T CrB. Bintang T Coronae Borealis adalah bintang biner. Kedua bintang telah diamati beberapa tahun lalu, dan memiliki periode 80 tahun sekali memancarkan Nova. Kedua bintang memiliki jarak cukup dekat. Kemungkinan tahun 2024 akan menyala terang seperti Nova.



Bintang tipe Blue Giant Star atau bintang paling terang cukup langka ditemukan di galaksi kita. Umum sebuah bintang dapat bergabung dengan bintang lain atau bintang biner. Dalam simulasi model, bintang raksasa biru umumnya tidak memiliki pendamping. Lalu apa yang diteliti.

Galaksi ARP 271 saat ini saling tarik menarik. Hubble melihat seperti ada jembatan diantara kedua galaksi. Dimana memicu aliran debu dan gas, sampai memicu lahirnya bintang muda baru berwarna biru.

Teori tata surya terbentuk dari lahir awal lahirnya protoplanet, rata rata membutuhkan waktu sekitar 2 juta tahun untuk membentuk cincin. Penelitian terbaru, ditemukan beberapa beberapa tata surya yang sudah membentuk cincin dengan usia 300 ribu tahun, itu jauh lebih cepat.

Planet terdiri dari planet berbatu, planet gas. Lalu berapa batas ukuran planet, bahkan menjadi sebuah bintang..Bila kandungan gas sebuah planet setara 80x massa Jupiter, dipastikan disana akan menjadi sebuah bintang. TDengan massa 13x dari massa Jupiter saja, sudah dapat membentuk bintang yang dinamai bintang kerdil katai coklat. Bedanya bintang kelas tersebut tidak mampu menghasilkan panas.

Bila kita melihat ada 2 galaksi yang bergabung, apa yang terjadi. Satu tipe galaksi Seyfert seperti galaksi Arp 107, adalah 2 galaksi yang bergabung. Ketika kedua galaksi mulai mendekat, ada material yang membentuk seperti jembatan di antariksa.



Bintang 8 Ursae Minoris memasuki tahap kehancuran, tapi satu planet Bintang 8 Ursae Minoris b masih tetap ada disana. Mengapa planet tersebut tidak ditelan oleh bintang induknya sendiri. Teori kuat dari astronomi memperkirakan ekpansi bintang berhenti, menjadi pertanyaan kedua mengapa.

Lubang hitam adalah nama kehancuran, apa yang ada akan ditelan. Kali ini lubang hitam memiliki dampak positif. Ketika sebuah lubang hitam terlempar dari galaksi induknya, tapi menarik gas di kosmos. Apa yang terjadi malah membentuk bintang bintang baru.



Youtube Obengplus

Trend