TSMC pabrik Arizona terlambat dapat pinjaman Chips Act ada 2 pabrik disana


   Shortstory | 20 March 2024


2024 April TSMC mendapat dana 11,6 miliar dibawah Chips Act.
Pabrik TSMC diperkirakan membuka 10.000 pekerjaan.
Mendapat ijin dari pemerintah Amerika melalui program Chips Act dengan dana $11.6 miliar untuk pabrik ketiga.

$6,6 milar dalam bentuk hibah, dan $5 untuk pinjaman lunak.
Dana tersebut dapat harus digunakan untuk pembangunan pabrik TSMC.

TSMC telah membangun 2 pabrik di Phoenix Arizona. Nantinya ada pabrik ke tiga yang baru di lokasi tersebut.
Dirancang untuk teknologi 2nm, dan dapat berproduksi di tahun 2025 dan 2028 dengan kapasitas total 50 ribu wafer perbulan.
Samsung diperkirakan juga mendapat dana hibah $6 miliar.

Amerika ingin memiliki pabrik chip disana. Menyiapkan dana hibah $39 milar, dan $75 miliar dalam bentuk pinjaman.
Membawa teknologi chip ke Amerika, dan bukan di Taiwan.

Apa kabar baiknya, sejauh ini produsen besar tergantung dengan kapasitas TSMC.
Dan chip harus dibayar mahal karena kapasitas produksi terbatas. Tahun 2025 mungkin akan berkurang bagi beban pabrik TSMC.
Masalah lain, teknologi baru seperti Ai sangat membutuhkan chip generasi baru. Itu yang diragukan, apakah TSMC mau membagi jadwal roduksi di semua jenis chip termasuk GPU untuk konsumen.

2024 Maret sekarang giliran 5 pemasok utama
Intel dan TSMC membangun pabrik baru di Arizona. Jadwal produksi sudah ditetapkan, tapi itu diatas kertas.
Butuh waktu untuk menguji coba chip, setidaknya dalam beberapa bulan.

Maret 2024, bukan hanya pabriknya yang belum berproduksi, tapi mempengaruhi pabrik lain yang mendukung.
Pabrik boleh saja siap berproduksi, tapi pabrik pendukung produsen chip tidak murah. Melibatkan beberapa pabrik berbeda sebagai industri pendukung pabrik chip

Berbicara pabrik sepatu, ada bagian pabrik pendukung, untuk pembuat sol sepatu sampai pabrik bahan kimia.
Demikian juga pabrik kemasan, didukung pabrik lain pembuat biji plastik, dan pabrik kimia untuk bahan yang akan dibuat untuk biji plastik.
Satu industri melibatkan industrik lain, produsen kripik kentang saja melibatkan bahan minyak goreng, pemasok kentang, sampai petani kentang.
Semua tidak hadir begitu saja, memiliki banyak faktor pendukung.

Membangun pabrik chip teknologi tinggi tidak dapat ditentukan berapa biaya akhir, dan ini sudah menjadi tantangan di industri chip.
Berbicara biaya 100, tapi bisa membengkan menjadi 200. Budget pabrik pengecoran chip dapat meningkat, dengan berbagai faktor.

5 pemasok Intel dan TSMC telah menunda, atau mengurangi proyek kontruksi kata Nikkei.

Itu alasan kedua produsen utama chip besar mengalami penundaan.
Tanpa pasokan bahan kimia dari produsen ternama, TSMC dan Intel tidak mungkin membuat chip.

Pemerintah Amerika ingin pabrik chip strategis ada disana, sampai menyiapkan subsidi industri chip.
Tapi biayanya meroket, dan ketidakpastian dengan subsidi pemerintah kepada produsen chip.
Seandainya pabrik baru Intel nanti akhirnya tertunda dari jadwal produksi ?

Akhirnya pemasok ragu dan memperlambat investasi mereka.
Urusan dengan pemerintah kadang relatif sama, janji membantu seperti pinjaman ringan, tapi belum ada kepastian.
Bila pabrik sudah jadi, tapi Intel terlambat menyelesaikan pabriknya, kira kira 1 tahun saja. Artinya pasokan industri pendukung juga tertunda, untuk apa membangun pabrik terlalu cepat bila tidak ada yang membeli.

LCY Chemical produsen bahan kimia murni untuk Intel, Micron dan TSMC telah memperlambat pembangunan pabrik disana.
LCY melihat dengan mengambil pasokan dari pabrik di Asia dan pengiriman kapal laut lebih siap, dibanding membuat pabrik di Amerika.
LCY sudah mengumumkan mendukung pabrik TSMC US di tahun 2021.
Pabrik LCY berada di Taiwan dan China, dan ini sudah 3 tahun berlalu.

Solvay, penyedia hidrdogen perioksida dibutuhkan dalam proses produksi chip.
Juga menunda pembangunan pabrik di Arizona, dengan keprihatinan biaya klien Intel dan TSMC.

ChangChun Grup produsen Hidrogen Perioksida tingkat semikonduktor, signifikan mengurangi cakupan pembangunan pabriknya di Arizona.
Disana membangun sebagian pabrik, tapi skala lebih kecil dari rencana, karena biayanya yang dikeluarkan berlipat dari perkiraan.

KPCT Advanced Chemical telah menunda pembangunan pabrik asam sulfat baru di Amerika.

Semoga ini bukan berita untuk menekan pemerintah AS. Agar mengucurkan dana subsidi lebih cepat dan lebih besar ke kalangan tersebut, yang konon Intel berharap mendapat bagian terbesar.

2022
TSMC membangun pabrik baru di Arizona dilaporkan telah terlambat tiga bulan dari jadwal
Satu satunya pabrik untuk pembuat chip tercanggih membuat chip untuk Qualcomm, GPU Intel, procesor, GPU AMD, Nvidia ada di Taiwan.
Tetapi kapasitas produksi disana sudah mencapai maksimum.

Diawal pandemi tidak ada yang mengira bila dunia akan mengalami kekurangan chip. Sampai menganggu produksi pasokan dari chip barang elektronik sampai kendaraan otomotif.

Sebagian besar perangkat mengunakan chip. Sampai awal tahun 2021 terjadi masalah terbesar ketika chip GPU untuk perangkat computer mengejutkan, harga naik 3x lebih mahal. Kondisi masih berlanjut sampai awal tahun 2022 walau kenakan harga mulai reda.

Menghadapi masalah kekurangan pabrik pembuat chip. TSMC mengambil langkah untuk perluasan pabrik.
Tetapi pabrik tidak selesai dalam semalam bahkan sampai hitungan bulan. Membutuhkan waktu setidaknya 1 tahun lebih sampai chip keluar dari pabrik, dan jedah selanjutnya sampai mesin  berproduksi penuh.

Beberapa tahun lalu TSMC telah merencanakan perluasan pabrik Di Taiwan perluasan pabrik dan itu sudah dilakukan untuk mengejar produksi chip dunia.
Tetapi membangun pabrik baru tidak lagi di Taiwan, TSMC memilih membangun blok baru di Arizona Amerika.

Pabrik chip seperti TSMC telah berjuang keras untuk menambah kapasitas di tengah lonjakan permintaan untuk semua produk yang berhubungan dengan microchip di dalamnya.

Menghabiskan investasi $40 miliar digunakan untuk upaya membangun pabrik baru di tahun 2022
Kemungkinan total biaya mencapai biaya 44 miliar dollar. Melibatkan 8.000 insinyur untuk karyawan pabrik yang berada di Amerika Serikat, Taiwan, Jepang dan China.

Pabrik TSMC Arizona

Walau sudah melakukan investasi begitu besar untuk menanggulangi kekurangan chip.
Jadwal awal pabrik di Arizona sudah terlihat molor 3 bulan.

Pabrik tercanggih tetap berada di Taiwan, menyusul untuk memproduksi chip dengan kerapatan 4nm. Kabarnya sudah di uji coba dengan tingkat keberhasilan mencapai 70%.

Pabrik chip teknologi 5nm yang baru di Arizona mulai dibangun Juni 2021. Dengan 6 pabrik dan usia produksi diharapkan dapat bertahan sampai 10-15 tahun.
TSMC menjadwalkan pemindahan mesin yang seharusnya dilakukan di awal tahun 2022 ini.
Tapi jadwal di tunda setidaknya paling lambat di awal tahun 2023.

Selain jadwal yang mundur, TSMC harus melakukan sertifikasi jalur produksi dan memaksimalkan produksi chip selama 12 bulan di pabrik baru.

Masalah lain pabrik Intel yang baru juga sedang dibangun, kedua perusahaan membuat konstruksi pabrik dengan waktu bersamaan.
Membuat sumber daya pembangunan yang terbatas, dan TSMC harus bersaing untuk mempercepat pembangunan pabriknya dengan sumber daya yang terbatas dengan Intel.

Kendala utama ada di pemerintah Amerika sendiri, TSMC meminta pemerintah untuk memberi subsidi. Karena pabrik baru harus dibantu untuk mengurangi biaya investasi awal yang amat besar.

TSMC telah menambah investasi baru sebesar 1,6 miliar dollar ke pabrik di Jepang.

Bekerja sama dengan Sony, konstruksi diharapkan dimulai akhir tahun 2022 dan produksi baru dimulai tahun 2024.

Artikel Lain

Perdebatan Barat dan China, kedua sisi memiliki sudut pandang berbeda. China sendiri sudah kelebihan pasokan di salah satu sektor dan pasar dalam negeri jenuh untuk energi terbarukan. Ekspor produk ke berbagai negara lebih murah. Dampak kebijaksaan pemerintah China memberi subsidi terlalu besar.

Berkembang jaman, protokol torrent bukan lagi protokol yang mengunakan lalulintas internet dunia. Posisi lain adalah jaringan Cloud, streaming, mengirim pesan, masuk sebagai bagian dari 10 penguna trafik internet.

Smartphone yang mahal dengan harga ratusan dollar, penguna akan takut tergores. Banyak penguna smartphone membeli Screen Protector. Hati hati ada yang label saja, seperti Sapphire Defence Screen Protector ternyata cuma lembaran plastik. Screen Protector dapat menganggu kemampuan layar.

Nikon Coolpix S6900 baru 8 tahun, paling banyak dicari kalangan GenZ. Mungkin kita belum lahir atau anda pernah mengunakan Walkman 1 Juli 2019 berusia 40 tahun, Discman, GameBoy, Nintendo, bahkan ponsel tua model Nokia. Super Rekor Mario Bros $114 ribu. Ada pasar mencari barang vintage, membeli harga sangat tinggi.

Pembeli Inggris bergegas membeli peralatan hemat energi di tengah tekanan biaya sehari-hari. Walau inflasi turun, lebih memilih menurunkan konsumsi listrik dengan perangkat lebih hemat energi. Beberapa perangkat masak seperti Air Fryer, Microwave, sampai Heat pump menjadi pilihan

Berapa waktu dihabiskan di depan ponsel, data dari tahun 2019, 2020 dan 2021 terbesar penguna di Indonesia. Walau belum mengalahkan pertumbuhan negara India, dimana terjadi peningkatan signfikan penguna nongkrong di depan ponsel. Aplikasi apa yang digunakan terbanyak setiap hari

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis

Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah. Bahan thorium lebih banyak dibanding uranium, biaya perawatan murah. Skala kecil dengan biaya 1000 dollar menyalakan 10 rumah seumur hidup



Youtube Obengplus


Trend