Teleskop Green Bank di area paling sunyi NRQZ hanya mesin diesel boleh masuk


   Science | 11 March 2024

Sebuah kota kecil ini hanya di tinggali 149 orang, terletak di tengah zona radio dengan luas 13 ribu mil persegi.

Di area ini hampir semua alat elektronik yang memancarkan emisi radio dilarang.
Dari perangkat radio, WIFI, siaran TV, ponsel dan bluetooth yang bisa memancarkan gelombang radio tidak boleh masuk.

Mobil listrik apakah boleh lewat di area NRQZ 2024
Area The United States National Radio Quiet Zone (NRQZ) ini memiliki luas 13 ribu mil persegi, meliputi ujung paling selatan Maryland, pegunungan Allegheny Virginia.

Area NRQZ daerah paling ketat yang terlindung, setidaknya 30 km dari titik observasi antena radio.
Di tahun 2013, sudah tertera wilayan observasi ini harus jauh dari menara telepon selular sampai tidak diijinkan WIFI rumah.
Hanya kendaraan diesel boleh mendekati pusat observasi.

Begitu sensitif 3 antena raksasa tersebut, dapat menangkap sinyal apapun, dari tranmisi camera digital, telepon, bahkan busi kendaraan bensin.
Berkembang mobil listrik, pertanyaannya apakah mobil listrik mengeluarkan emisi seperti frekuensi radio dari motor pengerak.

Di sekitar area ada stasiun pengisian mobil listrik yang jaraknya 45 km dari Green Bank.
Tapi mesin diesel untuk mobil sampai power antena Green Bank di ijinkan. Yang lain harus menjauh bila peralatan antena sedang melakukan observasi

Teleskop Green Bank sekarang tidak terisolasi seperti gambaran sebelumnya.
Sekitar 50 ribu turis pertahun datang kesana, dibuka siang sampai sore pada hari tertentu.
Tempat tur tersebut memang sangat dekat dengan 3 antena Green Bank, dengan bentuk parabola raksasa.
Tapi beberapa jenis kendaraan sebagai contoh mobil hibrida, bensin tidak boleh mendekat sampai radius 3km di sekitar antena.

Mengapa mesin diesel diijinkan. Mesin diesel tidak mengeluarkan interferensi radio sebesar mesin busi dan motor listrik.
Pengunjung dapat datang, seperti mengendarai sepeda, atau berjalan kaki di salah satu jalur paling tenang. Atau mengunakan bus dengan mesin diesel.

Bagaimana dengan warga yang tinggal di area Green Bank.
Apakah mereka tidak mendapat akses apapun dengan teknologi digital
Katanya tidak juga, disana tetap di ijinkan instalasi menara selular dan WIFI tapi dengan jarak aman.
Tim insinyur akan memastikan menara tersebut menjauh ke arah teleskop radio dan tidak menganggu sinyal yang harus ditangkap.

Sekarang yang menjadi masalah ada di langit, karena banyak pesawat terbang dan satelit komunikasi.
Dari badan NRDZ telah mengatur zona tersebut sejak 2022 lalu.
Dimana insinyur ruang angkasa dapat mengurangi gangguan sinyal di langit, seperti komunikasi satelit dan pesawat dapat dimatikan ketika berada di daerah NRQZ.
Jadi daerah di wilayah NRQZ tidak berarti semua harus senyap. Memang tidak ada suara, tetapi suara diesel melintas masih terdengar.

Apa yang ada di kota ini 2013
Kota Green Bank di West Virginia dirancang tanpa gangguan gelombang radio.
Karena ditempat tersebut terdapat sebuah radar Green Bank Telescope.
Satu teleskop raksasa yang sangat sensitif untuk menangkap gelombang radio.

Salah satu radar paling kuat untuk mengamati ruang angkasa dan sangat sensitif menangkap gelombang radio.
Di tahun 2013, kota disebutkan hanya tersedia 1 telepon umum, kecepatan internet tersedia tapi hanya secepat kecepatan dial up.

Bila ada orang yang memiliki masalah dengan gangguan penyakit akibat gelombang radio.
Kota ini bisa menjadi pilihan, karena begitu tenang dan tidak ada signal radio di radius sangat luas.
Tapi jangan berharap banyak dengan fasilitas umum. Kota ini tidak memiliki supermarket atau toko kelontong, tidak ada restoran, tidak ada rumah sakit di dekat titik observasi.



Ukuran piring teleskop Green Bank memiliki diameter 100m. Dibangun dari tahun 1991-2002, tetapi sudah beroperasi tahun 2000.

Teleskop ini tidak mengunakan optik tapi sinyal radio.
Mengangkap sinyal dari bintang mati, mencari Pulsar, global cluster seperti Messier 62.
Tahun 2006 teleskop Green Bankmenemukan bidang magnetik di awan Orion dan kumpulan gas hidrogen sangat besar dalam bentuk gelembung yang berada 23 ribu tahun cahaya dari Bumi atau dikenal Ophiuchus Superbubble

Dibawah ini video dari NatGeo tentang teleskop radio terbesar Green Bank





View Larger Map

Teleskop Greenbank mampu menangkap sinyal paling banyak dari ruang angkasa.
Masyarakat yang berada pada jarak 16,5km dari jarak teleskop dilarang mengunakan parangkat Bluetooth, Microwave, telepon wireless, termasuk speaker bluetooth.

Zona di sekitar Greenbank telah dilindungi sejak 1958.
Dan Greenbank adalah pusat dari daerah NRQZ, 60 tahun sudah ditetapkan sebagai tempat yang tidak boleh ada pemancar / sinyal radio.

Kehidupan disana seperti mundur ke masa 1990an.
Penduduk lokal seperti hidup di abad ke 21 tapi teknologi modern disana yang dihapus ketika semakin dekat ke titik observasi.

Artikel Lain

Awan Smith Cloud berada di sisi bawah galaksi. Molukuler gas dan debu raksasa tersebut suatu hari menabrak galaksi Bima Sakti. Awalnya mencari letak awan tersebut jatuh, tapi tidak dapat disimpulkan. Malah menemukan jawaban lain ketebalan galaksi Bima Sakti.

Kebutuhan daya server Ai dan ML meningkatkan pemakaian power listrik. Infineon power supply dirancang lebih efisien sampai 97%. Mengapa data center menjadi momok energi terbarukan. Rancangan GPU mendatang membutuhkan 1000W di data center, bahkan akan terus naik. Amazon sudah menjatah pemakaian Cloud Ai.



Galaksi ARP 271 saat ini saling tarik menarik. Hubble melihat seperti ada jembatan diantara kedua galaksi. Dimana memicu aliran debu dan gas, sampai memicu lahirnya bintang muda baru berwarna biru.

Tata surya AC Her adalah tempat dimana 2 bintang saling mengorbit, disebut bintang biner. Yang unik dari puing lahirnya bintang berada ke arah atas dan bawah. Apakah nanti planet yang lahir akan mengorbit ke arah atas dan bawah dari bintang.

Gambar berwarna Teleskop James Webb atau JWS sangat menakjubkan untuk studi ilmiah. Ada satu tempat disebut cluster galaksi SMACS 0723, kelompok galaksi saling berdekatan. JWS juga mendapatkan 4 galaksi yang jauhnya 13 miliar tahun cahaya.

Seperti sensus bintang, teleskop Gaia mencatat 1,8 miliar bintang di galaksi kita telah dipetakan. Ternyata bintang biner di galaksi Bima Sakti sangat banyak, mencapai 800 ribu bintang biner telah ditemukan. Arah gerakan bintang juga dapat diketahui arahnya.

Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, GMT Giant Magellan Telescope. Tersisa 1 cermin dari 6 cermin telesekop tahap pengerjaan. Satu cermin membutuhkan waktu 4 tahun pembuatan. Mendapat dana 205 juta dollar untuk konstruksi cermin, dan rangka teleskop



Teleskop IXPE dari singkata Imaging X-ray Polarimetry Explorer mencari radiasi X-ray dari riang angkasa. Teleskop akan bekerja selama 2 tahun, untuk mempelajari sinar X terpolarisasi di beberapa tempat yang ekstrim dan misterius. Teleskop ditempatkan pada ketinggian 600km dari Bumi, dan akan bergerak setiap 90 menit untuk satu orbit.

Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif. Nasa melakukan perubahan perintah untuk giroskope setelah mengalami kemacetan. Test akan dilakukan pada awal November 2018, kembali beroperasi 2021.

Ketika berbicara antariksa, gambar bintang, galaksi tentu diabadikan oleh teleskop. Salah satu tempat observasi paling berjasa di dunia astronomi adalah VLT / Very Large Telescope. Pengamatan VLT tidak hanya melihat galaksi yang jauh. Tapi benda yang ada disekitar galaksi kita sampai bintang.

Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya. Ini cerita setelah teleskop Hubble pensiun

Teleskop terbesar dunia European Extremely Large Telescope (ELT). Dibangun di Chile, dan membutuhkan waktu pembangunan selama 10 tahun. Diperkirakan selesai tahun 2025. Tahun 2024 konstruksi sudah mencapai separuh jalan, video dari ESO menyebut cermin dan instrumen bertahap sedang disiapkan. Kubah teleskop sedang naik untuk persiapan penutup teleskop raksasa.

Kehancuran sebuah kota oleh meteor hanya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. Tetapi penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Sejak tahun 2000 sudah 26 meteor ukuran besar menabrak bumi.



Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya



Youtube Obengplus

Trend