Panel surya dan reflektor menghasilkan daya listrik lebih besar


Green | 19 February 2024


Tim peneliti menguji prototipe sistem panel surya dengan reflektor cermin.

Hasilnya sistem tersebut layak secara ekonomi "di bawah kondisi iklim Malaysia."

Analisis ini didasarkan pada faktor efektivitas biaya (FCE), merupakan parameter yang harus dipertimbangkan ketika merancang panel surya dengan tambahan reflektor atau teknologi pendingin dalam sistem panel surya.

Para peneliti di Universitas Multimedia di Malaysia telah melakukan penilaian kelayakan ekonomi penggunaan reflektor cermin untuk meningkatkan hasil daya sistem fotovoltaik.

Reflektor cermin banyak digunakan di masa lalu untuk meningkatkan pembangkit listrik modul surya, terbukti meningkatkan output sebesar 20% hingga 30% tergantung kondisi musim, lokasi pemasangan, dan jenis reflektor.
Penerapannya dalam proyek nyata masih terbatas karena biayanya dan kurangnya industri yang tertarik.

Kelompok peneliti tersebut mengatakan, pekerjaannya tidak hanya melakukan peninjauan terhadap teknologi reflektor panel surya yang ada, namun menyediakan desain sistem untuk susunan  panel surya menggunakan reflektor.

Prototipe
Para ilmuwan membuat prototipe di lokasi pengolahan limbah di Malaysia.
Sistem ini mengandalkan empat modul surya masing-masing dengan kapasitas 525 W, efisiensi 20,3%, dan koefisien suhu -0,35%/C.
Sedangkan unit reflektor tersebut 2,2 mx 1 m.

Panel surya dibanding reflektor hasilkan daya listrik lebih besar



Serangkaian pengujian pada susunan tersebut antara bulan Februari dan April 2022.
Dan membandingkan dengan sistem referensi tanpa reflektor, dengan analisis yang mempertimbangkan suhu lingkungan, radiasi matahari, kecepatan angin, energi yang dihasilkan, dan efisiensi.

Tim mengatakan pengujian sistem panel surya dengan reflektor mampu mengungguli sistem panel surya tanpa reflektor berkat peningkatan output power  panel surya sebesar 14,57%.
Selanjutnya sistem yang dilengkapi reflektor mampu mencapai efisiensi maksimum sebesar 25,5%, sedangkan sistem referensi hanya mencapai efisiensi 22,7%.

Meskipun kecepatan angin lebih tinggi di bulan Februari 2022, dapat menurunkan suhu panel dan meningkatkan kinerja dalam menghasilkan power listrik.
Panel surya tanpa reflektor yang dipasang pada bulan Februari 2022 menunjukkan kinerja lebih rendah dibandingkan reflektor yang dipasang pada bulan April 2022,” jelas mereka.

Kelayakan ekonomi


Berapa biaya yang ditambahkan untuk memasang cermin, juga diperhitungkan untuk mendapat nilai ekonomis dari energi yang dihasilkan.
Penilaian ekonomi didasarkan faktor efektivitas biaya (FCE), sebagai parameter yang dipertimbangkan ketika merancang tambahan reflektor atau teknologi pendingin dalam sistem PV.

Para akademisi memperkirakan reflektor untuk panel surya memiliki nilai FCE sebesar 0,955.
Hal ini menunjukkan jika biaya reflektor diubah menjadi daya yang dihasilkan panel surya, biaya akan lebih kecil dibanding hasil output yang diberikan panel surya.

Mereka menyimpulkan sistem panel surya dengan reflektor layak secara ekonomi dalam kondisi iklim Malaysia.
Selanjutnya penelitian ekstensif dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja reflektor PV.

Desain panel surya dengan cermin bukan pertama.
Ilmuwan di India telah merancang sistem relekfor untuk panel surya.
Walau ketika di uji tahun 2020, masih belum layak secara ekonomis.

Pengujian dengan tambahan cermin, tidak membuat permukaan panel lebih panas. Salah satu faktor yang diperhitungkan, bila panel surya mendapat suhu lebih tinggi dari udara disekitar, hasil daya yang dihasilkan dapat lebih rendah.

Pengujian National Institute of Technology, the Centre for Energy and Environmental Engineering and Shoolini University India melakukan percobaan di area Himalaya.
Penelitian juga dihitung dari sudut reflektor cermin yang optimal.

Wilayah Himachal Pradesh di Himalaya Barat India, lokasi tersebut menjadi kunci penelitian.
Lingkungan dengan radiasi matahari yang baik, serta suhu rendah.


Solar cell and reflector mirror

Pengujian dengan relektor meningkatkan suhu panel dari 0 - 4 deg.C dengan rentang suhu 48 - 50 deg.C.
Di musim dingin permukaan panel dengan suhu ruang hanya selisih 0 - 2 deg.C.
Pengujian dilakukan pada rentang jam 9 pagi sampai jam 5 sore.
Peningkatan daya terjadi antara jam 9 pagi sampai jam 1 siang.
Penginkatan daya yang lebih rendah pada jam 2 siang sampai jam 5 sore.



Kemiringan panel di musim panas dengan sudut 40 derajat, membuat tingkat output power lebih efisien yang mencapai 19,84%.
Di musim dingin, posisi optimal reflektor antara 10, 15 dan 20 derajat untuk bulan Desember, Januari dan Februari. Memberikan tingkat efisien 13,22%.


Artikel Lain

Penurunan panel surya sampai 25%, perkotaan 15%. Peneliti NREL melakukan uji coba agar memberikan masukan industri faktor X. Ketika panel surya terpasang, debu yang tidak dapat diperhitungan dengan pasti. Terlalu sering dibersihkan akan memakan biaya, tidak dibersihkan dapat menurunkan panel memberi listrik.

Perlengkapan sepeda yang penting adalah pompa sepeda. Bila pompa sepeda bermerek dan kualitas yang bagus dapat bertahan bertahun tahun. Ada kalanya pompa sepeda akhirnya rusak, bagaimana memperbaiki, menganti selang pompa atau kepala pompa.



Perkebunan vertikal atau pertanian vertikal di US memiliki dinamika berbeda. Kualitas produk sayuran yang baik, tapi biaya tinggi, biaya lampu  tanaman. Ada yang tutup, tapi perusahaan baru kembali tampil. Disisi lain, perkebunan lahan tanah di dalam ruangan tertutup lebih menguntungkan.

Karet digunakan untuk campuran beton, membuat struktur lebih tahan terhadap radiasi cahaya matahari. Sekarang peneliti RMIT telah melakukan penelitian, bila aspal di campur dengan bahan karet, akan lebih tahan 2x jalan bertahan dari keretakan. Tapi formulanya harus tepat, tidak  boleh berlebih

Kita sering mendengar panel surya, sebenarnya ada beberapa jenis panel surya yang dijual dan spesifikasi berbeda. Masing masing panel memiliki kelebihan, harga, dan tingkat efisiensi dalam menghasilkan power listrik.

Peneliti mendapatkan formula cat yang memantulkan panas matahari. Membuat suhu di sekitar yang dilapisi cat dapat lebih dingin mengembalikan cahaya infra merah dan ultraviolet 95,5%. Cat untuk atap rumah, jalan akan lebih dingin, pemakaian AC yang mengunakan listrik besar dapat dihemat.

Samsung kembangkan AC dan Kulkas dengan power solar cell. Mengunakan teknologi 8 Pole Digital Inverter, dengan nama kulkas Digital Inverter dan Smart Convertible. Samsung Direct Cool Single Door Refrigerator192 liter rating 5 Star paling efisien. Harga tidak berbeda dengan kulkas biasa.



Ketika listrik padam, rumah Rosa tetap menyala. Bahkan dijuluki sebagai rumah kunang kunang karena dirumahnya saja yang masih bersinar. Sering mengalami pemadaman listrik, Rosa akhirnya memasang instalasi panel surya. Biaya listrik perbulan turun, bahkan hanya membayar 5% dari biasanya.

Panci untuk memasak elektronik. Disebut Pressure Pot elektrik, seperti rice cooker tapi ini lebih canggih. Dimanfaatkan seperti panci elektrik untuk memasak semuanya.

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.

Sebuah produsen panel surya atau solar cell membuat rancangan unik, dengan panel surya yang tidak perlu peralatan untuk pemasangan. Beamreach membuat modul panel surya untuk menghasilkan listrik yang dapat disambung



Youtube Obengplus

Trend