Berapa lama RAM rusak tidak kurang dari 10 tahun baik baik saja


   Hardware | 9 February 2024

Berapa lama sebenarnya RAM komputer bertahan
Masa pakai RAM bergantung pada banyak faktor.

Terkait computer baik PC dan desktop, mengetahui satu atau dua hal tentang perangkat keras di dalamnya.

CPU dan GPU, RAM adalah komponen perangkat keras penting dari setiap PC desktop atau notebook.

Bila CPU dapat bekerja selama kita mengunakan dengan motherboard yang baik baik saja.
Selama motherboard masih memberi power baik baik saja, tidak dipaksa bekerja sampai overheating, komponen motherboard tidak rusak, socket pin juga baik, dan mendapatkan power yang stabil.
CPU akan terus bekerja tanpa masalah

GPU mungkin usia pakai lebih rendah, karena bagian VGA ekternal memang panas, power besar dengan cooling tidak memadai atau tidak dirawat.
Bisa saja VGA rusak tapi bukan rusak di bagian utama yaitu chip GPU.
Terkait dengan solder ball pin di kaki GPU, kerusakan voltase regulator atau hal lain.
Kerusakan ball pin, atau solder dibawah GPU rusak membuat VGA tidak bekerja, dampak dari overheating karena pendingin tidak terawat.

Bagaimana modul RAM computer
Berapa lam RAM dapat dipakai. Produsen memberi garansi LifeTime, artinya seumur hidup, atau sampai computer kita lebih dahulu rusak, atau diganti dengan perangkat baru.

Disana RAM akhirnya kita tinggalkan, mungkin disumbangkan atau kita membantu orang lain dengan menjual dengan harga murah.

Namun berapa lama modul memori (alias DIMM) dan komponen memori (IC) bertahan
Apakah sama kritisnya dengan seperti GPU, mengingat RAM memiliki kinerja tinggi, sebagai memory dengan proses menulis data keluar masuk di computer.

Usia pakai RAM bergantung pada berbagai faktor dan tidak dapat diukur secara tepat.
Modul memori modern umumnya tahan lama dan dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun.

Merek RAM garansi terbaik

Daya tahan dipengaruhi beberapa faktor:

Pemakaian dan load beban.
Intensitas penggunaan memainkan peran yang menentukan.
Apakah RAM berfungsi dalam kondisi normal atau stress oleh program yang terlalu banyak menuntut, akses baca dan tulis yang sering, atau beban yang sangat tinggi?

Kualitas komponen:
Bagian penting merek apa.
Masa pakai RAM juga sangat bergantung pada kualitas komponen yang dipasang, terutama IC memori.

Reputasi pabrikan atau merek tertentu
Produsen third party, memesan khusus, menguji dan memeriksa kualitas.
Dibuat sesuai spesifikasi, kadang komponen terbaik untuk produk mereka. Karena daya tahan dan kinerja menjadi reputasi merek mereka nanti.

Modul dari pabrikan ternama dengan teknologi produksi berkualitas tinggi dan komponen yang andal cenderung bertahan lebih lama.
Modul memori semacam itu biasanya memiliki garansi pabrik minimal 10 tahun.

Beberapa merek yang dipercaya seperti G.Skill, Crucial,Corsair,Kingston, TeamGroup, ADATA

Merek chip yang diakui dan dapat dipercaya, juga digunakan oleh produsen merek memory computer
Pabrikan yang membuat seperti Infineon, Qimomda, Samsung, SK Hynix, Nanya.

Manajemen suhu:
Panas yang berlebihan dapat mempengaruhi komponen elektronik
Pendinginan sistem yang efektif dan ventilasi yang baik sangat penting untuk memaksimalkan masa pakai RAM.

Perlindungan tegangan lebih
Perlindungan yang efektif terhadap tegangan berlebih penting untuk melindungi RAM dari kerusakan yang disebabkan lonjakan arus yang tiba-tiba, yang dikenal sebagai “peak”. Itu dapat merusak RAM bila terjadi masalah di bagian power.

Spesifikasi pabrikan:
Spesifikasi teknis modul RAM berisi informasi tentang perkiraan masa pakai atau jumlah siklus tulis dan baca yang didukung.
Informasi teknis dicatat tersebut dapat berfungsi sebagai pedoman, namun dapat diterapkan pada penggunaan praktis oleh pengguna pribadi
Dengan garansi yang baik, dan merek ternama, kita sering mengabaikan, karena bagian ini tidak terlalu penting untuk diperhatikan.
Umumnya hanya SSD yang perlu kita perhatikan, mengingat ada batas dengan keterangan nilai TBW.

Kerusakan fisik
Bisa saja kita salah pasang, mencabut pasang kurang benar, kerusakan pin.
Itu bukan kerusakan RAM, tapi masalah dari penguna.
Selama RAM terpasang, dan kita tidak melepas dengan berbagai alasan. RAM akan baik baik saja di computer / notebook kita

Siklus membaca dan menulis dan MTBF
Jumlah siklus baca dan tulis yang dapat dicapai modul RAM modern bergantung pada jenis memori yang digunakan.
Untuk memori DDR4 atau DDR5 tradisional, spesifikasi umum untuk akses baca dan tulis berkisar dari beberapa puluh ribu hingga beberapa ratus ribu siklus per sel.

Jumlah pastinya bervariasi tergantung pada pabrikan, model, dan kualitas komponen.
Tergantung pada pabrikannya, masa pakai memori juga ditentukan dalam bentuk MTBF (Mean Time Between Failures).

MTBF adalah waktu pengoperasian rata-rata antara kegagalan untuk unit yang dapat diperbaiki dan biasanya antara 100.000 dan 200.000 jam pengoperasian untuk RAM, yang dalam praktiknya setara dengan sekitar 11 hingga 22 tahun penggunaan intensif.
Jadi angka persentase gagal RAM kerja memang sangat rendah.

Pengguna pribadi yang menggunakan RAM mereka dengan benar dan memberikan perhatian khusus pada tegangan suplai yang ditentukan (“VDIMM”) dan clock memori maksimum yang diizinkan, masih memungkinkan modul memori rusak.
Jadi untuk usia pakai RAM, gunakan sesuai spesifikasi, jangan di paksa bekerja dengan voltase duluar batas memory.

Untuk memastikan masa pakai produk RAM yang lama, pengguna harus memperhatikan beberapa daftar.
Modul memori dari produsen terkenal
Chip memori (“IC”) dari produsen yang memiliki reputasi
Gunakan nilai voltase dari spesifikasi resmi pabrikan
Gunakan frekuensi clock maksimum dari spesifikasi dari keterangan memory
Jangan melebihi suhu pengoperasian maksimum 80 Celcius
Perhatikan garansi pabrik 10 hingga 12 tahun atau Lifetime

Produsen merek RAM ternama umum memberikan keterangan. Usia pakai dengan garansi, layanan, jaminan perbaikan sampai pemeriksaan keaslian produk.
Tidak masalah dari siapa kita membeli, memory modul mendapatkan garansi.
Tapi pabrikan RAM tidak memberi garansi langsung. Karena RAM dijual ke distributor atau ke divisi mereka di berbagai bidang.

Produsen ternama masih memberikan garansi model RAM Lifetime, seperti Kingston, Corsair atau G.Skill.

Merek RAM garansi Lifetime

Jadi, merek ternama dengan garansi yang baik, dipastikan tidak akan membuat masalah di kemudian hari.
Sayangnya RAM modul untuk computer dan notebook, sudah banyak dipalsukan. Itu yang perlu kita perhatikan.

Artikel Lain

AMD Radeon Pro W7900 turun, perubahan 3 slot ke 2 slot. AMD Radeon Pro W7000 model 2023. Seri VGA untuk Compute ini setidaknya ada 2 model di kelas entry. Radeon Pro W7500 dan Radeon Pro W7600, menawarkan harga lebih murah dibanding GPU kelas menengah dan atas. Power lebih rendah dari 70W dan 130W

Zhaoxin KX7000 performa 2x lebih cepat dibanding seri sebelumnya. KX-6000G internal graphic dan KH-40000 kelas server 32 core tahun 2022, memiliki 4 core, Proceosr KX-U6780A BGA mulai di pasarkan tahun 2018 tampil dengan procesor versi desktop 4 core. OS Windows dan desktop PC biasa.



Thermaltake MS-1 M.2 pendingin SSD ukuran kecil, dilengkapi fan kecil 20mm dan heatpipe untuk menghantar panas. Thermaltake membandingkan kinerja NVMe PCIe 5.0 yang panas mencapai 84 derajat, dapat diredam sampai 77 derajat. Dampak kinerja SSD lebih stabil.

Produsen MTT VGA gaming dan GPU server. MTT S80 menyebut kecepatan lebih tinggi dari RTX 3060. Terintegrasi proses dan akselerassi AV1, H.265, H.264 video. Walau mengunakan teknologi 12nm, mendukung PCIe 5.0. Dari 60 game hanya 11 game yang bekerja. Sepertinya masih butuh waktu

Disable CEP memperbaiki PC dari Crash. PC gaming procesor Intel Core i7 Core i9, error out of video memory. Nvidia dan mengembang game menyelidiki masalah procesor Intel Gen 13 dan Gen 14 membutuhkan power sangat besar dengan beban berat. Perbaikan dengan underclock sejauh ini solusi awal.

BackBlaze mengumumkan kegagalan harddisk. Harddisk kapasitas besar terbaru 14TB dan 16TB mulai terjadi kerusakan setelah lewat 1 tahun. Data terbaru kerusakan harddisk 8TB mencapai jumlah terbanyak, disusul 10TB. Grafik kerusakan harddisk terus meningkat dalam laporan 3 bulanan

Seri ini tidak masuk daftar dalam roadmap procesor Intel. Intel Bartlett Lake konon hanya membutuhkan power 65W, dengan cache lebih besar. Tapi ada beberapa kabar tentang CPU ini, disebut untuk NEX, bukan kelas high end, memiliki core P saja (tanpa Core Efficient)



2023 Corsair Shift disebut memiliki power supply port disisi samping. Tahun 2010 Corsair keluarkan produk lengkap dan terus mengembangkan perangkat Gaming dan Overclock. Power supply Corsair dengan model iX, AX, HX, RM, CS, TX. Januari 2023 menawarkan side port disain berbeda untuk power supply

Melihat kualitas VGA tidak seperti yang digambarkan produsen. Data nyata ada di tingkat pengembalian toko retail. Satu penjual di Jerman memberikan data seberapa besar kerusakan VGA terbaru, dari model Nvidia dan AMD. Agustus 2023 data kerusakan VGA dari penjual Digitec Galaxus.

Power Supply  Corsair AX850 dan AX1000, model baru dengan tingkat efisien sangat tinggi di kelas 80Plus Titanium. Pada unit kontrol fan akan bekerja seperti biasa atau di nonaktifkan. Corsair SFX 750 dengan ukuran lebih kecil garansinya 7 tahun.

Keyboard Corsair K70 RGB MK.2 memiliki bagian tut keyboard lebih rendah. Mengunakan tut switch mekanik keyboard Cherry MX Low Profile, seperti tombol keyboard notebook dengan switch mekanik. Hanya memiliki jarak 1mm untuk satu ketukan maka keyboar sudah aktif. Keyboard Corsair K70 RGB MK.2 Low Profile dirancang dengan mekanik keyswitch RGB RED.

Beda HDMI vs. DisplayPort vs. DVI vs. VGA. Sekarang HDMI 2.0b, DisplayPort untuk PC dan multi monitor. DVI masih bertahan tapi menunggu digantikan HDMI, VGA adalah port pertama VGA.

Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas. Mengapa SSD kapasitas lebih kecil untuk model yang sama, memiliki performat lebih lambat. Sedangkan kapasitas besar memiliki kecepatan transfer maksimum

Ini ide rada gila sih. Kalau perangkat modem atau router modem atau kabel modem sering kepanasan karena dipakai nonstop. Apa yang dilakukan oleh para modder. Pasang pendingin di modem atau router tentu tidak mungkin.



Masyarakat IT sering melihat kemampuan hardware berdasarkan angka. Angka didapat dari sejumlah test, angka terbaik diartikan hardware terbaik. Umumnya lebih cepat, tentu lebih bagus. Apakah angka tersebut menunjukan kualitas.

Sekarang sudah banyak merek mouse game dari Logitech, Steelseries, Razer dan lainnya. Tapi mouse computer adalah mouse untuk mengerakan pointer saja. Spesifkias mouse game berbeda dengan mouse biasa.

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

Motherboard B660M model paling murah. Tetapi produsen tidak mengunakan komponen yang sama untuk VRM. Dampaknya harga motherboard sedikit lebih mahal malah lebih baik, karena mengunakan chip yang berkualitas.

Terlihat sama tetapi ada beberapa perbedaan penting. Ukuran lubang pin, beban pada procesor dan disain pendingin sedikit berbeda. Socket AM4 berbeda karena rancangan procesor baru seri Zen. AMD socket AM5 untuk DDR5 dan PCIe 5



Youtube Obengplus

Trend