Tweak Power tool Windows optimalkan sistem OS sampai hardware SSD


   Software | 30 January 2024


Merasa Computer berjalan lambat, penuh dengan file yang tidak diperlukan, dan rentan terhadap ancaman keamanan

TweakPower program tool Windows ditawarkan lebih lengkap, sementara pengembang program lain hanya memberi beberapa bagian.

Rilis Tweak Power 2.045 Oktober 2024
 Updated settings to Windows 11 23H2
- Ready for Windows 11 23H2
- Bug fixes
- Improved performance
- Optimized Cleaning

Fitur TweakPower
TweakPower program untuk mengoptimalkan dan melindungi PC Windows.
Penghapusan file sampah: Hilangkan file sementara, cache browser, dan kekacauan lainnya yang menghabiskan ruang disk yang berharga dan memperlambat sistem Anda.
Pembersihan registri: Memperbaiki entri registri yang tidak valid yang dapat menyebabkan ketidakstabilan dan kerusakan.
Pengoptimalan startup: Percepat waktu booting Anda dengan menonaktifkan program dan layanan startup yang tidak diperlukan.
Pengoptimalan kinerja: Sesuaikan pengaturan sistem untuk mengoptimalkan penggunaan memori, kinerja prosesor, dan kecepatan jaringan.
Perlindungan privasi: Amankan privasi Anda dengan mengelola cookie, menghapus riwayat penelusuran, dan memblokir aplikasi pelacakan.
Alat keamanan: Lindungi PC Anda dari malware, spyware, dan ancaman lainnya dengan pemindaian waktu nyata dan pembaruan definisi virus.
Manajemen disk: Defragmentasi hard drive Anda, kelola partisi, dan pulihkan file yang terhapus.
Informasi sistem: Dapatkan informasi terperinci tentang konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak Anda.
Bagian tersebut adalah setting utama

Manfaat Menggunakan TweakPower
Ada banyak kemampuan menggunakan TweakPower, antara lain:
Peningkatan kinerja: Computer yang lebih cepat dan responsif dengan waktu peluncuran aplikasi yang lebih cepat dan gameplay yang lebih lancar.
Peningkatan stabilitas: Lebih sedikit crash dan kesalahan sistem.
Peningkatan keamanan: Perlindungan lebih baik terhadap malware, spyware, dan ancaman online lainnya.
Lebih banyak ruang kosong: Dapatkan kembali ruang disk yang berharga dengan menghapus file yang tidak diperlukan.
Peningkatan privasi: Lindungi informasi pribadi Anda dari pengintaian.
Mudah digunakan: Tampilan relatif ramah pengguna yang memudahkan untuk menemukan dan menggunakan fitur yang Anda perlukan.

Tapi hati hati, jangan salah memilih opsi yang diberikan. Setidaknya kita tahu apa yang akan dilakukan oleh program dengan membaca keterangan dari setting.

Menu TweakPower
Awal tampilan akan diberikan informasi pemeriksaan sistem computer
Kondisi performa computer, sistem security, kondisi storage dan backup.

Tweak Power menu setting

Bagian AntiSpy
Beberapa program menyediakan antispy terpisah, TweakPower sudah memasukan dalam satu program.
Fungsi sama, misalkan menonaktifkan tips, ads Windows, telemetry

Program privacy Windows

Bagian storage
Salah satu tool di menu storage ini lengkap.
Mencari duplikasi file, bad link dari OS Windows yang tertinggal, defrag disk, dan lainnya.

Tool Storage

Optimized System Setting
Disini memiliki opsi untuk mengatur setting Windows dalam daftar.
Dengan Windows, menu pengaturan ini tidak ada, karena sudah default.

TweakPower dapat mengatur waktu menonaktifkan program Service, mengaktifkan Fast Boot Mode.
Menonaktifkan Prefecth untuk penguna SSD, menonaktifkan fitur Defrag di Windows untuk SSD.

Tweak SSD TweakPower

Mengatur registry untuk backup dan restore, defrag Registry
Menghapus cache, trash file atau file sampah dari srorage

TweakPower menyertakan fitur System Maintenance, mengatur start program, scheduled task, disk error.
Setting tersebut dapat ditampilkan dengan program TweakPower, karena setting

Secara keseluruhan, TweakPower adalah alat pengoptimalan PC dan tool serbaguna yang dapat membantu memaksimalkan OS Windows .

Test program ini perlu diketahui sebelum digunakan.
Setiap menu akan aktif untuk memeriksa, dan membutuhkan waktu.

Misal memilih Simpel Cleanup, kita harus menunggu program memeriksa sistem misalnya storage.
Walau UI atau tampilan program yang baik, beberapa menu dibuat terpisah, seperti Extended Menu untuk Start Up diletakan dibawah sehingga tidak terlihat.
Setelah di click baru muncul daftar dari program.

Jadi hati hati, baca keterangan dari program sebelum diaktifkan.
Secanggih apapun rancangan program, jangan sampai salah setting. Hanya bagian yang perlu, dan tidak berlebihan memblok semua sistem OS yang ada.

Tweak Power bekerja dari Windows 7 - Windows 11
+ kurtzimmermann.com

Artikel Lain

DoNotSpy11 Juni 2024 memblok privasi Copilot Recall.ShutUp 10 update Win 10 Win 11 disable Copilot, memblok telemetry update untuk Edge. Windows 11 khususnya, terlalu banyak spyware. Computer aktif langsung terhubung ke beberapa server. DoNotSpy11 bekerja di OS Windows 10 11 22H2

Default Windows akan menunggu proses, menyimpan file sebelum Shutdown. Setting Windows dapat melakukan Force Close Shutdown. Dalam kondisi apapun, computer akan melakukan Shutdown. Walau ada program yang bekerja, dan file yang belum di simpan.



Microsoft kembali melakukan trik lamanya di OS Windows 10 bulan April 2024. Windows 10 diganggu dengan peringatan update ke Windows 11 layar penuh. Pesan seperti notifikasi A new journey with Windows tapi di buat full screen, dan tdai dapat diabaikan ketika computer bekerja.

Setelah upgrade Windows, perhatikan ada folder sampah $Windows.~BT, Windows.old, $WinREAgent, $SysReset. Dan satu folder Windows BT mengunakan ruang storage sangat besar. Apakah aman dihapus, bisa karena itu folder backup yang tidak diperlukan bila upgrade tidak masalah.

Barcode atau QR code Scanner banyak dibuat sebagai aplikasi gratis. Mengarahkan camera dan tampil isi dari QR code. Sekarang tidak perlu aplikasi, bila kita mengunakan browser Chrome. Dapat memanfaatkan Google Lens membaca QR code tanpa aplikasi.

Windows Search mengunakan procesor ketika computer idle (hanya layar Windows) tapi CPU terus bekerja. Dapat kita periksa dan melakukan tes. Selama program Windows Search aktif, CPU terus aktif. Mengunakan power di computer dan notebook. Bila tidak perlu, Windows Search dinonaktifkan agar tidak menganggu program lain.

Mengunakan banyak drive untuk kebutuhan khusus. Membagi partisi dengan harddisk, SSD akan lebih nyaman. Data dapat di kelompokan sesuai kebutuhan, tugas, librari dan lainnya. Ketika Windows di Install ulang, mengatur nama Drive Letter dari D, E, F, G membuang waktu. USBDLM dapat memberi nama drive dengan cepat.



Flac untuk suara musik, tidak menurunkan kualitas suara yang di kompres.  AAC untuk audio film MP4. AC3 digunakan untuk DVD. Opus dikembangkan untuk suara internet. MP3 adalah audio seperti mendengar lagu. Beberapa format audio memiliki fungsi pemakaian berbeda-beda

Layanan terbaik dari Onedrive, GoogleDrive dan Dropbox serta Box di tahun 2022 menjadi layanan storage gratis. Layanan apa yang terbaik, dan berapa kapasitas storage gratis diberikan kepada penguna. Tahun 2022, sepertinya 2 layanan terbesar dan tercepat.

IObit Uninstaller program uninstall, termasuk membersihkan file yang tertinggal. Kadang membuat computer menjadi lambat. Ashampoo Uninstaller memiliki fungsi uninstall program sekaligus Deep Cleaning. Dengan fitur tambahan.

BloatyNosy dan JunkCTRL ditentang oleh Microsoft, karena tidak suka. Windows Debloater Tool dan program Debloater lain, membantu sistem OS Windows bekerja lebih baik. Microsoft memasukan program pre-install, tapi kita tidak memerlukan. Banyak skrip dan program dibuat menghilangkan debloater OS Windows. Update JunkCTRL Mei 2023

Ultimate Windows Tweaker untuk memodifikasi, disable, enable, merubah icon, menyembunyikan icon yang tidak perlu. Ultimate Windows Tweaker atau UWT memiliki fitur berbeda di setiap OS Windows. Dari Windows 7, 8, 10 dan Windows 11.

Program Renamer memudahkan merubah nama file sesuai karakter, menganti nama file sekaligus, baik di dalam satu folder atau beberapa folder. Memudahkan kita mencari nama file, misal berdasarkan tanggal atau tempat. Membersihkan keterangan nama file yang kita tidak perlukan. Termasuk beberapa karakter, dapat diganti atau dihilangkan.



Youtube Obengplus

Trend