Cooler Corsair A115 Premium CPU 270W AMD dan Intel tapi mewah


   Hardware | 18 January 2024

Cooler heatsink Corsair A115 tipe tower ini berkinerja tinggi dengan TDP hingga 270 watt

Corsair menghadirkan pendingin CPU A115 dengan kinerja sangat efisien dibantu dua kipas 140mm

A115 pendingin tipe tower CPU klasik mampu menjaga prosesor kelas atas dari Intel dan AMD tetap dingin.


Menurut informasi Corsair, A115 adalah pendingin udara CPU paling kuat yang dikembangkan Corsair di tahun 2024.
Kinerja pendinginan dicapai melalui enam heatpipe ukuran 6 mm, memindahkan panas langsung dari pelat dasar ke sirip pendingin.

Bentuk heat sink yang sedikit cembung dimaksudkan untuk memastikan tekanan optimal pada CPU dan menjamin perpindahan panas yang maksimal.

A115 dengan dua kipas Corsair AF140 Elite yang dilengkapi AirGuide.

Kipas kelas atas bekerja di putaran 1600 RPM.
Tingkat kebisingan maksimum 33,9 dBA

Walau ukuran besar, masih menyisakan ruang untuk RAM terdekat ke processor

Posisi kipas dapat ditempatkan ke atas, misal RAM ukuran besar 35mm yang harus dipasang. Umumnya akan membentur bagian fan.
Beberapa model RAM high performance bahkan mencapai tinggi 5,5cm.
Fan dapat dinaik turunkan, agar tidak menganggu instalasi RAM.
Yang harus dipastikan, ketinggian heatsink setidaknya masih memiliki ruang di case.

Corsair A115 kompatibel dengan semua socket dari Intel dan AMD.
Rancangan sistem pemasangan HoldFast 2.0.
Paket cooler Corsair A115 diberikan lengkap, dengan pasta termal Corsair XTM70 yang sudah dipasang pada kepala pendingin, dan siap pakai.

Cooler Corsair A115 Premium CPU 270W AMD dan Intel

Dalam pengujian, Corsair membandingkan seberapa besar dampak penambahan 1 fan antara 2 dan 3.
Hasilnya tidak banyak dengan perbedaan 3-4% mengunakan 3 fan.
Pilihan optimal mengunakan dual fan. satu fan berada di tengah.

Cooler Corsair A115 Test

Artikel Lain

Produsen cooler model Watercooler tidak mengunakan material sesuai spesifikasi. Ada beberapa model tidak mengunakan bahan tembaga murni, tembaga dengan campuran seng. Tes Igor bukan untuk tes kemampuan pendingin, tapi kritik bagi merek agar mereka memeriksa produk sebelum dijual.

Pendingin computer dengan layar bukan hal baru. Lamptron ST060 adalah pendingin dengan fan, diatasnya terdapat layar 6 inci. Memiliki lebar layar smartphone yang umum kita gunakan. Struktur cooler Lamptron ST060 memiliki 6 heatpipe, dan 6mm bracket.

Procesor dan OS Windows sejauh ini sudah siap. Kingston Fury Renegade 64GB modul Kit Desember 2023. Sedang diuji akan mencapai kapasitas 256GB RAM di computer. MSI update Firmware BIOS untuk 256GB 4 slot DIMM Maret 2024.

Bila anda masih mengunakan computer lama, tapi tertarik mengunakan seri proceor generasi baru. Baik dari AMD dan Intel. Saat ini belum terselesaikan panas procesor. Tidak hari ini, mungkin procesor tetap semakin panas, termasuk Ryzen 8000. Jawaban dari AMD.

Teamgroup MP44 SSD tersedia sampai 8TB untuk model SSD harga hemat. 2 varian lain mengunakan desain board pendek. Teamgroup MP44S dirancang untuk Steamdeck, dan model MP34S ukuran kecil yang mendukung PCIe 3.0

Deepcool Assassin IV dirancang dengan tower pendingin ganda. Spesifikasi Deepcool Assassin IV mampu mendinginkan procesor sampai 280W. Terdiri dari 7 heatpipe, dan mengalirkan panas ke 2 tower fin heatsink terpisah

SSD MSI Spatium M480 Pro tampil dengan 3 model, memiliki kecepatan transfer maksimum di 7GB/s untuk read dan write. Kompatibel dengan PCIe 4, PCie 3, PCIe 2 atau PCIe 1. Walau speed akan mengikuti batas PCIe yang ada.

Corsair A500 adalah heatsink pendingin procesor. Yang ini agak berbeda dengan performa heatsink high end, karena mampu menangani procesor cukup panas. Berat cooler Corsair A500 mencapai 1,5kg. Cooler tersebut dapat dipasangkan untuk procesor tipe socket AMD FM1, FM2, AM3, AM4 dan Intel LGA 115x, 2011 (-3) and 2066

Siapa yang membutuhkan M.2 adaptor. Mereka yang memiliki motherboard baru, tapi hanya menyediakan 1 slot M.2 slot. Dapat menambah dengan card untuk memasang M.2 modul lain. Atau penguna computer model lama yang tidak ingin mengupgrade ke motherboard baru. Dapat memiliki slot M.2 modul.

Heatsink pendingin Cooler Master MA621P tampil dengan 6 heatpipe. Ditawarkan dengan harga budget untuk kelas cooler performa. Ditampang bling bling lampu RGB LED, dan sistem pendingin fan yang rendah noise. Walau disainnya sederhana, kontak heatpipe ke heatsink procesor langsung di dinginkan pada bagian pipa tembaga



Youtube Obengplus


Trend