Mesin cuci LG kirim data GB ke internet jangan jangan dibobol ternyata


Stuff | 15 January 2024


Misteri mesin cuci LG yang menggunakan data 3,6GB setiap hari, bisa memiliki penjelasan sederhana

Masalah lain ketika perangkat sudah terhubung ke jaringan internet, yang memudahkan tapi ada yang aneh.

Pemilik mesin cuci LG mendapatkan perangkat mesin cucinya mulai melaporkan penggunaan data sebesar 3,6 GB setiap hari.

Johnie, FinTech Geek memposting pesan setelah melihat banyaknya jumlah data yang digunakan mesin cuci LG miliknya setiap hari.

Data dari halaman antarmuka router Asus menunjukkan mesin cuci LG download 100 MB data tapi terlihat mengupload 3,57 GB dalam satu hari.

Mesin cuci upload data besar 3GB perhari

Peralatan rumah tangga mengunakan kurang dari 5% dari lalu lintas internet harian Johnie, tapi jumlah yang besar untuk mesin cuci.
Dimana aplikasi biasanya menghabiskan sekitar 1MB data perhari.

Seperti banyak perusahaan lainnya, LG menawarkan aplikasi
LG SmartThinQ digunakan pengguna untuk mengontrol dan mengotomatiskan semua perangkat rumah tangga yang kompatibel.

Menghubungkan mesin cuci mendownload program tambahan.
Namun ada sesuatu yang salah dengan jumlah data yang digunakan seperti diatas.



Ada banyak teori tentang mengapa mesin cuci LG sangat haus data.

Banyak yang menduga perangkat itu mungkin diretas.
Tahun 2017, kerentanan yang dijuluki HomeHack ditemukan di infrastruktur rumah pintar LG yang memungkinkan penyerang masuk ke akun peralatan rumah tangga SmartThinQ LG.
Bila berhasil dibuka dapat dikendali dari jarak jauh ke perangkat yang terhubung ke akun tersebut.
Seorang penyusup bisa memata-matai pengguna rumahan melalui kamera video di penyedot debu robot Hom-Bot.

HomeHack telah diperbaiki, setelah ditemukan kemungkinan kebocoran data, namun insiden tersebut menunjukkan potensi bahaya dari konektivitas online ke semua perangkat yang ada di rumah.



Ada banyak peringatan mesin cuci tersebut mungkin telah dimanfaatkan untuk tujuan penambangan kripto, sehingga menimbulkan lelucon tentang pencucian Bitcoin.

Johnie memblokir perangkat di routernya agar datanya tidak dapat digunakan.
Dia memposting esok hari, tampak muncul pemakaian data yang sedang terjadi.

Tenang, ini kemungkinan besar itu hanya ketidakakuratan pelaporan di router Asus.
Beberapa pengguna lain mengonfirmasi bahwa bug dapat terjadi pada perangkat lunak.

Meskipun ini hanya kesalahan perangkat, pemakaian bandwidth besar tersebut menarik.
Sedikitnya orang yang berpendapat itu bukan masalah dari WIFI.
Mungkin sekarang kita akan terbiasa melihat perangkat IoT kadang mengirim data sendiri, atau belajar membaca komunikasi dari perangkat IoT bila terjadi anomali.

Untuk privasi, apapun perangkat yang memiliki sensor, seperti camera, CCTV yang terhubung ke sistem IoT, WIFI, Internet
Tidak meletakan ditempat pribadi, karena kita tidak tahu kapan ?.

Seperti smartphone Android, perangkat Android, terus mengirim berbagai data.
Data yang diperlukan oleh Google, produsen, dan aplikasi. Itu menghabiskan bandwidth internet.

Juga Android TV, kadang mengirim data secara diam diam. Walau Android TV sedang idle, terlihat ada data keluar sebesar 1MB.
Dapat kita lihat ketika semua perangkat tidak terhubung, hanya perangkat Android TV, tapi di WIFI Router terus berkedip.

Walau tidak berlangsung lama, durasi kurang dari 2 menit. Artinya perangkat mengirim data sekitar 60MB lalu berhenti.
Kita dapat menyelidiki, untuk model WIFI Router high end akan mencatat pemakain data.
Atau dengan aplikasi Android, untuk memeriksa kemana data tersebut dikirim mengunakan Firewall Android.


Artikel Lain

Takaran deterjen mesin cuci tidak harus mengikuti dari pabrikan. Hanya butuh 2 sendok makan maksimum di setiap siklus mencuci, normal cukup 1 sendok makan untuk deterjen. Memberi deterjen terlalu banyak, tidak membuat pakaian lebih bersih. Rata rata deterjen mengunakan konsentrasi tinggi, atau 2x lebih kuat.

Aplikasi Firewall Android, dapat memerika semua aplikasi yang aktif, dan mencoba terhubung ke internet. Termasuk aplikasi yang sedang aktif, atau tidak aktif (tidak digunakan). Atau memonitor satu aplikasi dengan pemakaian paket internet. PCAPdroid Network Monitor, OpenSource.



QR code kode QR umum digunakan di layanan masyarakat. Baik pembayaran, informasi, juga link email resmi dari perusahaan dan website. QR Code sekarang dimanfaatkan untuk Phishing. Artinya QR yang kita lihat atau diterima, lalu kita Scan, tapi mengarahkan ke link lain yang berbahaya

Di US ada saja iklan antena OTA atau antena TV digital dengan kemampuan menerima siaran sejauh 5000km. Jarak tersebut sudah menyeberang antar benua. Antena TV indoor rata rata tidak melewati 90km itupun dalam kondisi sempurna.

Perangkat Smart TV merek Skyworth mendadak ramai dibicarakan April 2021 lalu. Diam diam Smart TV melakukan scanning ke perangkat setiap 10 menit, dan mengambil data penguna lalu dikirim ke luar. Mengapa SmartTV tersebut bekerja diam diam, dan untuk apa mengirim data.

Rilana Hamer di Belanda baru memiliki camera IP Cam untuk mengawasi rumahnya. Tidak lama suara muncul di camera, seperti ada yang memata-matai dirinya. Camera Wyze bermasalah bertahun tahun tidak diumukan user update Firmware

Periksa perangkat sudah tersedia via online web Bullguard. Bukan computer atau smartphone disusup CCTV, terakhir Router. Banyak perangkat mengunakan password Default. Serangan di Windows dan Android. Hajime bot IOT tidak diketahui apa tujuannya, infeksi 300 ribu perangkat



Bagi kita yang tidak pernah menjalankan atau mengamati secara seksama, tanda DE sering terlihat di layar panel mesin cuci Samsung. DE - Door Error. DE adalah pesan bahwa pintu mesin cuci belum ditutup. Samsung Error LE, Le, lE, le, 1E, 1e level air mengisi terus. Error 4E masalah sensor tidak menditeksi air dengan benar, mudah di perbaiki.

Bagaimana membuat Velcro lebih lebar. Anda pasti mengenal Velcro, digunakan seperti pengikat dan dapat dilepas pasang. Sering ditemukan di pengikat kabel charger smartphone, atau baterai. Velcro adalah salah satu penemuan di era abad ke 19, tepatnya pada 1931 oleh seorang insinyur Swis George de Mestral

Apa yang menjengkelkan ketika anda memiliki email pribadi bahkan tidak pernah di publikasi. Bisa saja nama email anda dicuri dari bug di aplikasi. Game gratis tiba tiba menanyakan login ke Facebook



Youtube Obengplus

Trend