Stuff | 14 December 2023

Power Supply Enermax DF 2 dan DF X ditarik salah rotasi


Enermax menarik semua power supply seri Enermax Revolution D.F. 2 dan D.F X. Yang baru dipasarkan awal tahun 2023.

Seri X PSU disebut memiliki masalah komponen gagal kerja.

Enermax mengumumkan pemilik Enermax Revolution D.F. 2 dan D.F X untuk memeriksa power supply.
Dengan unit perbaikan dan label pengiriman dapat dikirim ke Enermax agar diperbaiki.

Enermax menempatkan sistem pembersih power supply internal.
Fan akan berputar terbalik sebelum memutar kembali , disebut Dust Free Rotation / DFR.

Fan DF X mengunakan model fan PFERS-12M, tipe dual bearing six pole dipakai seperti model revisi, jadi fan dapat berputar terbalik dan kembali ke arah normal tanpa masalah.

Enermax menemukan PS unit mengalami kerusakan di bearing kipas.
Masalah kebocoran pelumas tipe fluid bearing, berjalan waktu membuat kipas menjadi berisik.
Model Fluid bearing, memungkinkan terjadi kebocoran bila putaran fan bekerja berlawanan arah dan kembali ke putaran biasa.

Kebocoran tersebut tidak pemicu kerusakan unit power, hanya seiring berjalannya waktu dan penggunaan fan mulai kehilangan bagian pelumas untuk penahan kipas.

Enermax mengatakan tidak semua unit mengalami masalah ini, tapi Enermax mengantikan fan untuk model dari unit PS yang terjual tahun 2023.
Berbeda dengan aslinya, fan pengganti dilengkapi dengan kipas bantalan dual bearing.



Ada 2 opsi, pemilik akan mendapat label pengiriman untuk perbaikan.
Bagi penguna yang ingin cepat, mengerti tentang hardware, dapat memperbaiki sendiri.
Pihak Enermax dapat mengirim fan penganti.
Power supply dibuka, tidak membatalkan garansi unit power supply.

Catatan ridak semua unit akan bermasalah, Enermax hanya mengantisipasi semua fan dari fluid bearing digantikan ke fan tipe ball bearing agar masalah yang muncul di masa mendatang dapat di antisipasi.

Seri power supply Enermax, pemilik dapat memeriksa di label Pass QC, dengan keterangan dual ball bearing.
Artinya model seperti dibawah ini tidak masalah, atau model PS yang telah di revisi.



Repair Enermax Revolution

Jika memiliki salah satu seri tersebut dan mendapat perbaikan atau pengantian fan, dapat menghubungi layanan global
Global Enermax

Artikel Lain

Gelid Heatphase Ultra thermal paste bentuk lembaran, mudah dipasang dan tahan lama. Kemampuan setingkat thermal paste GC Extreme, bahkan lebih dingin. Tidak memiliki sifat konduktif, aman terhadap komponen. Setelah dipasang akan merata antara kontak CPU ke heatsink cooler.

Lian Li SP850 memiliki output total power 400W untuk 12V PCIe 5 12VHPWR ke VGA. Power supply dengan kapasitor 100 persen buatan Jepang, putaran fan minimum, dan aktif setelah beban power mencapai 40% atau panas power melewati 60 derajat C. Diberikan garansi 5 tahun.



Asus ROG Thor model Titanium dan Platinum II menawarkan power supply mulai dari 850W sampai 1600W. Menempatkan layar OLED untuk indikator, sistem fan pasif dan aktif mode ketika beban puncak

Port power 5V dan 3.3V dihapus, digantikan single rail konektor power supply ATX12VO. ATX 12VO lambat, tapi tidak lama lagi. Sertifikat 80plus menunjukan tingkat efisiensi kinerja sebuah power supply. 80plus adalah nilai konversi dari power AC ke DC dengan angka 80%.

Power supply Corsair CX-F RGB kali ini tampil dengan kontrol lampu di bagian fan kontrol iCUE. Dengan 8 LED di bagian kipas 120mm, terpasang lampu RGB. Corsair CX-F RGB bukan power supply model high end, hanya menyandang standar 80 Plus Bronze / Perunggu.

Silverstone Gemini adalah seri power supply dual. Sebagai power supply kelas industri dengan power efisien dan sistem power management PMBus 1.2 Dibuat untuk power 400+400W denagn sertifikasi 80 Plus Silver. Bila salah satu power gagal bekerja, digantikan atau di backup ke unit lain.



Youtube Obengplus

Trend