Block program run permanen background Windows 10 11 kalau memaksa muncul


   Software | 13 December 2023


Memblok program permanen di Windows.
Untuk apa memblok program agar tidak bekerja permanen di Windows.

Pengembang program membuat tambahan layanan Cloud, login, update online, crash, log dan lainnya.
kadang 2 program terpisah bekerja bersamaan, setelah kita menginstall program.
Satu program utama, satu lagi ngurusin yang kita ngak tahu.

Dulu tidak ada fitur itu, software install bekerja dan sebagai program tanpa terhubung ke internet.
Untuk update, di install dengan program baru, kadang dengan patch program.

Entah kebutuhan, atau ada layanan berbeda-beda, sepertinya program modern dibuat sangat rumit.
Windows 10 /  11 saja masih memberi update bulanan.

Demikian program  ada saja masalah Bug yang tidak sempurna, kadang pembaruan dibuat 1 bulan sekali.
Di program akan muncul Update Available, artinya versi baru sudah dirilis.
Artinya program yang biasa kita pakai, diam diam baru saja terhubung ke internet untuk memeriksa apakah ada update ke versi terbaru.

Sekarang program membawa banyak fungsi tambahan, berkembang teknologi, dari Text to Speech, Ai, generator gambar, library seperti daftar pustaka huruf dan banyak lagi.
Tentu memberi nilai tambah bagi penguna "yang berbayar".

Disisi penguna memang membantu, misal yang sederhana dengan daftar pustaka huruf bila seorang desainer membutuhkan, lebih cepat mencari di daftar pustaka,

Program utama tidak hanya memiliki fungsi, kadang ditugaskan untuk mengirim data. Biasanya program utama akan mengirim data ke server pengembang.
Tidak jelas apa yang dikirim.

Kadang, ada program lain yang ikut bekerja. Adobe setidaknya memiliki program monitoring, seperti melacak apakah masih terjadi crash. Tidak hanya 1 program, beberapa program dari Adobe me-load 2-3 program background.
Magix mengunakan monitoring untuk Cloud Hub layanan daftar pustaka bagi member.
Windows mengunakan sistem Update, telemetry dan lainnya.
Googl

e Chrome mengunakan Updater untuk monitoring.

Lucunya, satu kasus di game untuk proteksi membuat game tidak lancar. Bahkan penguna yang menganti dengan versi cr ack, lah malah mulus.
Kasusnya di game tersebut mengunakan DRM, ngertilah istilah tersebut masalah keaslian program

Program mengakses internet bisa di blok melalui Firewall Windows. Agar program ngak main update seenaknya, atau muncul NagScreen.

Tapi tetap saja program lain yang di load atau terpisah serta otomatis diluar program utama.
Kalau Windows jangan di tanya.
Contoh, Adobe menempatkan 1 / 2 program aktif ketika program utama digunakan, atau ditempatkan di Start menu.


Itu program resident atau program background.
Bila di analisa terlihat menghubungkan beberapa puluh IP server berbeda beda.

Melihat gambar dibawah, nama seperti aplikasi ini tentu sangat kita kenal.
Kalau di kick, dapat muncul, walau sudah di disable dari startup, tiba tiba muncul lagi. Itulah program background yang .... ?

Melihat program tapi fungsi tidak diketahui

Google mengunakan program GoogleUpdater, yang ini kita maklumi.
Keamanan browser perlu di update berkala, di menu Chrome akan tampil notifikasi pembaruan (update).

Lepas dari fungsi program kedua yang tidak kita ketahui fungsinya.
Kadang katanya Crash Processing.

Bila kita melihat program jenis tersebut aktif dan ingin memblock beberapa program agar tidak aktif (sebelumnya otomatis bekerja).
Di Windows sudah tersedia fitur Block Program melalui Group Policy

Cara memblok program di Windows
Ketik di menu search atau bagian Windows dengan "gpedit"
Program GPedit.msc adalah program pengaturan Group Polic
Setelah menu terbuka lihat di bagian System seperti gambar.

Click di menu Dont run specified Windows application

menu Stting System Dont run specified Windows Application

Menu tersebut dapat memblock program permanen agar tidak bekerja walau dipanggil dari program utama, sengaja di masukan kembali ke Start Menu.
Kadang muncul kembali walau sudah di End Task.

Setelah muncul, lihat di menu gambar, Enabled



Tekan Show dan masukan nama program yang kita ingin blacklist.
Cukup memasukan namaprogram.exe (extensi) ke kolom. Windows memberi batas 2000 nama program.

Add block program in list Group Policy

Selesai lalu Apply, maka program yang sudah masuk daftar tidak diijinkan untuk aktif.
Dapat diperiksa setelah computer Reboot.

Tip
Untuk memastikan program yang akan di block, akan berdampak ke program utama.
Sebelum memasukan nama program sebagai Block List, periksa di Task Manager, lihat program yang aktif, lalu di End Task untuk dihentikan.

Bila di End Task, dan program utama bekerja normal, kemungkinan program tersebut bisa di block. Tapi tidak di Delete, Windows memberi ijin untuk di Load, tapi tidak aktif.
Bila program utama terganggu, tidak bekerja setelah program pendamping dihentikan. Artinya program pendamping memang terhubung ke program utama.
Hati hati kemungkinan program utama malah tidak bekerja. Jadi test terlebih dahulu sebelum dimasukan ke daftar.

Untuk tahapan memblok program dapat dilihat tahapan dibawah ini.



Mengapa kita memblok program yang tidak kita kenal.
Bila program tersebut aktif mengunakan koneksi internet, dapat di block dengan Firewall. Atau kita meningkatkan hanya program tertentu untuk akses internet.
Program di load tapi di blok untuk tidak bekerja GPedit.
Walau pengembang memaksakan program bekerja, tetapi tidak dapat diaktifkan di Windows.

Program yang aktif dan tidak jelas untuk apa tetapi di load / running, dan memenuhi resource Windows, "memory / CPU" yang tidak perlu.
Kata sederhana, Bloatware dari program dimana program yang kita install, tapi tidak melakukan apa apa.
Disitu kita dapat memblok agar program tidak aktif di computer.
Walau perusahaan software memaksa program Resident mereka aktif ketika computer start, atau program utama mulai bekerja.



Tambahan dengan Firewall Windows, agar program tidak seenaknya mengakses internet. Karena tidak ada fungsi dari program sendiri.


Artikel Lain

ShutUp 10 update Win 10 Win 11 memblok telemetry update untuk Edge. DoNotSpy11 November 2023 memblok privasi Copilot. Windows 11 khususnya, terlalu banyak spyware. Computer aktif langsung terhubung ke beberapa server. DoNotSpy11 bekerja di OS Windows 10 11 22H2

Software Lightroom Classic 13.3 Mei 2023 fix cukup banyak untuk edisi bulan ini. Fix invalid pointer penyebab crash, huruf Watermark, Plugin tidak tampil, White Point tidak menyesuaikan di Tone Curve, Spot Removel tool dan Flax photo salah shortcut



Chrome 124 update Fix Security masalah Chrome Crash dan V8 JavaScript. Sekarang situs diperiksa ke server OHTTP Safe Browser. Sebelumnya hanya mengambil data update di cache lokal, dengan durasi pembaruan 30 - 60 menit.

Microsoft kembali melakukan trik lamanya di OS Windows 10 bulan April 2024. Windows 10 diganggu dengan peringatan update ke Windows 11 layar penuh. Pesan seperti notifikasi A new journey with Windows tapi di buat full screen, dan tdai dapat diabaikan ketika computer bekerja.

Bagaimana mengembalikan tampilan Windows 10 ke Windows 7. Atau merubah Windows 11 seperti Windows 7 dengan Open Shell dan Classic Shell gratis. Start menu Windows Classic. StartAllBack dan Start11 kemungkinan akan di blok Microsoft

Nvidia rilis driver VGA Geforce model lama, termasuk Windows 7, 8, 10, 11. Tapi bukan untuk meningkatkan performa game. Ditujukan untuk sistem security dari driver lama, diperbaiki kembali untuk menutup kerentanan.

Computer efektif mengunakan pendingin water cooling. Bagaimana dengan MCU, seperti Rasperry Pi 5 dengan kecepatan 2,4Ghz. Ditambah pendingin katanya stabil sampai 3Ghz. Ukuran water cooling lebih besar dari unit MCU sendiri.



Setelah upgrade Windows, perhatikan ada folder sampah $Windows.~BT, Windows.old, $WinREAgent, $SysReset. Dan satu folder Windows BT mengunakan ruang storage sangat besar. Apakah aman dihapus, bisa karena itu folder backup yang tidak diperlukan bila upgrade tidak masalah.

Aplikasi Firewall Android, dapat memerika semua aplikasi yang aktif, dan mencoba terhubung ke internet. Termasuk aplikasi yang sedang aktif, atau tidak aktif (tidak digunakan). Atau memonitor satu aplikasi dengan pemakaian paket internet. PCAPdroid Network Monitor, OpenSource.

Bila ponsel memiliki fitur infrared dapat remote TV. Memiliki Smart TV dapat di remote dari ponsel, mengunakan koneksi WIFI. Dapat dilihat apakah smartphone memiliki IR blaster. Aplikasi ini mendukung banyak perangkat untuk remote TV lama, sampai SmartTV, Android TV, TV Box Android

Win10Privacy untuk kontrol privasi computer dengan program Windows. Karena Microsoft mengambil data penguna, baik untuk analisa, pengalaman pelanggan sampai hal yang tidak penting secara Background. Termasuk beberapa fungsi seperti Sleep dan Hibernate dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

WinOptimizer tool dan tweak untuk OS Windows 7, 8, 10, 11 dalam satu paket. Fungsi cleaner, dari storage sampai browser, tweak SSD sudah dimasukan, mengetahui boot procesor Windows, dan lainnya. Fungsi utama untuk mengoptimalkan sistem Windows.

Windows Firewall Control 6.10.0.0 memblok akses software yang diam diam akses ke internet, update Windows 11. Blok dapat di pilih untuk masing masing software. Fungsi utama untuk menghentikan akses software tanpa kita tidak ketahui. Fort Firewall untuk Windows Firewall dengan tampilan lebih mudah.

Windows Search mengunakan procesor ketika computer idle (hanya layar Windows) tapi CPU terus bekerja. Dapat kita periksa dan melakukan tes. Selama program Windows Search aktif, CPU terus aktif. Mengunakan power di computer dan notebook. Bila tidak perlu, Windows Search dinonaktifkan agar tidak menganggu program lain.



Mengunakan banyak drive untuk kebutuhan khusus. Membagi partisi dengan harddisk, SSD akan lebih nyaman. Data dapat di kelompokan sesuai kebutuhan, tugas, librari dan lainnya. Ketika Windows di Install ulang, mengatur nama Drive Letter dari D, E, F, G membuang waktu. USBDLM dapat memberi nama drive dengan cepat.

Windows Tiny11 23H2 November 2023 ISO 3.6GB. Tiny11 23H2 sudah dapat di download. Melalui layanan Archive atau P2P. Win Tiny11 menghapus beberapa komponen Bloatware OS Windows seperti Xbox walau dapat di install ulang. Windows Tiny11 dapat bekerja di computer lama dan RAM 2GB. M

Format video AV1 mampu mengecilkan ukuran video 30 persen dari format H.265 atau HEVC. AV1 akan menjadi format video streaming penganti H.265 dan VP9. Beberapa software merubah format video ke AV1. 2 pilihan terbaik Shutter Encoder dan FastFlix

Install Windows di Flash drive. WinToUSB langsung menginstall dari file Windows ISO ke flash drive. Selesai install, pindahkan flash drive ke computer yang tidak memiliki storage. Windows langsung bekerja dan boot di Flash Drive.

Font Windows dapat diatur sesuai kebutuhan kita. Dengan memberi nama font TTF atau merubah file OTF ke TTF terlebih dahulu, dan membuat nama font menjadi satu kelompok. Mencari jenis huruf dari gambar, sekarang lebih mudah.

Software untuk memotong dan mengabung video tanpa mengurangi kualitas video. Software LosslessCut dapat potong atau mengambil sebagian video kualitas sama seperti format asli, atau Zero Quality Loss. Video tidak di kompresi ulang, atau di Re-encode ulang. Fitur lain dapat mengabung berbagai format video berbeda, termasuk dukungan Subtitle video dapat masuk ke video.



Youtube Obengplus

Trend