Green | 21 October 2023

Mobil Honda MEV van mobil listrik baterai lepas pasang


Mobil listrik van Honda MEV van sedang di uji coba untuk perusahaan pengiriman barang.

Honda bersama perusahaan transportasi Yamato mulai melakukan tes mobil listrik Honda MEV dengan baterai dapat di lepas pasang.
Mengapa perusahaan transportasi, karena kendaraan bertugas untuk mengirim barang.
Jarak tempuh tidak terlalu jauh, memerlukan kendaraan dengan ruang bagasi lebih besar untuk membawa barang.

Sementara kita lihat banyak kendaraan mobil listrik dengan jarak tempuh, kecepatan, pengisian baerai super cepat, sampai desain aerodinamis dan perangkat futuristik yang terlalu mewah.
Dalam konsep Green, sebenarnya bukan itu. Dan kita sudah terkecoh dengan keinginan produsen mobil sendiri.

Kendaraan listrik dibuat untuk menghemat biaya, dengan energi terbarukan, tidak menimbulkan polusi serta mengurangi pencemaran lingkungan..
Disini konsep kendaraan listrik, kendaraan adalah alat transportasi.

Honda membuat rancangan kendaraan kecil dengan baterai kendaraan dapat dilepas.
Bentuk kendaraan yang sama seperti model N-Van, tapi telah di modifikasi.

Kendaraan listrik dengan baterai lepas pasang bukan ide baru.

Kendaraan Nio dapat melepas baterai dalam waktu 3 menit.
Motor Kawasaki listrik juga dilengkap baterai yang dapat di lepas.



Honda melirik pasar terseebut dengan Honda MEV-Van.

Pengujian kendaraan EV Honda N-Van e, adalah kendaraan angkutan kecil dan ringan.
Tapi sudah dirubah dengan modul baterai Mobile Power Pack eHonda.

Kapasitas baterai tidak besar, hanya 1,3kWh.
Kepraktisan baterai membuat staf pengendara dapat menganti baterai dan kendaraan kembali mengirim barang tanpa perlu menunggu pengisian baterai.

Sistem baterai lepas pasang dapat mengatasi kelambatan di kendaraan kecil.
Ukuran baterai lithium umumnya membuat kendaraan lebih berat, dan menyita ruang di bawah kendaraan.


Kapasitas baterai besar permanen, membuat ukuran baterai lebih besar tapi lebih berat, juga waktu pengisian baterai lebih lama.
Walau jarak tempuh dapat mencapai ratusan km, bagi kendaraan transportasi dianggap masih rendah dan kurang efisien.

Untuk menambah jarak tempuh, mobil MEV dapat dipasang 2 set baterai yang masing masing terdiri dari 4 paket baterai.
Total power baterai terpasang mencapai 10kWh.



Mobil Honda MEV van

Dengan baterai lebih kecil, seperti mobil Honda MEV dan motor listrik.
Bobot kendaraan dapat dikurangi dengan ukuran baterai lebih kecil.
Ruang bodi kendaraan tidak terpakai untuk baterai saja, dapat dimanfaatkan untuk bagasi barang.

Mobil van Honda N standar salah satu desain sempurna, menempuh 210km.
Varian lain Ice dapat menempuh 63km.
Disini fungsi kendaraan listrik untuk jarak, tapi bukan performa.

Di masa mendatang bisa saja kendaraan mobil lsitrik kecil mengunakan baterai lepas pasang.
Khususnya untuk kendaraan di dalam kota yang tidak memerlukan jarak tempuh terlalu jauh.
Atau layanan pengantian baterai kendaraan listrik, tapi bukan untuk motor, melainkan mobil listrik.


Artikel Lain

Pertama mobil listrik dengan baterai sodium ion, sebagai bahan yang berlimpah, murah dan tahan cuaca dingin. Kendaraan Yiwei dibuat pabrik Jac Motor dan Volkswagen, menempuh jarak 252km sebelum pengisian baterai.

Nio ET7 mengunakan teknologi baterai semi solid state dengan kapasitas 150kWh. Untuk pemakaian hanya dapat digunakan sampai 140kWh. Tapi kapasitas tersebut menjadi baterai paling besar di kendaraan penumpang. Menempuh jarak 1044km selama 14 jam walau di uji pada suhu dingin



Mobil listrik kecil Mitsubishi Minicab EV kendaraan untuk 4 penumpang, dapat dirubah sebagai kendaraan kargo 2 penumpang. Dengan pengerak 4 roda, mampu menempuh jarak 180km. Pengerak roda terintegrasi dengan inverter.

Sejumlah penelitian telah mencoba mencari bukti bila radiasi ponsel dapat menganggu kesehatan. Update smartphone dengan radiasi paling tinggi dan paling rendah untuk model smartphone. iPhone 12 model lama dilarang dijual di Perancis, tingkat radiasi diatas 4W

Sedotan ramah lingkungan bahan kertas dan bambu, mengantikan sedotan plastik. Tidak juga, beberapa sedotan kertas diteliti mengandung bahan kimia forever. Bahan kimia yang tidak larut dalam tubuh dan alam, atau tidak dapat dibuang serta dapat terakumulasi dalam tubuh. Lebih aman mengunakan sedotan besi atau tanpa sedotan sama sekali.

Kendaraan mobil listrik kecil, 30km jarak tempuh, atau ditambah 4 baterai sampai 100km. Pengisian baterai dari panel surya, lebih mirip kendaraan mobil golf. Hemat lahan parkir, 3 kendaraan untuk 1 parkir mobil biasa. Di beberapa negara tidak memerlukan surat ijin mengemudi untuk mengendarai Squad

Produsen kendaraan Subaru mulai merinci berapa harga Subaru Solterra SUV. Mobil listrik  yang dilengkapi pengerak 4 roda ini terbagi dalam 3 varian. Versi standar mobil listrik, edisi terbatas dilengkapi beberapa tambahan, dan terakhir Solterra Touring yang lebih lengkap.



Honda MPPE baterai dapat ditukar, setelah Jepang negara Indonesia. Motor Honda EM1 2023 jarak tempuh 48km kecepatan maksimum 45km perjam. Motor Honda U-Go dijual lebih terjangkau dan bersaing dengan motor listrik di China. Mampu melaju dengan kecepatan 53km perjam atau model lebih kecil 43km perjam.

Mobil listrik ini mungkin tidak memerlukan ijin mengemudi. Mungkin mereka yang berusia 14-16  tahun dapat mengemudikan kendaraan ini di Eropa. Dirancang kendaraan dalam kota, dengan kecepatan maksimum hanya 45km perjam. Pengisian baterai cukup 3 jam, untuk menempuh jarak 70km

Mobil Tesla, melalui dealer di Hong Kong dan mobil dikirim ke Singapura. Nguyen berharap mendapatkan potongan sekitar $11.000 untuk kendaraan tanpa knalpot tersebut. Karena kendaraan listrik tentu tidak memiliki gas buang. Bukan potongan pajak, malah dikenakan pajak karena memiliki mobil listrik

Apakah mobil listrik ramah lingkungan. Pengisian baterai mobil listrik terkait dengan jaringan listrik dari rumah. Bila semua kendaraan diganti dengan mobil listrik, penyebaran panas mobil listrik hanya 20% dibanding mobil bahan bakar biasa. Artinya kota akan berkurang mengalami polusi panas dari kendaraan.



Youtube Obengplus

Trend