Green | 21 September 2023

Pertanian vertikal untung rugi kita belajar dari kesalahan mereka



Dari harian AP menceritakan banyak perusahaan pertanian vertikal tutup.

Disisi lain juga perusahaan baru yang sedang dibangun.

Perkebunan di dalam ruangan dibedakan dengan teknologi pertanian vertikal dan pertanian ruang tertutup.

Perkebunan dengan teknik biasa dengan lahan tanah, tapi diruang tertutup. Tanaman terlindung dari hama, masih mengandalkan cahaya matahari.

Perkebunan vertikal, berada di dalam gedung dan tanaman disusun sampai ke atas untuk mengoptimalkan hasil lahan pertanian.
Dan produksi di kontrol dengan sistem otomatis, kadang di lengkapi sistem robot yang kelihatannya canggih serta lampu LED penganti matahari.
Industri robotik di industri pertanian dapat mengurangi biaya tenaga kerja, disisi lain biaya investasi yang mahal untuk mesin.

Di dalam bangunan rumah kaca di Dallas Amerika, pekerja dapat memindahkan bibit sayuran, lalu ditumpuk vertikal.
Beberapa minggu kemudian, setelah sayuran tumbuh mencapai ukuran penuh, lalu di petik di kemas dan dalam 2 hari sudah masuk ke toko lokal.

Perusahaan Eden Green Technology, salah satu perusahaan pertanian dalam ruangan tanaman, mencari peruntungan dengan pabrik ramah lingkungan.
Lahan vertikal menghasilkan panen produk segar sepanjang tahun. Masih mengandalkan cahaya matahari alami.

Pertanian vertikal



Perusahaan Eden mengoperasikan dua rumah kaca, serta dua rumah kaca lainnya di Cleburne.

Plenty Unlimited berbasis di California, pertengahan tahun 2023 membangun fasilitas senilai 300 juta dollar.
Biaya yang tidak main main untuk membangun lahan di tanah yang minim.

Perusahaan Kroger akan memperluas ketersediaan produk pertanian vertikal.

Disisi lain dari 2 perusahaan AeroForms di New Jersey dan AppHarvest Kentucky Amerika bangkrut.

AeroForms mengunakan lahan seperti gudang raksasa untuk lahan pertanian tapi tertutup.


AooHarvest masih mengunakan bantuan cahaya matahari, tapi membawa banyak teknologi di lahan pertanian.

Pertanian vertikal Aeroforms

Planted Detroid tutup pertengahan 2023, masalah keuangan, walau belum lama sudah menyebut akan membuka lahan baru.
Membangun lahan dalam gedung bertingkat.
Mengandalkan sistem elektrik dengan cahaya buatan. Lebih mengandalkan ruangan kecil yang luas, dan tidak berbentuk lahan seperti gudang raksasa.

Perkebunan vertikal tertutup lebih mengandalkan sistem elektronik canggih dan lampu LED

Pertanian vertikal Planted

Perusahaan perkebunan vertikal atau pertanian vertikal bisa saja gagal atau berhasil.

Dalam bisnis perkebunan vertikal memang tidak dapat dipastikan apakah perusahaan akan untung atau gulung tikar.

Perkebunan vertikal

Pertanian vertikal masalah biaya.
Mengunakan pupuk dan tanaman disusun secara vertikal
Karena tanaman lebih disusun untuk memaksimalkan produksi, diperlukan lampu buatan penganti matahari untuk tumbuh sepanjang waktu.
Dan tanaman mendapat nutrisi dari air secara otomatis.

Yang lain mengunakan sistem robotik khusus untuk mengelola pertanian sehingga produksi lebih steril.

Teoritis, pengunaan air di lahan pertanian vertikal berada di satu gedung.
Pengunaan air lebih sedikit, lahan dapat di optimalkan untuk produksi, lokasi lahan dapat dibangun agar lebih dekat ke pembeli.

Masalah energi khususnya lampu buatan mungkin menjadi biaya terbesar dari perusahaan lahan vertikal.



Tom Kimmerer, ahli fisiologi tanaman di Universitas Kentucky, menelusuri pertanian dalam ruangan dengan penelitiannya mengenai pertumbuhan tanaman baik di luar maupun di dalam ruangan.

Dia mengatakan pemikiran pertamanya mengenai perusahaan baru di bidang pertanian vertikal sangat bergantung pada cahaya buatan.
Itu biaya tinggi dan satu kesalahan dalam industri pertanian vertikal.
Perusahaan lain beralih dengan panel surya agar mengurani beban biaya listrik.

Menurut Tom, ada cara lebih baik untuk menyediakan sayuran dan dapat diproduksi sepanjang tahun.

Dia melihat Elmwood Stock Farm di kota Lexington Kentucky, menghasilkan tomat dan sayur sepanjang tahun.
Mengunakan peralatan dengan terowongan tinggi atau rumah melingkar membuat cahaya matahari tetap masuk.
Biaya lebih murah dibanding kebun vertikal yang canggih.

Perkebunan di dalam ruangan

Ahli Hannah Burrack ahli geologi mengatakan, teknologi pertanian luar ruangan dipindah ke dalam ruangan memang mengatasi masalah seperti hama.

Tetapi teknologi yang digunakan menimbulkan masalah baru. Jadi apa yang disebut pertanian di dalam ruangan memiliki kendala berbeda.
Tanpa predator alami, hama di kebun vertikal semakin sulit terkendali.

Jika perusahaan pertanian membuat lingkungan sempurna bagi tanaman, dalam kasus lain menciptakan tumbuhan yang sempurna bagi hama.

Ada beberapa perbedaan antar hasil produksi pertanian, walau beberapa perusahaan juga mengatakan sudah berada di jalur yang tepat.
Eden Green, mengatakan perusahaannya telah menemukan cara untuk mengandalkan cahaya alami untuk tanaman.

Perusahaan Plenty Arama Kukutai mengatakan sistem pencahayaan perusahaan cukup efisien sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan.
Plenty tahun 2022 lalu mendapat kontrak dari Walmart dengan investasi senilai $400 juta sebagai suplier sayuran Wallmart.
Tentu saja berhasil, sebagian produksi sayuran sudah mendapat rak khusus di toko Walmart, dan kontrak menjamin hasil pertaniannya dibeli perusahaan retail.

Perusahaan Soli Organic Matt Ryan mengatakan hal berbeda.
Dengan menanam di tanah tapi di dalam ruangan memberi perusahaan produk yang lebih baik dibandingkan menanam mengunakan air.



Apakah industri pertanian di lahan vertikal mampu mencapai keuntungan.
Curt Covington, direktur senior bisnis institusional di AgAmerica Lending, manajer investasi swasta dan pinjaman dibidang lahan pertanian
Dia tidak yakin operasi pertanian di dalam ruangan berhasil. Kecuali produsen dekat dengan pengecer besar

Mengingat intensitas modal bisnis seperti ini, sulit untuk mendapatkan keuntungan yang besar, kata Covington.

Entah disebabkan faktor apa, tren industri pertanian di dalam ruangan atau kebun vertikal baru baru ini cukup marak.
Tetapi perusahaan yang gagal juga banyak, usia perusahaan dalam hitungan 2-3 tahun akhirnya rugi.

Bagi kita yang tertarik membuat industri pertanian di lahan tertutup, kebun vertikal, pertanian vertikal baik di dalam gedung atau istilah lainnya.
Memproduksi sayuran adalah hal berbeda dengan biaya teknologi dan investasi yang ada di atas kertas.

Artikel Lain

Wereng di anggap hama pertanian. Peneliti Penn State menemukan permukaan badan hama ini memiliki teknologi anti UV. Bentuk brokosom bola kecil ukuran nanometer, membuat serangga kasat mata bagi predator. Di dunia sain, dapat membuat bahan anti panas, anti infrared, bahkan anti UV.

Panel surya dengan cermin sudah lama diteliti. Universitas Malaysia menguji dengan reflektor, termasuk biaya berbanding output power. Panel surya dilengkapi reflektor mampu mencapai efisiensi 25,5%, sedangkan sistem referensi hanya mencapai efisiensi 22,7%.



Tapi di satu negara, air malah di ambil dari bawah tanah. Bukan untuk konsumsi penduduk, melainkan untuk pertanian. Bangladesh memiliki mesin anti banjir yang tidak sengaja ditemukan. Keseimbangan penyedotan air tanah dan penyerap air, akibat keunikan tanah di wilayah timur Bangladesh.

Agrivoltaic lahan pertanian dengan panel surya. Petani di Jerman menghasilkan 2 pendapatan dengan menjual apel dan listrik. Agrivoltaic kembali populer, Amerirka, Eropa dan China memanfaatkan panel surya di atas lahan pertanian.

Eco One sebuah gedung besar di Uni Emirat Arab, terletak di negara dengan gurun timur tengah. Lahan skala besar pasti menguntungkan, karena UEA mengimpor 90 persen pangan dari luar negeri. Dengan perkebunan vertikal, sayur dapat diproduksi lokal, tidak perlu mengirim ribuan km.

Kebun sayur atau pertanian vertikal mencapai 86 luas lapangan tenis. Dalam 10 tahun perusahaan JFC dapat mengirim sayur, buah ke toko retail serta mengurangi impor dari luar negeri. Memangkas perjalanan pengiriman, membuat sayur datang lebih segar ke toko retail dan piring konsumen.

Lahan terbatas membuat pertanian vertikal, tanpa pestisida dan luas lahan 1 persen. Industri pertanian membawa teknologi untuk proses produksi, menghasilkan sayuran dan buah lebih sehat bahkan di produksi sepanjang tahun. Mengapa banyak investasi hadir disana.



Tidak perlu repot memerangi pemanasan global, suhu panas dan perubahan iklim. Yang tersedia saat ini, cukup menanam pohon di permukaan bumi. Tidak perlu seluruhnya di tanam pohon, karena Bumi cukup mendukung untuk menanam 1 miliar pohon baru. Tidak menganggu kota atau lahan pertanian, hanya menanam pohon baru saja.

Bagaimana menanam sayuran di rumah. Tidak perlu bibit untuk daun bawang, bawang, selada, kentang, jahe, daun sawi. Karena sayuran ini dapat tumbuh dari tubuhnya sendiri. Cabai merah besar, dapat tumbuh dalam 3 bulan saja. Bagaimana cara menanam sayuran tersebut.

Membuat kebun mini dapat mengunakan bahan di rumah atau mengunakan talang air, dan tanaman digantung vertikal. Ada beberapa cara membangun kebun vertikal sederhana. Dari batok kelapa, botol plastik dan bahan lainnya. Kebun vertikal dapat menghemat lahan sempit dirumah.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.



Youtube Obengplus

Trend