Pesawat Emirates EK368 A380 dan Boeing 777 tidak pernah kosong 100 hari 100 ribu wisatawan ke Bali


   Stuff | 15 September 2023


Bali adalah salah satu tujuan wisata paling dicari di dunia.

Dengan meningkatnya permintaan penerbangan ke pulau tersebut, maskapai penerbangan dan pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berupaya untuk memperkenalkan lebih banyak penerbangan dalam jadwal.

Namun salah satu layanan penerbangan Emirates telah membawa 100.000 wisatawan ke Bali hanya dalam waktu 100 hari.
Bayangkan 1 layanan penerbangan ini membawa seratus ribu turis dalam 100 hari saja.
Artinya 1000 turis datang ke Bali mengunakan layanan pesawat ... A380.



Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar telah menerima pesawat komersial terbesar di dunia ke landasan setiap hari selama 100 hari.

Kedatangan penerbangan harian Emirates Dubai-Bali A380 menjadi berkah tersendiri pecinta travel dan pecinta penerbangan karena pesawat tersebut mampu mengangkut 615 penumpang setiap penerbangan.

Ketika Emirates dan Bandara Bali merayakan 100 hari layanan Airbus A380 ke dan dari Dubai, jelas permintaan terhadap penerbangan ini tidak akan melambat.

Meskipun wisatawan dari Australia merupakan wisatawan internasional yang paling sering datang ke Bali.
Tapi layanan Dubai-Bali dengan Emirates menyediakan transit mudah bagi wisatawan dari seluruh jaringan di pusat hub Uni Emirat Arab dan seluruh dunia.

Bandara Internasional Dubai adalah pusat transit utama yang menjadi pilihan singgah bagi ratusan ribu wisatawan dari benua Amerika Utara dan Eropa yang bepergian ke Asia dan sekitarnya.

General Manager Bandara Bali Handy Heryudhitiawan mengatakan kepada media “Sejak pertama beroperasi hingga saat ini pesawat Airbus A380 yang dioperasikan Emirates dengan rute Dubai-Bali-Dubai telah melayani 118.783 penumpang.”

Yang paling luar biasa dari layanan ini adalah sejak penerbangan perdananya 100 hari lalu, dua kali sehari ini telah beroperasi dengan kapasitas 98%.
Siapa yang menyangka pesawat terbesar di dunia ini tidak pernah kosong.

Emirates memberikan diskon untuk tiket advance.
2 bulan di awal mendapat potongan 37%.
Tapi berangkat di waktu libur panjang, menawarkan tiket penerbangan 3 bulan di depan saja hanya diberi potongan 14%.

Hampir semua penerbangan dari dan ke Bali sudah penuh.
Pesawat tersebut telah mengangkut rata-rata 602 penumpang per penerbangan selama 100 hari terakhir.

Kedatangan Airbus A380 sesuai jadwal di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menjadi sebuah hal besar bagi bandara tersebut.



Tim manajemen harus melakukan serangkaian perbaikan pada sistem operasional yang ada di bandara agar dapat menampung pesawat raksasa tersebut.

Pihak bandara Bali, telah melakukan beberapa penyesuaian seperti penyediaan tempat parkir khusus untuk pesawat A380, pengecekan runway, dan memastikan seluruh fasilitas di terminal beroperasi secara maksimal.

Emirates EK368 A380 dan Boeing 777 ke Bali

Layanan Emirates EK368 Dubai-Bali-Dubai dengan Airbus A380 beroperasi dua kali sehari.
Penerbangan berangkat dari Dubai pukul 3.25 pagi, mendarat di Bali pada pukul 16.35.

Penerbangan dari Denpasar pukul 19.40 setiap hari, mendarat di Dubai pada pukul 12.45 keesokan paginya.



Emirates juga menyediakan satu pesawat lain  di rute eyang sama Dubai-Bali-Dubai dengan Boeing 777.
Layanan berangkat dari Dubai pukul 9.10 pagi, tiba di Bali pada pukul 22.20.

Perjalanan pulang dari Bali pada pukul 12:05 dan tiba di Dubai pada pukul 5 pagi setiap hari.

Bandara Bali diperkirakan akan sama sibuknya pada tahun 2023 seperti sebelum pandemi.
Bandara ini mendukung lebih dari 2 juta pergerakan penumpang pada bulan Agustus 2023.

Jika ditambahkan ke total akumulatif September 2023, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah mendukung lebih dari 13 juta pergerakan penumpang.

Saat pulau ini memasuki masa tenang menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, pemimpin pariwisata sudah mendiskusikan bagaimana lebih banyak penerbangan ke pulau tersebut dapat ditambahkan untuk jadwal bandara.

Berbicara pada minggu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia menyampaikan ia bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan negara-negara mitra di seluruh ASEAN untuk mengembangkan konektivitas yang lebih besar bagi wisatawan di seluruh wilayah dan di seluruh Asia Tenggara.

Menteri Sandiaga mengatakan, ada juga minat dari Uni Emirate Arab untuk meningkatkan jumlah penerbangan ke Indonesia, tidak hanya melalui maskapai penerbangan Emirates yang sudah ada, tetapi juga maskapai Air Arabia.

Korea [telah] menyatakan keinginannya untuk meningkatkan jumlah penerbangan ke Indonesia.

Pesawat Emirates A380 dapat ditelusuri via FlightRadar Airbus A380 EK368
Dan Boeing 777 nomor EK399

Artikel Lain

Pesawat terbesar Radia Windrunner dirancang khusus untuk membawa baling turbin angin. Dapat memuat panjang 105 meter dengan bentuk silinder, lebih besar dari daya tamping Mriya. Kendala bagian cockpit tidak seperti pesawat konvensional, tapi ditempatkan di atas.

Air China penerbangan terjauh 25 jam dari Beijing ke Sao Paulo. Delta dan United pegang rekor rute pesawat terjauh 13 ribu km, nonstop 15 jam 2024. Quantas test 19 ribu km nonston 19 jam penerbangan Sydney London. Maskapai Emirates Quantas Qatar Airways memiliki rute penerbangan nonstop 14000km.



Hari libur November 18 2023, banyak warga pergi berlibur. Beberapa melakukan perjalanan jauh ke kota lain. Mengandalkan Google Maps mungkin tidak akurat di beberapa area, karena itu hanya algoritma. Mengirim pengendara ke jalan pintas tapi melewati gurun dan kemacetan.

18 April selebritis Laurinda Ho dan Shawn Dou menikah di Bali. Resor Six Sense Uluwatu untuk tamu undangan kedua mempelai. Kabar menarik, Bali sebagai tempat liburan mancanegara, sekarang menjadi tempat pernikahan luar negeri. Bila kurang pesawat, bandara Ngurah Rai siap untuk A380

Terbang 13 jam dan kembali ke Dubai dengan pesawat A380. Ini yang terjadi ketika rute pesawat menuju kota Auckland ditutup. American Airlines terbang 10 jam akhirnya pulang ke bandara Amerika lagi. Alasannya kalau mendarat juga percuma, penumpang dan pesawat ngak kemana-mana.

Rolls-Royce UltraFan lebih hemat bahan bakar untuk mesin pesawat jet. Tapi rancangan mesin ini mengunakan bahan komposit karbon dan titanium. Ukuran mesin yang masif mencapai diameter lebar 3,5 meter. Dengan gearbox khusus, hemat 25% bahan bakar pesawat udara.

Beberapa maskapai di Asia mulai membuka rute lama, A380 kembali ke udara. Tapi harga tiket pesawat belum kembali. Cathay telah menyebut masalah staf yang kurang. Keduanya harus berimbang, peningkatan jumlah penerbangan dengan staf yang ada. Tidak berharap pergi ke luar negeri dengan tiket murah dibanding penerbangan sebelum pandemi.



Melacak pesawat Globemaster III ke Bali. Teknologi digital dan pelacakan pesawat juga membawa dampak. Beberapa dapat dijadikan acuan adanya ketegangan politik yang meningkat. Disisi lain sebagai kritik bagaimana para artis berperilaku dan tidak peduli dengan lingkungan.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Video ini memperlihatkan satu dari 4 mesin pesawat Airbus milik Air France A380 hancur. Kejadian pada hari Sabtu 30 September 2017, mesin nomor 4 yang berada di sayap kanan terlihat rusak.Tetapi pesawat komersil terbesar di dunia ini dapat mendarat kembali.

Sebuah pesawat Boeing 777 dengan beban 250 ton turun dengan keras di landasan. Ban pesawat menahan semua beban ke landasan, tapi tidak meledak. Mengapa ban mampu menopang begitu besar, apakah ban pesawat beda dengan ban mobil biasa. Tentu saja.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.

Ketika pesawat mendarat dan mendapat arus angin dari samping atau Crosswind. Menjadi salah satu pengalaman kurang baik batgi pilot dan penumpang. Yang ini pesawat Airbus A380 sebagai pesawat jet komersil terbesar di dunia tidak luput dari tekanan angin kuat ketika mendarat di bandara Dusseldorf

Beberapa tempat di Jepang sudah mendapat larangan untuk foto dengan stick foto selfie. Di stasiun kereta bagian barat Jepang melarang pengunaan tongkat untuk foto selfie karena dianggap berbahaya bagi penumpang dan si foto selfie sendiri



Kapten Mark biasa menerbangkan pesawat bomber Lancer B-1B. Tapi pada tanggal 30 Desember tahun lalu tidak sengaja dia harus menangani pesawat Boeing 737 yang membawa 151 penumpang. Pilot pesawat United Flight 1637 mendadak terkena serangan jantung.



Youtube Obengplus

Trend