Shortstory | 9 September 2023

Windows printer driver tidak diperlukan diganti IPP Internet Printing Protocol


Microsoft mempersiapkan perubahan besar dalam perangkat printer dan pelanggan berinteraksi dengan Windows.

Seperti Windows 10 dan Windows 11, sudah mendukung internal graphic, storage yang dikemas dalam satu paket Windows Installer
Sistem OS Windows akan langsung bekerja bila perangkat computer mengunakan hardware umum.

Sistem operasi Windows dari Redmond tidak memerlukan driver resmi apa pun untuk distribusi driver pihak ketiga.

Driver yang dimaksud adalah tambahan driver yang perlu di install untuk perangkat yang terhubung di computer seperti printer.
Sederhananya, sistem OS akan mengupdate perangkat apa yang dipakai.

Microsoft mengumumkan perubahan revolusioner untuk seluruh ekosistem printer berbasis Windows.

Seperti pengumuman dari Microsoft - End of servicing plan for third-party printer drivers on Windows

September 2023 Announce legacy third-party printer driver for Windows end of servicing plan.
Time 2025 No new printer drivers will be published to Windows Update. Existing printer drivers on Windows Update can still be updated.
Time 2026 Printer driver ranking order modified to always prefer Windows IPP inbox class driver.
Time 2027 Except for security-related fixes, third-party printer driver updates will no longer be allowed.

Existing third-party printer drivers can be installed from Windows Update or users can install printer drivers by using a print device manufacturer-provided installation program.



Driver printer di Windows akan dihapus

Microsoft memutuskan untuk mengakhiri operasi layanan resmi yang disediakan melalui Update Windows,.
Dasarnya merubah driver yang diberikan dari produsen printer akan dihapus.

Tidak sekarang, mungkin antara tahun 2026-2026 untuk OS Windows terbaru.
Dan produsen hardware dapat menyiapkan dengan kondisi yang diinginkan Microsoft.

Perubahan driver untuk printer memiliki dampak sangat besar.


Jadwal dimulai September 2023 dan terus diperbaiki sampai 2027. Produsen printer masih dapat memberi update atau file driver printer mereka.

Tahun 2025, Microsoft menetapkan tidak ada driver printer baru yang diberikan melalui update Windows.
Jadi driver printer masih tetap tersedia.

Tahun 2026, driver printer akan ditentukan sebagai peringkat paling rendah dibanding driver resmi yang diberikan Microsoft IPP - Internet Printing Protocol (IPP).
Tahun 2027, produsen printer tidak lagi diijinkan memberi update di Windows. Kecuali perbaikan penting seperti Security.

Windows 10 21H2 mendukungan perangkat printer Mopria melalui Network atau USB melalui Microsoft IPP Class Driver.

Microsoft menjelaskan. Mopria adalah standar industri yang dirancang menyediakan operasi pencetakan dan scanning lancar di PC dan perangkat mobile.
Internet Printing Protocol (IPP) mengelola komunikasi antara perangkat klien (PC, ponsel cerdas) dan printer melalui port IPP.

Microsoft menyarankan dukungan Mopria dan driver asli IPP, Windows tidak memerlukan driver pihak ketiga untuk pengaturan printer, scanner atau all in one device.

Produsen hanya perlu menyediakan aplikasi UWP mereka sendiri melalui layanan Microsoft Store.
Jika produsen ingin mengatur fitur printer bagi penguna dan memindahkan ke sistem Win32 ke UWP.

Tidak sepenuhnya dilarang.
Setelah tahun 2027, Microsoft masih mengijinkan software dan driver printer dari produsen bekerja di OS Windows.
Layanan tersebut tetap diijinkan diluar infrastruktur Windows Update.

Artikel Lain

Core i9-14900K di dunia nyata dibandingkan Core i9-13900K. Intel Gen14 memiliki harga sama seperti Gen13. Memang untuk performa meningkat seiring kecepatan clock speed procesor. Procesor Intel Gen14 menyusul seri Non K, lebih hemat powr

Ke khawatiran Sony terhadap Microsoft yang ingin mengambil Activision Blizzard. Setelah berbulan bulan menentang, akhirnya menyerah. Sony dan Microsoft membuat kesepakatan, agar game Activision tetap hadir di perangkat PS. Tidak jelas seperti apa perjanjian kedua perusahaan.



Radeon RX 5600 XT model tahun 2019, dengan 6GB VRAM. Diganti ke 12GB dengan melepas 6 chip di board. Apa yang terjadi ketika sebuah VGA mendapat VRAM dengan kapasitas 2x lebih besar. Katanya performa naik 2x lebih cepat.

Membutuhkan 4.3 slot atau lebih dari 4 slot PCIe, jadi heatsink dan penempatan fan membuat Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition lebih besar dari VGA RTX 4080 standar. Perbedaan fan premium membuat VGA tidak berisik.

Nvidia akhirnya merilis driver agar hashrate agar mining dapat dibatasi, untuk menghindari penguna Kripto membeli GPU gaming buatan Nvidia. Oktober Nvidia driver 522.25 sepertinya sudah tidak membatasi Hashrate diam diam, ditemukan redittor.

Intel menjanjikan akan menyediakan jutaan VGA setiap tahun. Menghadapi krisis VGA di kalangan gamer, dan permainan 2 produsen besar AMD dan Nvidia menawarkan VGA mahal. Meninggalkan kebutuhan dasar untuk VGA kelas pemula.

Mengapa smartphone mahal, di kelas premium tidak asing dengan harga mahal. Pengembangan produk yang hanya satu atau dua model di kelas high-end, mendongkrak harga smartphone melambung menembus seribu dollar. Apakah pembeli membutuhkan semua teknologi tersebut. Yang pasti, berbeda dengan disain smartphone biasa.



Program roket swasta SpaceX merubah biaya ruang angkasa lebih murah. Dua pertiga dari biaya rata rata pengiriman astronot Rusia dengan roket Soyuz. Mungkin tidak lama lagi ada yang tertarik liburan ke ruang angkasa dan mampir menginap di stasiun ISS.

Ketika smartphone Android dan Blackberry tampil dengan harga memukau, pembeli antri. Posisi beberapa produsen masih mempertahankan gaya tersebut. Nyatanya dalam beberapa tahun pasar berubah. Penguna smartphone memilih menganti setelah 3 tahun dari sebelumnya 2 tahun. Bila ada yang beranggapan smartphone mahal adalah idola, lihat tren terbaru.

Michael Phillips mengaku lahir di tahun 2043, James datang dari tahun 6941. Dia adalah seorang penjelajah waktu. Walau ceritanya agak janggal. Tapi ada informasi yang menarik dari cerita yang katanya diketahui dari masa depan.



Youtube Obengplus

Trend