Windows ExplorerF11Fix FIle Explorer lebih cepat dengan F11 tekan 2 kali


   Software | 7 September 2023


Ada cerita lama ketika sebuah fitur seperti bug di dalam program

Tapi bukan kelemahan, melainkan perbaikan yang tidak di sengaja.

Ditemukan di Windows File Explorer yang biasa kita pakai di computer.

Ketika menekan sebuah tombol di program File Explorer, dapat meningkatkan kinerja program tersebut.

Kadang kita kesal ketika Windows File Explorer bekerja lambat, khususnya membuka drive, directory yang tidak di cache atau di index.
Mungkin ini salah satu fitur yang dapat mengakaselerasi program Windows File Explorer.

Ditemukan oleh Vivy di X, dia menceritakan bug program File Explorer for Windows.
Dan dapat mempercepat kinerja program dengan menekan tombol F11.
Dan kembali ke mode sebelumnya dengan menekan tombol F11 kembali.

Fungsi tombol F11 sebenarnya untuk membuat Windows tampil Full Screen.

Ketika F11 mengaktifkan file Explorer, dapat dilihat isi folder lalu berpindah folder, tampak lebih cepat.
Begitu juga tampilan Thumbnail file juga berdampak.

Windows ExplorerF11Fix FIle Explorer lebih cepat

Efeknya, semua drive akan lebih cepat, tidak peduli seberapa lambat dibanding sebelum F11 ditekan.

Ada dampak pada bagian navigasi program tidak tampil sempurna, tentu konsekuensi yang kecil bila kita ingin program lebih responsif dengan performa extra.

Bagi mereka yang tidak mau repot menekan tombol F11 (2 kali) setiap kali membuka File Explorer (atau takut lupa), Schalk Burger telah membuat skrip hotkey otomatis ExplorerF11Fix.exe dan dapat di download via Github. Program yang diberikan secara otomatis mengaktifkan bug setiap kali program dibuka.
ExplorerF11Fix.exe dibuat khusus untuk OS Windows 11.

Salah satu Redditor menulis: "Saya mengujinya pada folder musik dengan 1800+ subfolder, dan 25.000+ file.
Semuanya langsung terbuka, luar biasa katanya. Ini adalah kinerja yang kami miliki di Explorer Windows 7."

Trik ini berfungsi pada semua versi Windows 11, termasuk Windows Build Canary Builds.

Tidak jelas apakah bug tersebut dapat digunakan diWindows 10, namun setidaknya ada yang menyebut bekerja di OS lebih lama.

Mungkin fitur ini tidak lama akan dihapus, karena bagian navigasi File Explorer juga terganggung.
Microsoft mungkin akan memperbaiki dengan patch ke depan.

Tidak jelas apakah menekan F11 memang berdampak dengan jumlah folder dan file sedikit, atau lebih terasa bila jumlah file memiliki ukuran sangat banyak.

Artikel Lain

DoNotSpy11 Juni 2024 memblok privasi Copilot Recall.ShutUp 10 update Win 10 Win 11 disable Copilot, memblok telemetry update untuk Edge. Windows 11 khususnya, terlalu banyak spyware. Computer aktif langsung terhubung ke beberapa server. DoNotSpy11 bekerja di OS Windows 10 11 22H2

Windows 10 versi IoT Agustus 2023. Windows 7 Home Premium hanya menampilkan 16GB walau dipasang sampai 20GB. Windows 11 dan Windows 10 memiliki maksimum RAM yang sama. Perbedaan signifikan Windows 11 Enterprise.



Melacak ponsel Android bila lupa ditaruh, melacak smartphone hilang. Dengan Find My Phone 3.0 kita dapat mencari keberadaan smartphone dengan browser. FItur mengaktifkan nada / berbunyi, mengunci smartphone, menghapus data, sampai mencari headphone. Pilihan dari Browser dan App Find My Device

Windows Search mengunakan procesor ketika computer idle (hanya layar Windows) tapi CPU terus bekerja. Dapat kita periksa dan melakukan tes. Selama program Windows Search aktif, CPU terus aktif. Mengunakan power di computer dan notebook. Bila tidak perlu, Windows Search dinonaktifkan agar tidak menganggu program lain.

Google Drive di Explorer Windows atau folder di computer. Drag drop dan simpan file dan isi folder di Google Drive, Delete, Edit, langsung tanpa browser. Seperti memiliki drive virtual tambahan menyimpan data. Setting kecepatan upload download dapat diatur. Pilihan Drive Letter, atau Folder dan Mirror storage

Format video AV1 mampu mengecilkan ukuran video 30 persen dari format H.265 atau HEVC. AV1 akan menjadi format video streaming penganti H.265 dan VP9. Beberapa software merubah format video ke AV1. 2 pilihan terbaik Shutter Encoder dan FastFlix

Install Windows di Flash drive. WinToUSB langsung menginstall dari file Windows ISO ke flash drive. Selesai install, pindahkan flash drive ke computer yang tidak memiliki storage. Windows langsung bekerja dan boot di Flash Drive.



Virtual Desktop sebagai software untuk membantu tampilan program tampil di monitor dan terbagi tepat tanpa perlu resize. Beberapa software virtual desktop diberikan gratis, yang berbayar dibuat lebih lengkap. Dengan disain layar yang fleksibel. Membagi tampilan satu layar untuk 2 program, sampai 16 program secara otomatis dapat tampil terpisah di layar.

Program Renamer memudahkan merubah nama file sesuai karakter, menganti nama file sekaligus, baik di dalam satu folder atau beberapa folder. Memudahkan kita mencari nama file, misal berdasarkan tanggal atau tempat. Membersihkan keterangan nama file yang kita tidak perlukan. Termasuk beberapa karakter, dapat diganti atau dihilangkan.

Hotspot Control aplikasi Android, memiliki fitur mengaktifkan Portable Hotspot di smartphone. Lebih praktis untuk berbagi akses internet dari smartphone ke notebook atau smartphone lain. Cocok untuk mereka yang ingin berbagi akses internet, nebeng internet selama di perjalanan.

Aplikasi di Windows membutuhkan data dan di masukan ke registry file. Disana data yang tidak terpakai, program yang sudah di un-install terkadang masih nyangkut disana. Terkadang membuat sistem Windows tidak stabil karena data error di Registry.



Youtube Obengplus

Trend