Green | 2 September 2023

Mobil listrik BYD Dolphin murah masuk Jepang apakah merek Jepang berani bersaing


BYD memperluas model kendaraan listriknya.

BYD mengumumkan Seal DM-i, yang akan dijual seharga 180.000 Yuan (Rp.380 juta) di Chengdu Auto Show di China.

Selain menambah model kendaraan listrik, BYTs lebih banyak aktif di pasar.

Diharapkan ada pasar terbuka untuk kendaraan listrik BYD yang sebelumnya membuat kendaraan bus listrik.

Bila penguna di China menarik dengan BYD, bagaimana dengan pasar di negara lain.

Yang menantang adalah pasar produsen kendaraan terbesar di dunia yaitu Jepang.
Walau perusahaan kendaraan BYD sudah lama beroperasi di dalam negeri. Bahkan beberapa bus listrik yang dipesan ditempatkan di airport Eropa.

September 2023, perusahaan BYD ingin memasarkan kendaraan model baru di negara Jepang yang kuat dengan merek dalam negeri.

Dealer pertama BYD dibuka Februari 2023 lalu, dan menawarkan kendaraan listrik Atto 3 tipe SUV.
Harganya juga bikin geleng kepala untuk pasar Jepang, sekitar 4,4 juta Yen ( 450 juta Rupiah).

Setelah Atto 3, September BYD berencana menawarkan kendaraan lain Dolphin tipe hatchback tapi lebih murah.



Mobil listrik murah BYD Dolphin

Apa keistimewaan mobil lsitrik Dolphin.
BYD merancang Dolphin dengan standar baterai BYD Blade.

Baterai ditempatkan seperti bilah di bawah kendaraan

baterai BYD Blade

Baterai lebih hemat (lebih murah) dan lebih aman dibanding baterai tipe Li-ion.


Memiliki jarak tempuh 400km dengan baterai penuh.
Targetnya kalangan muda untuk kendaraan Dolphin.

Dolphin ditawarkan 1,6 juta Yen saja atau 170 juta Rupiah.
Ingat Dolphin adalah mobil listrik, bukan kendaraan dengan bahan bakar.

Masuknya produsen mobil China seperti BYD tentu dapat menguncang pasar Jepang sendiri.
Mengingat Jepang lambat mengadopsi kendaran listrik, tiba tiba produsen mobil Jepang harus bersaing dengan produk China dengan harga lebih terjangkau bahkan sudah berpengalaman.

Kendaraan listrik Dolphin yang jauh lebih murah dibanding harga mobil listrik Jepang.
Memberi tekanan mobil Jepang di dalam negeri, solusi tercepat dengan menurunkan harga untuk pasar domestik.

Kita lihat saja bagaimana produsen BYD memasarkan mobil Dolphin, apakah mampu menjatuhkan harga kendaraan merek ternama di dalam negeri (Jepang).

Kita dapat belajar, bagaimana antisipasi pasar dalam negeri, dan bersaing dengan pabrikan BYD yang lebih berpengalaman di dalam negeri mereka.



BYD Dolphin
Artikel Lain

Metacycle desain motor motocoupe dengan bodi aluminium sangat menjanjikan ketika tampil. Dibandrol cukup murah, jarak tempuh 120km. Tapi nama dibelakang produsen kurang baik. Setelah diungkap oleh pabrikan China bahwa pesanan yang dijanjikan untuk dikirim masih ada di gudang

Kendaraan Microlino 2.0 dengan pengerak roda 3. Microline Lite kecepatan 45km perjam tanpa ijin mengemudi. Walau disain tetap sama untuk 2 penumpang. Microline dengan bobot kendaraan juga ringan hanya 535kg. Jarak tempuh minimum 76km kecepatan 95km perjam



Xpeng G9 kendaraan listrik dengan tipe SUV ini mampu mengisi baterai 5 menit untuk mendapatkan jarak tempuh 200km. Kapasitas baterai penuh dapat menempuh 700km. Keunggulan teknologi charger 480kW sebagai kendaraan paling cepat mengisi baterai.

Mahle produsen motor pengerak kendaraan listrik, merancang motor elektromagnetik dengan kinerja 90%. Ukuran lebih kecil, lebih ringan dan daya puncak dapat dipertahankan. Rancangan Continuous Torque (SCT) dapat dirancang tanpa magnet

Produsen Changli membuat mobil listrik, tapi harganya sangat murah. Bentuknya kecil, praktis, ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Changli memproduksi kendaraan ini di China untuk taksi dan transportasi pribadi. Memiliki 1 kursi depan dan 2 kursi belakang.

Arcfox GT memiliki kekuatan mesin setara 1.600 HP walau mengunakan power baterai. Tetapi bukan adu cepat di jalan, hanya kecepatan awal seperti kendaraan high end berbahan bakar bensin. Mobil listrik Hyper Card Arcfox GT tampil tahun lalu di Geneva Auto Show. Boleh dibilang kekuatan daya dorong mesinnya dengan power monster.

Mobil listrik ini mungkin tidak memerlukan ijin mengemudi. Mungkin mereka yang berusia 14-16  tahun dapat mengemudikan kendaraan ini di Eropa. Dirancang kendaraan dalam kota, dengan kecepatan maksimum hanya 45km perjam. Pengisian baterai cukup 3 jam, untuk menempuh jarak 70km



Hyundai eScooter adalah elektrik scooter yang dapat di lipat, bahkan masuk ek dalam tas anda. Memiliki pwero 10,5Ah, kecepatan sampai 18km perjam. Mampu menempuh jarak 20km lebih dengan baterai full charge. Bagian menarik dari Hyundai eScooter, memiliki berat sekitar 8kg dan dapat dilipat dalam 3 bagian.

Masalah baterai lithium adalah panas. Ketika baterai memberikan power akan menghasilkan panas, ketika baterai di charger dengan arus besar juga mengeluarkan panas. Xing Mobility menawarkan teknologi pendingin baterai dengan cairan. Suhu konstan pada baterai membuat sebuah mobil listrik mampu menempuh lebih cepat dan baterai tahan lama.

Motor listrik mampu menempuh jarak 400km lebih dengan power baterai. Yang menantang dari disain motor Ethec buatan Ethec Electric Motorcycle adalah disain bodi yang indah. Dan tampilan lampu depan futiristik. Dirakit dengan 1260 sel baterai lithium, ditempatkan di tengah tempat duduk pada bodi motor.



Youtube Obengplus

Trend