CCTV Canon MS-500 merekam gambar gelap total sensor SPAD mirip night vision


Technology | 2 August 2023

Camera keamanan Canon MS-500 agaknya berbeda dibanding camera CCTV gedung dan rumah.

Canon mengembangkan camera yang dapat merekam gambar dalam kondisi gelap total.

Seperti camera Night Vision, menangkap gambar apapun walau pada tingkat pencahayaan terendah sampai 0,001 lux.
Untuk perbandingan, cahaya bintang dilangit hanya memiliki cahaya 0,02 lux.

Camera Night Vision umumnya mengandalkan cahaya inframerah.
Pengembangan sensor diterapkan pada camera CCTV, mengunakan sensor lebih peka seperti Sony Exmor.
Sensor Canon SPAD berbeda, menangkap gambar dengan cahaya sangat lemah langsung ke sensor. Menangkap cahaya atau foton dengan mengukur untuk mencapai piksel.
Setiap foton dirubah menjadi muatan listrik, dan elektron seakan dilipat gandakan membuat gambar lebih peka (lebih jelas).

Tingkat kegelapan tersebut setara kondisi gelap tanpa cahaya bulan. Gambar yang ditangkap bukan hitam putih, tapi berwarna.

Canon MS-500 memiliki sensor 3,2 MP dengan ukuran 1 inci. Perbedaan pada sensor SPAD / Single Photon Avalance Diode.
Bukan sensor CMOS standar yang digunakan camera CCTV biasa.

Sensor dibuat untuk sensitif sangat tinggi dan dapat mengambil gambar dengan pencahayaan sangat minim.

Canon MS-500 hanya bodi, sedangkan lensa dapat diganti.



Mengunakan mounting tipe B4, camera ini dapat dipasang sesuai ukuran lensa seperti lensa zoom.

Camera dilengkapi profil untuk menurunkan efek noise rekaman video, seperti dampak atmofer pada objek yang jauh.

Canon MS-500



Camera melihat malam ini bukan untuk rumah atau kantor.



Harga bodi saja $25.000, ditujukan untuk fasilitas dengan security sangat tinggi.

Area yang membutuhkan keamanan High Security seperti pelabuhan, infrastruktur publik sampai perbatasan antar negara.

Misal menargetkan area yang perlu diawasi, dengan lensa zoom dapat memantau jarak sampai beberapa km.

Canon MS-500

Artikel Lain

AMD mengajukan paten, mengambarkan desain chip GPU teknologi chiplet. Chip VGA AMD dapat dibuat dengan chip terpisah sebelum dikemas menjadi sebuah GPU. Kemungkinan teknologi chiplet tersebut disiapkan untuk produksi tahun 2025.

Rovaom 4K camera ini memiliki fitur unik, dapat melihat / merekam di malam hari. Merekam video dengan resolusi 4K, dengan detail warna biasa sampai di kegelapan malam. Cocok untuk aktivitas outdoor, seperti pengamatan di alam liar, sampai camera keamanan. Merekam video berwarna di malam hari.



Camera keamanan Reolink CX410 memiliki fitur lensa f1. Membawa teknologi AI untuk diteksi objek untuk pengawasan. Merekam video berwarna dengan fitur ColorX, dilengkapi lampu aktif menyala bila menditeksi adanya objek mencurigakan.

Camera keamanan Eufy Security S220 SoloCam bekerja tanpa power DC. Mengunakan tenaga surya sebagai sumber power, dapat dipasang terpisah. Bagaimana power di camera Eufy Security S220 SoloCam. Ada 2 sumber, cahaya matahari untuk panel surya. Kelebihan power disimpan ke baterai, untukl malam hari.

Canon R5 seri camera high end atau kelas profesional, tampil dengan kemampuan merekam video 8K. Informasi kemampuan Canon R5 belum banyak diberitakan. Satu keunggulan untuk camera video atau video recording dengan kecepatan 29,9 frame perdetik.

Bayangkan anda memiliki sebuah camera CCTV atau camera pengawas. Tapi kemampuan zoom setara 1000mm, objek 1km dapat terlihat lebih jelas pada camera tersebut. Memiliki fitur memperjelas gambar dalam kondisi asap, kabut, fokus sangat cepat dan stabilizer di dalam camera.

Reolink Go teknologi camera CCTV tanpa kabel power dan koneksi WIFI. Mengunakan tenaga surya dengan sinyal 4G untuk mengirim data. Merekam gambar Full HD dengan 110 derajat, gambar tajam, dan dilengkapi night-vision. Camera CCTV yang mengandalkan power dari sinar matahari ini mengunakan sensor Starlight CMOS 2 megapixel.



Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K sebagai camera merekam video 4K RAW. Merekam video 4K 60fps atau 1080p 120fps. Mengunakan sensor seperti microfour third, dan resolusi tertinggi 4096x2160 Full 4K.

Samsung SmartCam adalah camera keamanan untuk merekam sekualitas Full HD. Camera Samsung SmartCam dapat digunakan untuk di dalam ruangan atau luar ruangan / outdoor CCTV. Terhubung ke WIFI  dan pengaturan dengan aplikasi.

Canon ME20F-SH akan bersaing dengan camera papan atas sekelas Arri Alexa atau Red. Bahkan dapat merekam video dengan ISO 4 juta, dimana mata manusia tidak dapat melihat dalam pencahayaan sangat gelap seperti pencahayaan alami. Camera ini khusus untuk pembuatan film.

Camera Canon XC10 ini memiliki kemampuan merekam video 4K. Bentuknya tidak terlalu besar dan merekam dengan resolusit 3840x2160 H.264 4:2:2/8-bit atau 1080p 60fps



Youtube Obengplus

Trend