Google account hapus permanen bila tidak pernah aktif peringatan sampai 2023


Shortstory | 1 August 2023

Google mengeluarkan peringatan tentang penghapusan account yang tidak aktif.

Pemilik akun Google dapat mengunakan, setidaknya mencegah mendapat surat dari Google dalam beberapa bulan ke depan.

Mei 2023, Google mulai memperingatkan pengguna tentang account tidak aktif dan akan dihapus pada akhir tahun 2023.

Keputusan ini diumumkan untuk account yang tidak pernah aktif selama dua tahun atau lebih.
Bila anda memiliki akun Google atau pernah mendaftar tapi tidak pernah digunakan seperti tidak pernah login sejak tahun 2021.

Kemungkinan akan terkena penghapusan akun selamanya. Jadi dapat di ingat ingat kembali, apakah anda pernah mendaftar atau memiliki akun ke Google.

Hanya mereka yang memiliki akun di Youtube tidak akan terkena blokir. Artinya belum masuk dalam rencana penghapusan akun pemilik Youtube.

Meskipun kebijakan tersebut berlaku Juni 2023.
Kebijakan tersebut tidak langsung mempengaruhi pengguna dengan akun yang tidak aktif. Dan sudah diumumkan sejak Mei 2023.

Masih ada batas waktu sampai akhir tahun 2023. Tepatnya pada bulan Desember nanti, baru dilakukan penghapusan account tidak aktif.

Google mengatakan mengambil pendekatan bertahap, dimulai dengan akun yang pernah dibuat tapi tidak pernah digunakan lagi.



Sebelum menghapus account, Google akan mengirimkan beberapa pemberitahuan dalam beberapa bulan menjelang penghapusan, baik ke alamat email account maupun email recovery (jika ada).

Jadi jangan panik bila kita memiliki akun tapi lupa, mungkin akan mendapat peringatan nanti melalui email Recovery yang pernah di daftarkan.

Peringatan bulan Juli 2023 adalah peringatan kedua.

Peringatan sudah dikirim seperti email dibawah ini (media Blink)

Mengaktifkan akun Google sebelum dihapus permanen 2023



Seperti email diatas disebutkan, penguna biasa tidak terkena dampak.
Tapi account yang tidak aktif mengunakan layanan Google selama lebih dari 2 tahun akan mendapat peringatan.

Tercantum keterangan 8 bulan setelah email diterima, bila tidak aktif maka Google memutuskan menghapus.

Cara termudah untuk menjaga agar Akun Google tetap aktif adalah dengan masuk setidaknya setiap 2 tahun sekali.

Misal membuka salah satu layanan yang dimiliki Google, dari email, security Google Account, Google Photo, Google Drive.
Artinya account anda akan tercatat tetap aktif dengan aktivitas.

Reading or sending an email.
Using Google Drive. Storage Google drive, setidaknya penguna mengunakan satu kali selama 2 tahun.
Watching a YouTube video. Membuka Youtube dari accouunt email.
Downloading an app on the Google Play Store. Khusus untuk aktivitas smartphone atau layanan Android
Using Google Search. Mengunakan Chrome dan mendaftar email untuk Chrome.
Using Sign in with Google to sign in to a third-party app or service. Mengunakan layanan lain, dan mendaftar serta masuk mengunakan account Google.

Kalau Google Account untuk daftar di Android TV atau Google TV.
Apakah termasuk aktif atau tidak aktif, sepertinya aktif kan Google TV atau Android TV juga masuk layanan Google, seperti smartphone Android bila aktif membuka layanan Play Store.

Artikel Lain

Meta akan memberi notifikasi ke member Whatsapp, backup data ke Gdrive dihitung. Ketika membutuhkan sebuah storage dan ingin mengirim ke tempat lain. Untuk di download, di backup, kirim file ke orang lain, serta membagikan file. Layanan ini khusus untuk mengirim file kapasitas file besar. Bukan 10, 20 MB, 100MB, 500MB tapi sampai 1GB++.

Google Drive di Explorer Windows atau folder di computer. Drag drop dan simpan file dan isi folder di Google Drive, Delete, Edit, langsung tanpa browser. Seperti memiliki drive virtual tambahan menyimpan data. Setting kecepatan upload download dapat diatur. Pilihan Drive Letter, atau Folder dan Mirror storage



Google Play Game dapat dimainkan di computer PC notebook. Layar lebih besar dari smartphone, tablet, mengunakan perangkat standar. Indonesia sudah dapat mencoba Google Play Game di versi beta. Download installer di computer dengan koneksi internet. Juli 2023 untuk user di 120 negara.

Bard Google dapat bertanya dalam bahasa Indonesia - Juli 2023. Bard Google telah diumumkan akan memanen semua data sebagai sumber..ChatGPT layanan pertanyaan di jawab AI, apakah pertanyaan kita aman. Banyak staf kantor menanyakan, mengkoreksi program. Sampai perusahaan mulai melarang penguna, khawatir kebocoran data perusahaan di panen AI

Google Drive layanan storage gratis. Dapat menyimpan file ukuran sangat besar. Tapi ada batas, dan proses file ukuran besar bisa tiba tiba berhenti di download. Atau download Google Drive terputus karena gangguan koneksi. Bagaimana kita bisa Resume Download bila mendapat file ukuran besar, misal diatas 4GB atau 8GB.

Layanan terbaik dari Onedrive, GoogleDrive dan Dropbox serta Box di tahun 2022 menjadi layanan storage gratis. Layanan apa yang terbaik, dan berapa kapasitas storage gratis diberikan kepada penguna. Tahun 2022, sepertinya 2 layanan terbesar dan tercepat.

fRute Google Maps dapat dipindah ke smartphone. Menjadi peta jalan permanen dan disimpan dalam bentuk file GPX. Untuk ekspor rute Google Maps ke GPX, sebelumnya tersedia di layanan Google Maps. Tapi sekarang terlihat sudah dihapus. Untuk mencopy rute peta Google Maps masih ada tip lain. Sehingga rute jalan yang dibuat, di ekspor ke file GPS dan dapat dilihat di smartphone Android



Youtube Obengplus

Trend