Science | 14 July 2023

Planet TOI-733b apakah memiliki laut atau gersang ditemukan tahun 2023


Komunitas ilmiah telah menemukan planet baru.

Terletak 245 tahun cahaya dari Bumi dan diberi nama planet TOI-733b.

Ukurannya sedikit kurang dari dua kali radius Bumi.

Tapi yang menarirk adalah suasananya.

Untuk saat ini, para ahli telah melihat 2 kemungkinan seperti apa planet TOI-733b.

Pertama planet ini mungkin telah kehilangan lapisan atmosfernya.
Kedua bisa menjadi "dunia lautan yang sangat terradiasi."

Dari dua kemungkinan TOI-733b tersebut sepertinya tidak menarik untuk di teliti lebih lanjut.

Dari jurnal astronomi khusus Astronomi & Astrofisika. Dalam penelitian tersebut, dirincikan bahwa planet baru ini memiliki kepadatan 3,98 gram per sentimeter kubik.

Sebagai gambaran, sedikit lebih rendah dari kepadatan Bumi, yaitu 5,51 gram per sentimeter kubik, tetapi lebih besar dari tetangga kita Mars.

Poin lain yang disebutkan dalam artikel Astronomi & Astrofisika adalah planet ini mengorbit bintang yang ukurannya sedikit lebih kecil dari Matahari dan yang tidak membuat menarik, planet TOI-733b menyelesaikan orbitnya dalam 4,9 hari. (Bumi 365 hari)



Kedekatan planet dengan bintang inilah yang berfungsi sebagai penjelasan ada 2 skenario terkait apa yang dilihat melalui data di atmofer planet..

Saat ini, perkiraan bentuk exoplanet TOI-733b merupakan batuan kering tanpa lapisan gas. Mirip seperti planet Merkurius dengan posisi paling depan, atmofer planet tersapu oleh bintang.

Salah satu alasan yang ditemukan para ilmuwan untuk menjelaskan situasi ini, planet berada di posisi sangat dekat dengan bintangnya, tentu atmosfer pada akhirnya akan menguap.

Tapi ini bukan satu-satunya hipotesis yang mereka pertimbangkan.
Tim ilmuwan juga percaya mungkin saja ada sesuatu yang lain bisa terjadi.
Perkiraan kedua, planet TOI-733 ini bisa menjadi planet samudra alias semuanya adalah air.



Penemuan signifikan lainnya yang disorot artikel ini adalah kesamaan antara planet ini, serta planet lain yang memiliki karakteristik serupa yaitu planet Neptunus.
Meskipun planet TOI-733b dalam skala lebih kecil dari Neptunus.

Ilustrasi

Planet TOI 733b

Jenis benda ini memiliki sifat yang sama, yaitu proses penyusutannya karena hilangnya atmosfer.

Selama berabad-abad, keberadaan kehidupan di luar bumi telah memicu keingintahuan tim peneliti untuk menjelajah.
Hari ini, kami memfokuskan keingintahuan itu pada jenis benda langit yang sangat spesifik: planet seperti ekstrasurya ini yang mungkin menampung lautan.

Para ilmuwan percaya bahwa dunia yang mengandung air ini berpotensi menampung kehidupan, menjadikannya titik fokus dalam pencarian dengan organisme luar angkasa.

Bintang TOI-733     
Massa     0,956 ( -0,026 +0,05 ) M Matahari
Usia     4.4 ( -3.1 +1.5 ) Gyr 4.4 miliar tahun
Suhu efektif     5585,0 (± 60,0)K
Radius     0,95 ( -0,012 +0,008 ) R Matahari
Metalisitas [Fe/H]     -0,04 (± 0,05)

Nama     TOI-733 b        
Status Planet     Dikonfirmasi        
Ditemukan di     2023        
Massa     5,72 (± 0,07) MJ     [TOI-733 b -- sebuah planet yang mengorbit bintang mirip Matahari] 
Periode orbit     4.884765 ( -2.4e-05 +1.9e-05 ) hari
Keanehan     0,046 ( -0,033 +0,056 )     [TOI-733 b
T peri     —        
Radius     1,99 ( -0,09 +0,085 )


Kecenderungan     88,85 (± 0,8) derajat
Memperbarui     14-04-2023        
Metode Deteksi     Transit

Beberapa planet yang ditemukan memiliki potensi di zona Goldilock atau wilayah batas air dapat mencair.

Planet Proxima Centauri b
Planet ekstrasurya terdekat yang diketahui dengan tata surya kita, Proxima Centauri b, mengorbit di zona layak huni bintang induknya.
Massa planet menunjukkan komposisi berbatu, dan potensi keberadaan air cair di permukaannya tetap menjadi topik penyelidikan ilmiah.

Planet TRAPPIST-1
Tujuh planet seukuran Bumi dalam sistem TRAPPIST-1, terletak sekitar 40 tahun cahaya, juga menarik perhatian.
Tiga planet disana, TRAPPIST-1e, f, dan g berada di zona layak huni sistem.
Dalam pengujian model mendapatkan kemungkinan ada planet yang mendukung air mencair, bila dalam kondisi atmosfer yang sesuai.

Kepler-22b
Sebagai planet ekstrasurya pertama yang diketahui berada di zona layak huni, bahkan ukuran bintang mirip matahari.
Kepler-22b mungkin menyimpan air dalam bentuk cair.
Namun, para ilmuwan masih perlu menentukan komposisi planet berukuran super Bumi ini.

Dengan teknologi saat ini, observasi dan penelitian mendetail ke dunia samudra ini tetap terbatas.
Misi yang direncanakan, seperti Europa Clipper NASA dan Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE) dari Badan Antariksa Eropa, menawarkan lebih banyak wawasan tentang dunia seperti planet ini dan membantu menyempurnakan perlindungan bagi planet kita.

Tata surya kita dengan beberapa planet walau belum terlihat sempurna.
Tapi jauh lebih baik dibanding kondisi beberapa planet yang ditemukan.


Caltech

Nasa
Artikel Lain

Sebuah planet ditemukan mengorbit ke bintang Wolf 327. Dan diberi nama Wolft 327b, ukuran planet diperkirakan sedikit lebih besar dari Bumi, mengorbit ke bintang kerdil tipe M. Planet tersebut mengorbit 13,7 jam dan panas, tetapi yang dicari adalah multi-planet.

Planet terdiri dari planet berbatu, planet gas. Lalu berapa batas ukuran planet, bahkan menjadi sebuah bintang..Bila kandungan gas sebuah planet setara 80x massa Jupiter, dipastikan disana akan menjadi sebuah bintang. TDengan massa 13x dari massa Jupiter saja, sudah dapat membentuk bintang yang dinamai bintang kerdil katai coklat. Bedanya bintang kelas tersebut tidak mampu menghasilkan panas.



Planet LTT9779b memiliki beberapa keunikan planet sejenis. Ukuran 4x lebih besar dari Bumi, kategori Neptunus tapi posisi tidak biasa dekat ke Bintang. Atmosfer planet ini seperti cermin memantulkan cahaya bintang, bahkan suhu planet mencapai 2000 deg C. Mengapa seperti cermin di atmofer planet, peneliti memberi jawaban.

Astronom sebelumnya menyebut sebagian besar tata surya sama, dengan planet berbatu di depan. Dalam 20 tahun penemuan planet, dan semakin banyak tata surya lain ditemukan, sering ditemukan planet Hot Jupiter. Apa yang terjadi bila tata surya kita memiliki sususnan planet seperti itu.

Bumi mengitari matahari 1 tahun, apakah matahari mengitari benda lain. Seberapa cepat memutar di tangah galaksi. Apakah posisi Bumi sejajar ketika mengitari tengah galaksi. Kenyataan posisi matahari dan Bumi berada agak ke pinggir galaksi.

Sebuah planet yatim dapat terjadi ketika dimulai pembentukan tata surya. Dan planet tersebut terlempar keluar dari orbit tata suryanya sendiri. Berapa banyak planet tersebut ada, peneliti mengatakan jumlahnya mencapai miliaran. Data diumumkan Desember 2021, sudah 70 planet

Sebuah planet TOI-561b sebagai kandidat planet tertua yang ada di galaksi Bima sakti. Perkiraan usia planet dan bintang dari tata surya TOI-561b sudah ada sejak 10 miliar tahun lalu. Melihat massa planet batuan tersebut lebih ringan. Untuk usia Matahari, Bumi serta planet lain di tata surya baru terbentuk 4,5 miliar tahun lalu.



2 bintang disebut bintang Apep diteliti sejak 2018. Keduanya saling mengorbit dan saling menarik materi bintang satu sama lain. Walau kedua bintang memiliki jarak cukup jauh, mencapai lebar tata surya kita. Kedua satu hari akan bertabrakan dan membentuk ledakan sinar Gamma.

Bila melihat cahaya matahari di Bumi, apakah sama seperti di planet lain. Cahaya matahari berinteraksi dengan molekul di setiap planet. Di Bumi cahaya biru akan mendominasi di siang hari, dan kuning serta biru lain ketika matahari terbenam. Apakah yang dilihat di planet lain sama.

Disebut SN2016iet, memiliki durasi yang panjang, dengan jejak kimia yang tidak biasa, dan lebih banyak teka-teki di bintang tersebut. Para peneliti percaya supernova ini dapat menantang model kematian bintang kita yaitu matahari. Karena ledakannya terus tampak dalam beberapa tahun kedepan

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Kami tidak tahu apakah ada orang yang melihat secara langsung ketika terjadi ledakan yang sangat terang tersebut. Sumber cahaya GRB 080319B berasal dari benda yang jauhnya 7,5 miliar tahun cahaya. Atau ledakan yang tercatat tersebut di tahun 2008 berasal dari ledakan 7,5 miliar tahun lalu.


Youtube Obengplus


Trend
No popular articles found.