Datacolor Spyder X2 alat memperbaiki warna monitor dengan kalibrasi untuk foto video


Digital | 7 July 2023

Datacolor, salah satu produsen perangkat kalibrasi monitor teratas, mengumumkan alat baru untuk warna monitor yang presisi.

Spyder X2 Ultra dan Spyder X2 Elite baru termasuk software dengan tampilan UI lebih baik serta fitur kalibrasi yang lebih canggih.

Spyder X2 Ultra dan Spyder X2 Elite juga menawarkan kemampuan sensor diperluas untuk penyesuaian lebih presisi.

Datacolor menyebutkan penguna hanya butuh 2 menit untuk kalibrasi monitor.

Dibanding generasi sebelumnya lebih membutuhkan waktu hanya untuk menangkap warna dari layar monitor.


Datacolor Spyder X2 alat kalibrasi monitor untuk fotografi dan cinematografi

Apa itu Spyder X2 Ultra dan Spyder X2 Elite
Kedua versi Datacolor Spyder X2 perangkat sensor kalibrasi monitor untuk membantu memperbaiki dan mengatur monitor tingkat warna yang tepat dan akurat.

Sensor akan mencatat warna tampilan pada layar dan dihitung berapa nilai masing masing warna.
Bila warna tidak sesuai, software dapat menghitung ulang, dan merubah tingkat warna agar sesuaistandar  atau warna yang tepat sesuai alat kalibrasi.
.
Monitor yang telah di kalibrasi, nantinya tampil seperti warna standar yang di terima bagi semua perangkat atau orang yang melihat.



mengatur warna dengan Datacolor Syper X2

Sensor Spyder X2 Ultra dan Spyder X2 Elite dipasang di depan monitor selama proses kalibrasi.
Bagi sebagian penguna computer melihat monitor seperti apa adanya.

Perubahan warna tidak diketahui oleh penguna, membutuhkan proses dari bulan ke bulan sampai tahun ke tahun terjadi perubahan pada tingkat cahaya dan merubah tampilan warna.
Seperti lampu LED LCD perlahan mulai meredup, yang melihat tidak tahu apakah cahaya monitor memberi warna yang tepat.
Warna yang diatur pada monitor, nyaman bagi kita, mungkin menghasilkan warna berbeda dibanding melihat warna di perangkat lain..



Bagian tersebut tidak penting bagi kita, selama sebuah monitor dapat memperlihatkan gambar.

Bagi kalangan fotografi sampai videografi, warna dan kecerahan hal penting, bahkan disebut mutlak.

Khususnya selama proses editing di depan monitor, warna dan cahaya harus tepat.
Bila warna yang tampil di monitor salah, misal lebih redup, warna yang kurang pas lalu ditingkatkan. Hasilnya akan berbeda bila dilihat pada perangkat lain.
.
Dampak dari tampilan monitor yang salah, juga menghasilkan gambar dengan warna dan pencahayaan yang salah di akhir proses editing.

Monitor yang telah dikalibrasi khususnya warna dapat membantu memastikan pekerjaan mereka terlihat konsisten dalam hal warna dan kontras.
Termasuk mencetak hasil akhir, seperti bidang fotografi akan mencetak foto mereka.

Spyder X2 Ultra dan Spyder X2 Elite mengunakan sensor yang sama, dibedakan dengan software untuk versi standar dan versi pro.

Datacolor mengatakan desain software baru memiliki pra-set kalibrasi yang direkomendasikan ahli, ideal bagi mereka yang baru mengenal perangkat kalibrasi.

Untuk tingkat profesional yang lebih berpengalaman dengan prosesnya dapat memanfaatkan banyak fitur lanjutan.
Termasuk target Video dan Cinema untuk warna (Rec. 709, Rec. 2020), Advanced Display Mapping dan Analysis, unlimited calibration settings, dan Studio Match for multiple, side-by-side display calibration.

Manajer produk di Datacolor, Casey Krugman menjelaskan. Datacolor merancang UI baru untuk berkembang bersama pengguna dibidang gambar.

Spyder X2 Elite software
Dalam hal spesifik untuk setiap versi, X2 Elite lebih mendasar dari keduanya.
Dapat menyesuaikan warna, kontrol, dan akurasi luar dengan alat kalibrasi monitor Spyder.

Cocok untuk fotografer, videografer, desainer digital, dan pembuat konten, bahkan mereka yang masih pemula.
Software tersebut untuk fungsi dasar.

Spyder X2 Ultra
Spyder X2 Ultra untuk fotografer, videografer, dan desainer digital, juga mereka yang bekerja dengan konten HDR akan mendapat manfaat di versi software Ultra.


Dapat mengkalibrasi monitor hingga 2000 nits, artinya sensor dapat mengkalkulasi kecerahan tinggi dan tampilan di monitor HDR.

Kemampuan kecerahan ekstra juga berarti memasukan faktor lain seperti gambar dari pencahayaan di luar ruangan saat diperlukan monitor yang cerah, dan pemotretan di lokasi seperti lanskap

Bidang fotografi dan cinematografi sangat terkait dengan warna.
Khususnya teknologi warna camera, filter dari software seperti LUT sebelumnya hanya dikuasai kalangan cinema.

Sekarang banyak software untuk fotografi sampai video editing juga versi gratis, telah digunakan pada bidang hobi atau kalangan amatir.
Edit foto dengan bantuan AI dari Photoshop sudah dapat dipakai di rumah.

Siapa saja dapat membuat efek foto dan video, dapat mengunakan perangkat PC/notebook biasa dalam proses editing.
Tapi urusan warna di monitor tetap lebih akurat dari alat kalibrasi monitor, karena disana yang bekerja adalah sensor untuk melihat warna

Tentang kalibrasi monitor dapat dilihat informasi lebih lengkap di Datacolor




Tampilan warna dengan LUT untuk efek video dibidang videografi.


Artikel Lain

Lensa paling tajam di tahun 2024. Model Lensa Hasselblad XCD 90V dirancang untuk camera medium format, memiliki ketajaman diatas 2000 dari segala sudut. Bukaan lensa terbaik sampai f11, atasu kualitas lesan Canon Canon RF 85mm f1,2 yang terbaik. Pengujian menyebut lensa tanpa distorsi

CEWE adalah tempat kontes foto dengan moto dunia kita indah. CEWE kontes foto 2023 dimenangkan fotografer Indonesia. Tidak terlalu rumit, hanya di warung kopi. Seorang wanita pemilik warung ikut main domino dengan para petani setelah bekerja di ladang.



Camera merekam video akan kepanasan. Camera Sony ZV-E1 upgrade 4K, hanya merekam 17 menit, dengan pendingin sampai 38 menit. DSLR dan Camcorder era merekam video 4K sampai 8K, camera juga masalah karena overheating. Satu modder memodifikasi Canon R5 dengan disain heatsink agar camera tidak overheating

Karyawan di Adobe menyatakan keprihatinan dengan kemajuan perusahaan dan kecerdasan buatan (AI). Khususnya teknologi generator teks-ke-gambar Firefly. Bila software lebih sudah dapat digunakan untuk pemula, pekerjaan kalangan profesional semakin berkurang. Lalu siapa yang membeli software Adobe, dan dampak ke karyawan.

Produsen perangkat camera SmallRig menawarkan baterai dengan pengisian USB C. Model baterai lain dibuat untuk baterai camera Sony, Nikon, Canon, Panasonic dan lainnya. Yang menarik merek Smallrig menawarkan baterai lebih murah dari produk asli. Harga tidak berbeda jauh dibanding baterai camera palsu.

Kreativitas perlu di pelajar, termasuk untuk foto dan video. LUT 2 Pro tool software edit foto, membantu memebuat foto tampil beda. Memasukan warna dari LUT ke foto, sedikit sentuhan danfoto tampak lebih berwarna. Tidak perlu edit foto dan video yang rumit, cukup dilihat warna dan tema apa yang cocok

SpyderX khusus untuk kalibrasi monitor lebih cepat, hanya membutuhkan waktu 2 menit. Menawarkan produk SpyderX kit. Fungsi perangkat Colorimeter untuk kalibrasi monitor desktop serta notebook, agar dikalibrasi warna yang ditampilkan.



Monitor Asus PA329C masuk di kelas profesional. Dengan ketajaman pixel 3840 x 2160 Ultra HD atau 4K.Monitor mengunakan panel IPS, dari data spesifikasi telah mendukung DisplayHDR 600. Asus mengatakan monitor Asus PA329C telah di kalibrasi dari pabrik sebelum keluar di toko retail.

Produk Datacolor peralatan kalibrasi baru untuk lensa ke monitor. Datacolor Spyder5 Capture Pro dilengkapi paket kalibrasi Spyder Lenscal dan Spyder Checkr. Penguna alat kalibrasi tuning lensa dengan tambahan Sypder Lenscal dan satu lagi Sypder Checker untuk kalibrasi 48 warna.

Spyder5+ Elite adalah alat untuk kalibrasi monitor. Memberikan warna standar pada monitor yang sudah dikalibrasi menampilkan warna yang mendekati warna hasil cetak printer atau tampil di monitor dan tablet. Fitur baru dengan kalibrasi Soft Proof, manajemen profil, single click untuk kalibrasi



Youtube Obengplus

Trend