GeForce RTX 5000 Ada Lovelace Next mundur 3 tahun dari jadwal


   Shortstory | 29 June 2023

GPU Nvidia RTX 4000 sudah lengkap.

Setelah tampil RTX 4060 dan RTX 4060 Ti bulan Juni 2023.

Bagaimana teknologi ke depan, sepertinya tidak ada. Setidaknya di tahun 2024 kemungkinan tidak ada model VGA baru dari Nvidia.

Dari konferensi Nvidia, membagikan jadwal yang diperbarui tentang merinci produk generasi berikutnya, termasuk penerus GPU Ada Lovelace seri GeForce RTX 40, beberapa kartu grafis terbaik untuk gaming saat ini.

Menurut grafik, Nvidia berencana merilis kartu grafis "Ada Lovelace-Next" pada tahun 2025.

Dengan asumsi pembuat chip melanjutkan skema penamaan saat ini, GeForce generasi berikutnya akan memasuki pasar sebagai seri GeForce RTX 50.



Roadmap VGA NVidia tahun 2023

Nvidia tidak mengungkapkan nama kode penerus Ada Lovelace. Jadi di tulis kata Next atau lanjutan dari Ada Lovelace.

Beberapa percaya itu bisa jadi Blackwell, nama yang sudah dikenal dari peretasan Nvidia.
Namun, Blackwell kemungkinan digunakan untuk nama penerus Hopper, yang diberi label Nvidia sebagai "Hopper Next" dalam grafik.

Nvidia biasanya mengikuti perubahan dalam dua tahun untuk GPU Prosumer.
Misalnya, pembuat chip meluncurkan Pascal pada 2016
Disusul Turing pada 2018
Lalu Ampere pada 2020
Terakhir Ada Lovelace pada 2022.

Jika Nvidia meluncurkan penerus Ada Lovelace pada 2025, perusahaan akan melanggar jadwal biasanya. mendekati tiga tahun, atau 30 bulan jika pembuat chip menargetkan rilis awal 2025.

Konon, bisnis AI Nvidia sedang berkembang.
Tren AI baru-baru ini telah menghasilkan permintaan signifikan untuk GPU Nvidia, seperti H100 terbaru atau A100 generasi sebelumnya.

Perusahaan ByteDance dilaporkan telah memesan GPU Nvidia senilai $1 miliar tahun 2023.
Terle

pas dari pembatasan ekspor, Nvidia terus mengembangkan bisnis AI-nya di China, sebagai salah satu pasar terbesar dunia.

Pembatasan tersebut telah memaksa Nvidia melakukan beberapa perubahan produk AI terbaiknya dan merilis SKU tertentu seperti H800 atau A800 untuk memenuhi persyaratan ekspor.

Sekarang dapat di mengerti, mengapa perusahaan Nvidia lebih fokus membuat GPU untuk komputasi dibandin GPU Gaming.

Bahkan ada kabar, jenis GPU Compute untuk produksinya sedang ditingkatkan.
Nvidia tidak menghadapi persaingan ketat dari AMD RDNA3.
Intel bukan pesaing serius di bidang tersebut, karena GPU hanya persaingan antara AMD dan Nvidia.



Jadi Nvidia bisa menunda produk baru untuk produk gaming, dan fokus ke pasar yang lebih menguntungkan.

Mungkin ada perubahan, tapi VGA Nvidia tidak akan banyak berubah dibanding produk yang sudah ada.
Misalnya ada VGA model lain yang mengisi di bawah, tengah atau kelas high end teratas. Bisa saja mengunakan nama Super.
Atau  seri RTX Titan mungkin akan masuk ke seri RTX kelas atas, setelah muncul sebuah cooler ukuran besar seperti untuk VGA RTX Monster nanti.

Artikel Lain

Sig mengumumkan revisi PCIe 7.0 versi 0.3 dengan target 512GB/s. Dijadwalkan penerapan PCIe 7.0 pada tahun 2027. Walau PCIe 7 sudah tampil, masih belum terlihat teknologi PCIe 6.0. Sampai 2023, hanya PCIe 5.0 yang tersedia. Dari rancangan storage NVMe untuk storage dengan kecepatan tertinggi.

Seagatemasuki era hard disk 32TB dengan HAMR, selanjutnya ke 40 dan 50TB. Hard disk generasi baru mengunakan 10 platter. Tosbiba pembuat harddisk di dukung produk perusahaan SDK dapat memproduksi harddisk 30TB. WD lebih dahulu meluncurkan WD DC HC670 26TB model UltraSMR.



Era digital membuat uang kertas barang usang. Transaksi uang tunai bagi penjualan di toko hanya membebankan waktu karyawan. Toko retail dan makanan menyukai menerima uang digital. Di China perusahaan pembayaran digital harus bermitra dengan bank lokal. Australia mulai kurangi transaksi tunai di bank

Layar eink telah dibuat untuk monitor, tapi warna hitam atau model berwarna. Perkembangan eink ternyata sudah cukup jauh. Banyak aplikasi dengan layar eink, seperti disain buku digital, monitor. Dasung Paperlike Color monitor 25 inci resolusi 3K

Pilih DDR5 karena murah dan lebih cepat. Samsung membawa teknologi DDR5 memory DDR5-8000 kapasitas 48GB permodul. Teknologi saat ini memberi disain chip tumpuk atau lapisan. 2023 RAM PC dapat terpasang sampai 192GB 4 modul RAM untuk DDR5, AMD pertama, motherboard Intel menyusul

Hynix dikabarkan telah mengirim chip 1TB Quadruple Level Cell Storage atau QLC-1 ke perushaan SSD. Hynix adalah perusahaan pembuat micro chip, dimana chip akan digunakan oleh perusahaan lain sebagai produk. SK Hynix juga mengembangkan teknologi perangkat lunak algoritma bersama controller SSD.

Bila seorang gamer dan profesional editing akan galau melihat 2 produk ini. Mengambil kendaraan listrik Tesla 3 atau sebuah computer untuk dirumah. Spesifikasi hardware computer high end ini memang tidak tanggung, bahkan komponen sudah di overclock untuk meningkatkan performa.



Bila kecepatan SSD SATA 3 mencapai 500MB. Apakah USB mampu lebih cepat. JMicron JMS583 sebuah chip controller SSD mampu memberikan kecepatan tranfer sampai 1GB/s. Hanya perlu menambah sebuah SSD tipe M.2 pada board.



Youtube Obengplus

Trend