Product | 24 June 2023

SK Hynix Beetle X31 portable SSD eksternal drive 512GB dan 1TB transfer 1GB perdetik


Kalau ditanya apakah ini ekternal drive, lebih tepat. Tapi bukan harddisk ekternal yang jaman dulu sering dipakai.

SK Hynix Beetle X31 mengunakan SSD sebagai media storage. Sama seperti kita mengunakan SSD storage di computer atau notebook.

Storage generasi baru ada yang dibuat dengan Enclosure drive, dimana card NVMe dijadikan sebagai internal memory dan ditutup dengan box menjadi sebuah ekternal drive.
Sayangnya beberapa produk Enclosure drive dijual relatif mahal, belum termasuk card NVMe.

Samsung memiliki etkernal drive model Samsung T7 SSD portabel dijual sedikit lebih murah $84, tapi disainnya yang kurang stylist.

SK Hynix Beetle X31 ekternal drive ini diperkenalkan Mei 2023 lalu.
Sudah dalam satu paket menjadi ekternal drive NVMe.

Berbeda dengan harddisk ekternal dengan kecepatan 100MB/s, itu hanya setara kecepatan SD card yang dipasang ke USB.
SK Hynix Beetle X31 secara teori mencapai kecepatan 10Gbps, kira kira hampir 1GB/s karena mengunakan card storage NVMe dan bukan SSD melewati SATA.
Dilengkapi DRAM untuk buffer memory.

Di dalam perangkat sudah dilengkapi fitur management heat, pengatur panas dari SSD ketika menyimpan data.

Disain bodi tertutup aluminium, ukuran 74x46x16mm. dengan berat 53g.



Dapat bekerja dari OS Windows, Mac, Tablet, Android atau konsol game.
Karena bagian terlindung case metal, melindungi card di dalam dari kerusakan.

SK Hynix Beetle X31 dengan 2 kapasitas, 512GB dan 1TB.
Untuk kecepatan transfer maksimum, membutuhkan koneksi USB C-C / USB 3.2 Gen2, dan dibawahnya dengan C-A.

Pasar pertama SK Hynix Beetle X31 dijual Juni via Amazon.
Brand     ?SK hynix
Item model number     ?SKHPU3-001T-S1CG00
Color     ?Black


Hard Drive Interface     ?USB 3.2
Manufacturer     ?SK hynix
ASIN     ?B0C4KNB2YK
Country of Origin     ?Malaysia
Date First Available     ?June 20, 2023

Harga SK Hynix Beetle X31 1TB $93.

SK Hynix Beetle X31 portable SSD ekternal drive

Artikel Lain

Mengunakan kabel USB-C to C, kecepatan transfer portabel drive Samsung T9. Cukup mentranfer 4GB file dalam waktu 2 detik. Kapasitas dari 1TB, 2TB dan 4TB. Garansi 5 tahun terbatas.

Teamgroup MP44 SSD tersedia sampai 8TB untuk model SSD harga hemat. 2 varian lain mengunakan desain board pendek. Teamgroup MP44S dirancang untuk Steamdeck, dan model MP34S ukuran kecil yang mendukung PCIe 3.0



Deepcool Assassin IV dirancang dengan tower pendingin ganda. Spesifikasi Deepcool Assassin IV mampu mendinginkan procesor sampai 280W. Terdiri dari 7 heatpipe, dan mengalirkan panas ke 2 tower fin heatsink terpisah

SSD MSI Spatium M480 Pro tampil dengan 3 model, memiliki kecepatan transfer maksimum di 7GB/s untuk read dan write. Kompatibel dengan PCIe 4, PCie 3, PCIe 2 atau PCIe 1. Walau speed akan mengikuti batas PCIe yang ada.

Kingston DC600M SATA masuk di kelas kebutuhan storage Enterprise SSD. Ditujukan untuk pengunaan data center atau data server. Walau tertinggal untuk kecepatan dibanding NVMe, SSD SATA sepertinya menjadi alternatif untuk kinerja.

Corsair MP700 Pro lengkap dengan pendingin aktif. Corsair MP700 PCIe Gen5 harga terjangkau. Tapi ada persyaratan, model standar diperlukan cooler SSD terpisah, dan Corsair update Firmware mencegah overheating NVMe standar PCIe 5.

Pendingin SSD ini mengunakan fan aktif. Memiliki tinggi 7 cm menutup bagian bawah SSD untuk bekerja lebih dingin. Pendingin SSD JuiShark 4 dibuat 3 model, hitam, silver dengan fan RGB, atau model standar. Bentuk JuiShark M.2 terlihat tlebih kompak, dapat digunakan untuk SSD ukuran 2280.



Gigabyte telah merilis SSD PCIe 4.0 SSD Aorus Gen4 7000s, memiliki pendingin tinggi dengan heatpipe. Aorus Gen4 7000s Premium tidak akan melambat bahkan walau berjam-jam terus bekerja saat membaca data. Disain versi P mengunakan heatsink besar, tanpa kendala untuk read

Kingston NV1 NVMe tidak secepat SSD NVMe kelas pro, tapi cukup baik untuk meningkatkan storage di notebook atau computer. Kingston NV1 NVMe M.2 hanya memiliki standar kecepatan PCIe 3.0. Tersedia sampai kapasitas 2TB, dengan kecepatan transfer 2,1 / 1,7GB perdetik.

SSD Kingston KC2500 dengan PCIe 3.0 kecepatan tranfer sampai 3.5GB/s. Teori hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk memindahkan 35GB ke SSD. 4 kapasitas dari 256GB, 512GB, 1TB dan 2TB.



Youtube Obengplus

Trend