Asus WIFI Router Firmware update June 2023 tutup kerentanan


   Security | 21 June 2023

Asus merilis perbaikan untuk beberapa kerentanan keamanan yang mempengaruhi model router.

Beberapa kelemahan keamanan dianggap kritis, dan termasuk model tahun 2018.

Pengguna dapat download firmware terbaru dengan masuk ke router dan menjalankan tool pembaruan otomatis atau dengan menginstal pembaruan firmware secara manual dari situs web Support Asus.

Pemilik berbagai router Asus RT, GT, ZenWifi, dan TUF dapat memeriksa pembaruan firmware sesegera mungkin.

Juni 2023,  Asus telah merilis tambalan keamanan yang memperbaiki 9 kerentanan yang berpotensi mengakibatkan gangguan layanan atau serangan eksekusi kode yang di kontrol dari jarak jauh.

Salah satu kelemahan paling kritis dapat menyebabkan kerusakan memori setelah penyerang mengirimkan permintaan HTTP yang dirancang khusus.

Pembaruan menutup kerentanan kritis yang telah dilacak peneliti keamanan sejak 2018, memungkinkan peretas untuk mengeksekusi kode arbitrer.

Semua masalah keamanan lainnya diklasifikasikan sebagai tingkat keparahan tinggi.

Salah satu kelemahan ini memfasilitasi serangan man-in-the-middle, memungkinkan peretas membajak sesi pengguna, sementara yang lain dapat membocorkan informasi sensitif saat permintaan jaringan dikirim penyerang.
Dua kerentanan, yang ditemukan baru-baru ini bulan ini, memungkinkan pengguna yang tidak sah menghentikan layanan.
Selain itu, tambalan ini meningkatkan perlindungan kredensial dan memperkuat keamanan pembaruan over-the-air.

Untuk melakukan pembaruan otomatis, sambungkan computer ke Router, lalu masukkan alamat IP ke alamat web untuk mengakses setting pengguna web perangkat.

Saat mengakses antarmuka pengguna web router, pemberitahuan akan muncul di pojok kanan atas bila pembaruan firmware tersedia.
Klik tombol "Upgrade Firmware" untuk mengunduh dan menginstal, sebuah proses yang akan memakan waktu beberapa menit. Dan proses selesai.

Setting menu Firmware Asus WIFI Router

Asus merekomendasikan untuk mengatur ulang router ke pengaturan pabrik setelah menerapkan tambalan. Halaman FAQ perusahaan berisi instruksi lebih lanjut.

Model yang mendapat upgrade Firmware Asus WIFI Router (Jun 2023)

Artikel Lain

Jangan sembarangan download, terlebih program player video. Infeksi malware membuat computer sebagai proxy atau ProxyNation. Kabar telah terinfeksi 400.000 computer. Kemungkinan malware lolos dari pemeriksaan Antivirus. Diketahui mengunakan nama file terkait DigitalPulse.

Install Windows dan Office versi 10 hati hati mencari di jaringan P2P, satu grup Windows terinfeksi malware kripto. Infeksi masuk ke EFI, di awal Windows di Install. Program dapat berpindah dengan 3 bagian, dari tugas infeksi, mengambil malware dan mengeksekusi.



Grup Lemon menyebar malware dan menginfeksi smartphone. Dapat membajak akun Facebook, Whatsapp, SMS, dan aplikasi populer lainnya. Nomor keamanan OTP dapat di cegat, akun Facebook dapat dibajak dan digunakan untuk memposting dari bukan pemilik

Nikon D850 Firmware 1.3 tipe camera DSLR memiliki sensor 47Mpix FX full sensor CMOS, memberi update Januari 2023. Nikon D7500 v1.11 terakhir mendapat update Juni 2022. Perbaikan jendela bidik dan flash yang tidak bekerja.


Varian Mirai dengan malware InfectedSlurs mencari kelemahan perangkat NVR dan LAN Router Okt 2023. Penguna WIFI Router Archer AX21 update firmware, perangkat merek lain berdampak. Analisa baru infeksi ada di perangkat jaringan terhubung ke LAN Ethernet. Indonesia sarang Botnet, tercatat Cloudflare Agustus, Yandex bulan September.

TP-Link AC1200 Archer C50 v6 menjadi perangkat paling favorit dan mendapat penghargaan Amazon Choice untuk WIFI Router. Tetapi perangkat TP-Link AC1200 Archer C50 v6 memiliki cacat. Dari Administrator yang tidak di patch, memungkinkan di install backdoor.

Netgear awal Maret 2020 mengeluarkan patch WIFI ROuter, satu range extender dan 40 router lain termasuk model Netgear Nighthawk dan Orbi router. Salah satu kerentanan dimana ada yang bisa menyusup malware di Netgear device. Seperti perangkat Netgerar Nighthawk X45 Gaming Router model R7800. Dapat menganggu trafik pada perangkat.



Ditemukan cacat dari produk TP-Link Range Extender. Model TP-Link RE365, dijual di Eropa, disebutkan dari peneliti IBM X-Force Grzegorz Wypych dan diumumkan 18 Juni 2019. Dalam posting blog resmi IBM, Wypych mengatakan dia secara pribadi telah menghubungi TP-Link, yang mengkonfirmasi kesalahan tersebut.



Youtube Obengplus

Trend