Baterai Nybolt charge 10 menit kendaraan tidak perlu jarak jauh


Green | 21 June 2023


Di awal produsen kendaraan listrik menawarkan mobil listrik dengan jarak tempuh.
Sebagian ingin menampilkan mobil yang lebih baik dibanding jarak tempuh mobil bensin.
Jadi kapasitas baterainya diperbesar.

Produsen lain menawarkan kendaraan city, ukuran mobil lebih kecil dengan kursi penumpang terbatas.

Sekarang semua telah berubah, baterai kendaraan listrik yang mampu mengisi cepat berbanding jarak tempuh.

Ternyata membutuhkan baterai besar dan charger dengan power sangat besar.
Pengisian cepat tapi mungkin tidak cocok menempatkan charger kendaraan di rumah.

Charging EV Tesla memiliki jaringan pengisian baterai kendaraan dengan power 120 - 250kW tipe Supercharger.
Cukup mengisi kendaraan 15 menit, untuk menempuh lebih dari 300km.

Model paling kecil untuk di kantor atau ruang publik, membutuhkan power listrik 7kW dan 11.5kW (rentang 6kW - 22kW), pengisian 1 jam memberi power kendaraan menempuh jarak 45km dan 60km.
Charger paling kecil untuk rumah 3,6kW, dengan pengisian perjam, kendaraan dapat menempuh maksimum 27km setiap pengisian 1 jam.
Kapasitas baterai Tesla 3 memiliki kapasitas baterai 30kWh untuk Full Charge

Pengisian baterai Wuling Air lebih ramah.
Dapat mengisi baterai kendaraan dari 8 - 12 jam dengan pengisian charging standar , dan fast charging 6,6kW hanya 4 jam. Tergantung jenis atau model kapasitas baterai.



Perusahaan Nybolt menyebut telah memecahkan masalah baterai kendaraan / EV.
Dengan teknologinya, pengisian kendaraan listrik cukup 10 menit atau kurang.

Baterai dapat di charge berulang sampai penuh, dengan durasi kurang dari 6 menit katanya.
Rencana baterai Nybolt akan di produksi tahun 2024.

Pengisian lebih cepat akan memungkinkan EV untuk menutup celah dengan mobil bensin dalam hal kenyamanan sehari-hari.

Karena saat ini dibutuhkan waktu lebih lama mengisi EV daripada mengisi bahan bakar.


Jika pengisian daya semudah memompa bahan bakar mobil konvensional, kecemasan jarak menjadi kurang penting, dan EV dapat memiliki paket baterai yang lebih kecil.
Itu ide menarik dari perusahaan Nybolt, lebih baik mengisi baterai berulang dan kendaraan membawa baterai yang ringan.
Dibanding mempertimbangkan jarak kendaraan yang jauh, tapi mengisi baterai terlalu lama.

Untuk mendemonstrasikan, Nyobolt bekerja sama dengan Callum, firma desain yang didirikan desainer otomotif Ian Callum, untuk membuat mobil sport listrik.

Desain kendaraan mirip dengan mobil sport ringan (yang juga menjadi dasar Tesla Roadster), tetapi lebih lebar dan lebih panjang.

Siaran pers Nyobolt mengatakan EV rancangannya hanya memiliki berat mendekati 2.200 pound dari 4.400 pound.
Bobot kendaraan turun sekitar 1000kg saja dengan kapasitas baterai 35kWh.

Sebagian berkat bodywork serat karbon, dan paket baterai 35-kwh yang relatif kecil. Membuat kendaraan listrik kelas sport lebih ringan.

Baterai Nybolt pengisian baterai 10 menit kendaraan listrik

Pengisian daya 6 menit menghasilkan jangkauan 249mkm klaim Nyobolt, meningkatkan jangkauan hingga 2500km ditambahkan per jam pengisian daya.

Nyobolt tidak membahas rencana produksi untuk mobil sport tersebut, tetapi perusahaan startup tersebut mengklaim siap untuk "peningkatan cepat" teknologi baterainya.

Pengujian yang diselesaikan sejauh ini mencakup lebih dari 2.000 siklus pengisian cepat "tanpa kehilangan kinerja yang signifikan", menurut startup tersebut.

Nyobolt juga meluncurkan teknologi baterainya untuk aplikasi lain, termasuk mobil mewah, truk, dan bus.

Masalaha pengisian baterai dan beban baterai di kendaraan listrik secara bertahap dikembangkan.
Dari bahan baterai lebih murah dengan sodium, dan banyak lagi perusahaan mencari teknologi lebih murah untuk baterai tapi mampu mengisi dengan cepat.


Artikel Lain

Baterai Tener baterai dengan kapasitas terbesar di dunia. Berukuran 1 kontener, menampung kapasitas 6MWh. Keunggulan baterai Tener disebut tidak mengalami degradasi setidaknya selama 5 tahun. Dapat di isi ulang sampai 15 ribu kali dan pengoperasian 20 tahun.

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion. Pabrik lain juga mengembangkan baterai Na-ion, itu hanya berbeda nama.



Kendaraan listrik, mobil listrik tidak memiliki persneling. Sistem yang sulit di tangani oleh pemadam biasa. Perlu alat khusus untuk memadamkan di bagian baterai. Kendala kedua tempat parkir, setelah runtuhnya tempat parkir di kota New York. Ada ke khawatiran kejadian dapat terulang dimana  saja, ketika struktur gedung tua tidak siap

Perusahaan Bosch baru menampilkan teknologi baterai kendaraan kerapatan tinggi. Mampu memberikan power 2x lebih besar. Pabrik Qing Tao telah siap di tahun 2019. Xiaomi menguji baterai Solid State, lebih aman dan tahan suhu sangat dingin

Kendaraan mobil listrik kecil, 30km jarak tempuh, atau ditambah 4 baterai sampai 100km. Pengisian baterai dari panel surya, lebih mirip kendaraan mobil golf. Hemat lahan parkir, 3 kendaraan untuk 1 parkir mobil biasa. Di beberapa negara tidak memerlukan surat ijin mengemudi untuk mengendarai Squad

Setelah Rimac C2, model terbaru tampil Rimac Nevera. Tidak berbeda pada jarak tempuh sampai 450 km sebelum baterai di isi ulang. Tidak masalah untuk mengisi baterai cukup 19 menit dari 0 -80% kapasitas baterai.

Baterai Lithium generasi baru, aman dan tidak menimbulkan api. Mengunakan bahan graphene, dapat di isi ulang 3x lebih banyak. Menyimpan energi lebih cepat seperti supercapacitor. Pengembangan baterai dari Nanotech Energy yang lebih aman dari baterai lithium biasa.



Teknologi penyimpan energi listrik tampil dengan Flow Battery cair. Tidak berbentuk baterai dalam bentuk fisik, tapi baterai dengan cairan. Pertama di Jerman, tapi powerbank terbesar ini ada di China. Baru beroperasi September lalu memberikan power hitungan MegaWatt. Bahan Beta Cyclodextrin yang lebih murah untuk penganti Vanadium Flow Battery

Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah. Waspadai peralatan vampire listrik yang mengunakan listrik ketika tidak digunakan.

Hyundai Ioniq 6 memasukan teknologi di kendaraan listrik. Sistem parkir, cermin elektronik, kontrol drive assist yang mengatur kecepatan sendiri dan lainnya. Jarak tempuh model Long Range mencapai 610km, dengan pengisian baterai dari 10 -80% hanya 20 menit



Youtube Obengplus

Trend